Thursday, December 14, 2017

Inilah Syarat Perpanjangan SIM 2018

Syarat perpanjangan SIM 2018. Sim atau surat izin mengemudi adalah kartu yang dipergunakan sebagai penanda legalitas seseorang untuk mengemudikan kendaraan di tanah air. SIM atau dalam bahasa Inggris disebut Driving License ini wajib dimiliki oleh setiap pengemudi kendaraan bermotor. Bagaimana jika anda adalah seorang pengendara motor tidak punya SIM. Ya jelas anda akan di tilang jika anda berkendara. Bahkan yang sudah punya SIM tapi tertinggal atau tidak terbawa saat berkendara saja bisa terkena tilang oleh “pak pol”.

SIM yang anda buat pun tidak berlaku selamanya alias seumur hidup. SIM berlaku 5 tahun dari masa pembuatan atau perpanjangan. Contoh jika anda membuat pada tahun 2017 maka akan berlaku sampai 2022. Lalu untuk tahun selanjutnya yaitu 2023 anda harus memperpanjang SIM anda. Bagaimana caranya? Anda bisa datang ke kantor polres daerah anda atau mendatangi mobil SIM keliling yang saat ini sudah ada.


Seperti yang tim kami lakukan saat itu di Kota Bandar Lampung. Seorang tim kami memperpanjang SIM di mobil SIM keliling yang sedang mangkal di depan Museum Lampung. Mobil keliling ini mangkal setiap hari di beberapa spot di Kota Bandar Lampung.

Untuk yang malas mendatangi kantor polres karena jarak tempuh, waktu, dan kadang antri anda bisa memilih perpanjang SIM di mobil keliling di daerah anda baik kabupaten maupun kota.
Proses perpanjangannya pun sangat cepat, sekitar kurang dari 10 menit SIM yang lama sudah tergantikan dengan SIM yang baru dan tentunya dengan masa berlaku untuk 5 tahun kemudian. Syarat-syaratnya pun simpel yaitu. KTP asli dan juga SIM asli, keduanya lalu difotocopy 2 rangkap dan selanjutnya diserahkan pada petugas untuk kemudian di periksa.

Setalah diperiksa nantinya anda akan melewati beberapa proses pemeriksaan kesehatan. Setelah selesai selanjutnya anda akan dilakukan sesi foto untuk SIM anda yang baru dan kemudian selesai. dan tentunya melakukan pembayaran. Catatan anda tidak di tes seperti saat pertama kali membuat SIM (tidak tes mengemudi).

Lalu bagaimana jika SIM anda sudah mati. Apakah SIM mati bisa diperpanjang? Saat itu tim kami juga menanyakan hal tersebut kepada petugas. Ia mengatakan untuk hal itu tidak bisa. SIM yang sudah mati tidak bisa diperpanjang, pengemudi mesti membuat ulang dan tes seperti awal lagi di polres. Hal tersebut berlaku juga untuk anda yang sim nya hilang, “jika hilang maka lapor dulu ke polres nantinya akan ada proses yang berbeda” ujar pak pol.

Jadi kalau sekiranya anda punya SIM yang akan habis masa berlakunya maka segeralah untuk memperpanjangnya. Karena akan sangat rugi jiga SIM mati kemudian harus bikin ulang. Selain biaya nya yang lebih mahal, tentu anda akan korban waktu.


Nah itulah ulasan tim kami mengenai Syarat perpanjangan SIM 2018 yang di tulis oleh salah seorang penulis kami se usai melakukan perpanjangan SIM C atau kendaraan roda 2. 
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter