Thursday, December 14, 2017

Biaya Perpanjangan SIM Keliling dan Ke Polres

Biaya perpanjangan SIM Keliling dan Ke Polres. SIM adalah kepanjangan dari surat izin mengemudi yang merupakan bukti registrasi dan identifikasi yang diberikan oleh kepolisian kepada seseorang yang telah memenuhi persyaratan administrasi.

Jika anda seorang pengemudi kendaraan bermotor maka diwajibkan untuk memiliki SIM. Proses pembuatan SIM hanya sekali seumur hidup, kemudian nantinya dilakukan perpanjangan SIM tiap periode 5 tahun sekali. 

Namun jika SIM tidak anda perpanjang maka SIM tidak berlaku lagi alias mati, jika demikian maka dilakukan proses pembuatan ulang (SIM yang mati tidak bisa diperpanjang lagi). 

Ada beberapa jenis SIM dan untuk mendapatkannya mesti lulus berbagai persyaratan masing-masing jenis SIM tersebut.

Ptoses Perpanjang Sim

  • Dimana anda melakukan perpanjangan SIM, anda bisa melakukan di polres kabupaten / kota anda ataupun di mobil sim keliling. Di indonesia terdapat berbagai macam SIM diataranya: 
  • SIM A: untuk mengemudikan mobil penumpang dan barang perseorangan dengan jumlah berat yang diperbolehkan tidak melebihi 3.500 kg.
  • SIM B1: untuk mengemudikan mobil penumpang dan barang perseorangan dengan jumlah berat yang diperbolehkan lebih dari 3.500 kg
  • SIM B2: untuk mengemudikan Kendaraan alat berat, Kendaraan penarik, atau Kendaraan Bermotor dengan menarik kereta tempelan atau gandengan perseorangan dengan berat yang diperbolehkan untuk kereta tempelan atau gandengan lebih dari 1.000 kg.
  • SIM C: untuk mengemudikan Sepeda Motor.
  • SIM D: untuk mengemudikan kendaraan khusus bagi penyandang cacat.

Lalu berapakah biaya perpanjangan SIM masing-masing diatas? Biaya atau tarif ini diatur oleh pemerintah dalam hal ini melalui undang-undang. 

Perpanjangan SIM di polres dan si SIM kelilin sama saja besaranya. Berikut adalah daftarnya:
  • SIM A: Rp80.000
  • SIM B: Rp80.000
  • SIM D: Rp30.000
  • SIM C: Rp75.000
Banyak sekali orang yang menanyakan bagaimana cara perpanjangan SIM yang telat, namun seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa SIM yang telat perpanjang tidak bisa lagi diperpanjang alias SIM itu mati.

Jadi ketika anda mempunyai SIM ingatlah kapan anda membuat atau memeperpanjangnya agar nantinya tidak kelewatan bayar perpanjangan.

Hal ini ditanyakan langsung oleh tim kami pada sat melakukan perpanjangan SIM di Kota Bandar Lampung. Saat itu ia melakukan perpanjangan di mobil SIM Keliling yang saat itu dirasa sangat simpel, mudah dan cepat.

Ia datang lalu ada petugas yang mengarahkan untuk memfoto kopi KTP dan SIM, setelah itu ia diperiksa kesehatan oleh dokter dan kemudian melakukan pemotretan.

Biaya Fotokopi persyaratan dan kertas formulir sebesar Rp. 7000. Periksa kesehatan Rp. 30.000 dan bayar perpanjangan SIM C sebesar Rp 75.000. Jadi total ia memhabiskan Rp. 112.000.

Itulah ulasan singkat kami biaya perpanjangan SIM Keliling dan le polres. Semoga dapat menjadi referensi anda terimakasih
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter