Saturday, December 30, 2017

Ini Masjid Bani Hasan Kalainda Yang Mempesona Itu

Masjid Bani Hasan Kalianda Lampung Selatan. Mungkin banyak orang sudah mengenal salah satu masjid di Kalianda yang bernama Masjid Kubah Intan atau Masjid Agung Kalianda.

Namun nama masjid Bani Hasan belumlah cukup terkenal, hal ini karena belum lama pembangunannya.

Masjid Bani Hasan Kalianda
Masjid Bani Hasan Kalainda 

Beberpa waktu lalu tim Majalah Lampung, mengunjungi Kota Kalianda dan mampir ke Masjid Agung Kalianda. 

Disana kami melihat salah satu mobil yang memasang poster masjid megah berwarna putih dengan kubah berwarna emas. 

Awalnya kami tak mengetahui itu masjid apa, kok terlihat bagus ya. Beberapa saat kemudian kami ingat bahwa masjid tersebut beberapa waktu lalu sedang dibangun di dekat Kantor Camat Kalainda. Kami pun bergegas mengunjunginya.

Masjid Bani Hasan Kalianda ini lokasinya di jantung Kota Kalianda. Alamat lengkapnya di Desa Kedaton Kecamatan Kalianda Lampung Selatan. 

Dari Stadion Raden Intan II kira-kira jaraknya 200 m. Kalau anda dari Jalan Lintas Sumatera, masuk ke jalan dalam kota via tugu Raden Intan. 

Maju sekitar 500 meter maka bangunan masjid nampak megah di kiri jalan.

Masjid ini ternyata telah diresmikan oleh ketua MPR Zulkifli Hasan pada hari jumat 5 mei 2017 lalu. Masjid atau mesjid adalah rumah tempat ibadah umat Islam atau Muslim. 

Masjid artinya tempat sujud, dan sebutan lain bagi masjid di Indonesia adalah musholla, langgar atau surau. 

Dalam hal ini Zulkifli Hasan mengatakan Masjid Masjid Bani Hasan Kalianda dibangun untuk kepentingan ibadah umat Islam, kami bangun untuk menghormati orang tua kami. 

Mudah-mudahan masjid ini bermanfaat untuk masyarakat sekitar sebagai sarana ibadah.

Sore itu memang terlihat beberapa orang sedang melaksanakan solat ashar. Ternyata masjid ini juga pernah digunakan solat idul fitri oleh raja dangdut H. Rhoma Irama, ia juga sekaligus menjadi imam dan kotib pada kesempatan tersebut.

Masjid ini dibuka untuk siapa saja, siapapun boleh beribadah dan menimba ilmu di masjid ini. Masjid ini jarang sekali sepi, ada saja orang yang datang untuk solat disini.

Komplek masjidnya sejuk, bersih dan ditanami pohon yang rindang, di sisi kanan kiri jalan pun dirapihkan dan di beton. Bunga-bunga disusus rapih menambah indah kompleknya.

Masjid ini buka 24 jam, dan terdapat ustad yang siap memberikan ceramah di masjid. Keberadaan masjid ini dimanfaatkan juga oleh pemerintah untuk dijadikan sebagi begkel iman. 


Disini para pejabat Lampung Selatan biasa melakukan pengajian.

Nah, jadi ketika anda ke Kota Kalianda tidak ada salahnya mapir ke Masjid Bani Hasan ini untuk beribadah dan juga melihat kemegahannya. 

Meski tidak lebar, tapi kapasitas masjid Masjid Bani Hasan mampu menampung banyak jemaah, tempat parkirnya pun luas.

No comments:
Write comments

Join Our Newsletter