Saturday, December 30, 2017

Begini Cerita Mistis Gunung Sukma Ilang Pesawaran

Majalah Lampung. Cerita Mistis Gunung Sukma Ilang Pesawaran. Pernahkah anda mendengar tentang cerita mistis yang ada di Gunung Sukma Ilang atau Gunung Betung? 

Jika anda mencari di dunia maya, anda akan menemukan beberapa artikel mengenai hal-hal yang mistis, angker yang terjadi di kawasan hutan di Gunung yang tak jauh dari Kota Bandar Lampung.

Beberapa waktu lalu salah seorang tim kami bersama seorang blogger asal Lampung (Trip Guwe Xyz) berkunjung ke rumah salah seorang individu kunci berinisial S A warga Desa Sungai Langka.

Ia bercerita mengenai hal-hal mistis yang selama ini pernah terjadi di Gunung Sukma Ilang atau Gunung Betung ini.

Dari sekitar pukul 20:00 sampai hampir pukul 01:30 (dini hari) kami penuh penasaran mendegar cerita Mistis Gunung Sukma Ilang atau Gunung Betung di Pesawaran. 

Dan ternyata memang ada banyak sekali kisah-kisahnya.

Gambar

Gunung Sukma Ilang Pesawaran

Sejarah Kenapa Dinamai Gunung Sukma Ilang

Penyebutan nama Sukma Ilang ini berdasarkan kepada beberapa kasus pendaki gunung atau orang yang hilang tak kembali lagi ketika mendaki gunungnya. 

Pak S A juga menceritakan bahwa dahulu kala saat jaman penjajahan ada sebuah beberapa aulia (tokoh penyebar agama islam) yang bersembunyi dari tentara Belanda saat perang.

Para aulia tersebut bersembunyi di Gunung Betung dan didatangi oleh satu kompi tentara Belanda, namun tentara Belanda yang mendatangi tersebut hilang, dan yang tersisa hanya pakaian mereka saja.


Kasus Orang Hilang di Gunung Betung atau Gunung Sukma Ilang


“Baru sekitar 2 bulan kemarin ada kakek-kakek hilang dan belum ketemu” ujar pak S A saat kami bertanya. “Kalau gak percaya googling aja” tambahnya. 

Kami pun langsung membuka gadget dan mengetik kata kunci “orang hilang di Gunung Betung”, hasilnya ada beberapa media lokal dan nasional yang memberitakan tentang kakek berumur 70 tahun yang hilang di Gunung Betung. 

Selain itu juga ada berita lain yang memberitakan kejaidan orang yang hilang di gunung ini.

Ia lalu menceritakan kronologi kakek yang hilang tersebut. Kakek tersebut umurnya sekitar 70 tahun, profesinya sebagai penjaga kuburan Cina di Pesawaran. 

Sore itu memang ada beberapa warga yang melihat kekek tersebut memegang tongkat dan menuju ke arah puncak gunung, kakek tersebut beralasan ingin membersihkan rumahnya di atas. 

Warga sudah beberapa kali melarangnya karena hari sudah sore, namun ia tetap melanjutkan.

Beberapa hari kemudian ada orang yang datang ke Desa Sungai Langka dan menanyakan ciri-riri orang hilang yang mirip dengan kakek tersebut. 

Warga pun meyakini bahwa ciri yang dimaksud serupa dengan kakek yang beberapa hari lalu naik ke gunung.

Lalu beberapa hari kemudia warga, keluarga dan anggota Basarnas mencari kakek tersebut, hasilnya ditemukan sebuah gubuk yang diduga digunakan kakek untuk berteduh. 

Gubuk tersebut terbuat dari dedaunan dan ranting yang belum layu, kondisinya masih hijau. Kemungkinan belum lama dibuat. 

Tak jauh dari gubuk tersebut ditemukan golok milik kakek tersebut. Cucu kakek yang ikut meyakini kalau golok tersebut milik kakeknya, itu terlihat dari gagang goloknya. 

Tim pencari tesebut pun terus mencari ke arah atas, namun tetap tidak menemukan kakek tersebut. Sampai saat artikel ini dibuat (2 bulan kemudian) kakek itu belum ditemukan.

Selain itu pak S A juga bercerita kasus orang hilang lainnya, dulu pernah ada seorang ajudan yang hilang di Gunung Betung. 

Ia bersama rombongan pergi ke makam keramat di puncak gunung. Namun naas ia tidak hilang di gunung tersebut. Warga sudah mencari namun tidak ditemukan lagi.

Ada Makam atau Makom Keramat di Puncak Gunung Betung

Ada dua magnet yang menjadi alasan orang mendaki Gunung Betung. Yang pertama adalah pecinta alam atau pendaki gunung yang ingin ke puncaknya. 

Sedangkan yang kedua adalah adanya makam keramat yang sering dikunjungi orang untuk keperluan tertentu.


Belum diketahui secara pasti apakah itu makam atau makom. Namun menurut orang-orang, tempat itu adalah makam orang “besar” yang dahulu pernah sembunyi di Gunung Betung (para aulia). Sampai saat ini makam tersebut sering dikunjungi, bahkan dari orang luar Lampung.

Jalur Angker Gunung Betung

Ada orang yang mengatakan bahwa sebelum ke puncak betung ada sebuah jalur menuju sukma ilang. 

Jika orang melalui jalur tersebut maka akan berputar-butar di satu tempat saja dan akan hilang karena tidak menemukan arah keluar. Ini yang sering dikaitkan dengan jalur angker penyebab orang hilang.

Terlepas dari semua cerita tersebut, Gunung Betung memiliki peranan penting bagi keberlangsungan hidup warga Pesawaran dan Bandar Lampung. 


Adanya gunung ini menjadi penyokong kebutuhan air dan udara segar warga, dan yang jelas musti dijaga keberadaannya. 

Terkait dengan banyaknya kejadian di luar nalar tersebut kita mempnyai sudut pandang tersendiri dalam menyikapinya, dan semoga justru mendekatkan kita kepada sang pencipta.

Itulah ulasan singkat mengenai cerita mistis Gunung Sukma Ilang Pesawaran atau Gunung Betung ini. Untuk anda yang berniat mendaki, tetap waspada dan jaga alam sekitar.
2 comments:
Write comments
  1. Replies
    1. Iya kak.
      Terlepas dari semua cerita tersebut, Gunung Betung memiliki peranan penting bagi keberlangsungan hidup warga Pesawaran dan Bandar Lampung

      Delete

Join Our Newsletter