Friday, December 29, 2017

Ini Tempat Wisata di Kalianda dan Sekitarnya yang Menarik

Majalah Lampung - Tempat wisata di Kalianda. Kota Kalianda memilki letak geografis yang sangat potensial.  Lokasinya ada di pesisir pantai dan juga kaki Gunung Rajabasa sehingga panorama yang disajikannya terlihat indah.  Ketinggian Gunung Rajabasa sekitar 1281 mdpl menjadi background cantik Kota Kalianda.

Kota Kalianda adalah kota pertama yang akan anda injak jika dari arah Pulau Jawa via Jalan Lintas Sumatera.  Jadi jika anda mendatangi Pulau Sumatera via Pelabuhan Bakauheni, bisa mampir terlebih dahulu ke beberapa tempat wisata disini.

Tak susah sebenarnya menemukan lokasi wisata di Kalianda.  Pemerintah Lamsel juga terlihat membenahi beberapa fasilitas yang ada di Kota Kalianda.  Tercatat beberapa bangunan di kota ini menjadi tujuan ber rekreasi seperti Masjid Agung dan Dermaga Bom dan pantai-pantai di Kalianda.

Beberapa waktu lalu tim Majalah Lampung berkeliling Kota Kalianda untuk mencari Tempat wisata di Kalianda dan sekitarnya.  Suasana kota Kalianda terbilang belum cukup ramai jadi masih nyaman untuk bersantai.

Berwisata Kuliner Sambil Menikmati Sunset di Dermaga Bom, Masuknya Gratis Lagi:)

Tempat Wisata di Kalianda
Dermaga Bom (Foto: priyogihadi.blogspot.co.id)

Kawasan wisata ini dulunya adalah tempat pelelangan ikan, namun saat ini teah di modernisasi menjadi pusat kulineran di Kalianda.  Meskipun demikian, pasar ikan masih tetap ada, dan juga telah di rapihkan hingga terlihat higenis.

Di lokasi ini banyak penjual makanan yang setiap hari membuka lapaknya.  Makanan pun beragam, mulai dari jajanan kaki lima sampai ke kuliner yang berat. Ada Juga berbagai permaianan untuk anak-anak. Adanya Dermaga Bom Kalianda ini dimanfaatkan warga kota untuk bersantai. 

Banyak juga pemuda yang berolahraga di area yang menghadap langsung ke laut dan juga berlatar belakang Gunung Rajabasa ini.

Masjid Ikonik di Pusat Kota, Masjid Kubah Intan Kalianda
Masjid Agung Kalianda ini digunakan untuk warga dalam menjalankan ibadah. Selain itu, komplek masjid yang sejuk menjadi incaran warga dan orang yang berlintas untuk mampir dan beristirahat. 

Di depan masjid juga berjejeran kantin yang bisa menjadi alternatif mengisi perut anda, aneka jajanan dan penganan tersaji disini. Masjid ini juga bisa dijadikan destinasi wisata religi.

Tempat Wisata di Kalianda
Masjid Kubah Intan (Foto Instagram @masjid_lampung)

Masjid Bani Hasan yang Fotogenik
Kalianda tidak hanya memiliki masjid agung saja, belum lama ini diresmikan sebuah masjid nan megah di pusat Kota Kalainda bernama Masjid Bani Hasan. 

Kubah berwarna keemasan dan cat masjid berwarna putih menjadi kolaborasi warna yang apik.   Lokasinya ada di depan kantor camat Kalianda, dekat dengan Stadion Raden Intan II.

Tempat Wisata di Kalianda
Masjid Bani Hasan

Menikmati Sunset, di Pantai Grand Elty Krakatoa
Di pantai ini sudah dikelola dengan apik, oleh sebab itu kondisinya juga sudah bagus.  Dari pantai ini terlihat pemandangan Gunung Rajabasa dan ketika sore hari sunset di Pantai Grand Elty Krakatoa sangat indah. 

Pantai ini adalah salah satu yang terbaik di Kalianda. Pengelola juga meneyediakan penginapan yang bisa di sewa.

Lokasinya dekat dengan jalan lintas Sumatera, kalau anda dari Pulau Jawa ada di sisi kiri jalan. Petunjuk arah ke pantai ini pun sangat jelas dan banyak.

Selfie dan Nyantai di Pantai Embe
Pantai ini berada tak jauh dari Grand Elty Krakatoa. Dari sini nampak pemandangan yang hampir serupa dengan di Grand Elty Krakatoa.  Baru-baru pantai embe cukup menghiasi sosial  media isntagram dengan adanya sebuah objek unik untuk berfoto.

Merasakan Kesejukan Air Terjun Way Kalam
Air terjun ini berada agak jauh dari Kota Kalianda. Sekitar 20 menit perjalanan. Jalan menuju ke air terjun way kalam ini cukup menantang kaerna banyak tanjakan.

Air Terjun Way Kalam (Foto: Tripguwe.xyz)



Mantai di Marina
Pantai Marina Kalianda sebenarnya menyimpan pemandangan yang bagus. Ada batu karang yang nampak di permukaan yang terhampar cukup lebar.  Namun memang tak sedikit yang mengidentikan pantai ini dengan aura “mistis”.

Mampir Dulu ke Menara Siger
Sayang sekali kalau anda ke Kalianda tidak mampir ke bangunan yang ikonik ini. Kalau turun dari kapal di Bakauheni, banguannya nampak megah.  Dari atas menara nampak pelabuhan dan juga selat sunda. Anda juga bisa melihat koleksi adat budaya Lampung di dalamnya.

Mamcing ke Pantai Tuha
Pantai ini terletak di Kecamatan Bakauheni, sekitar 20 menit dari Kota Kalianda.  Selain laut biru yang indah, di pantai ini juga banyak ikan sehingga recomended untuk anda yang hobi memancing.  Di pantai ini juga terdapat menara mercusuar yang bisa dijadikan untuk melihat pemandangan laut.

Itulah beberapa tempat wisata di Kalianda dan sekitarnya yang bisa jadi alternaif untuk berlibur anda.  Sebenarnya masih sangat banyak tempat tempat lain yang juga menyajikan panorama yang bagus.

Tags: Wisata Kalianda | Pantai di Kalianda | Masjid di Kalianda | Air Terjun di Kalianda | Tempat Romantis | Tempat Religi |
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter