Monday, December 25, 2017

Taman Kupiah Emas Lampung Tengah dari Berbagai Sudut

Majalah Lampung. Taman Kuiah Emas Lampung Tengah. Pernahkah anda melihat gambar tugu kupiah emas? 

Mungkin anda sering melihat gambarnya di instagram, facebook dan juga menonton di youtube. 

Taman ini memang cukup fotogenik sehingga banyak orang yang mengabadikan dirinya saat berada di taman ini untuk di posting ataupun di simpan.

Alamat Tugu Kupiah Emas

Tugu kupiah emas atau yang terletak di komplek taman kupiah emas yang beralamat di JL. Lintas Sumatera, Gunung Sugih, Lampung Tengah. 

Letaknya yang persis di samping jalan raya membuatnya sering dijadikan tempat beristirahat pengemudi kendaraan bermotor. Apalagi saat musim mudik tiba.

Keberadaan taman kupiah emas ini menjadikannya salah satu tempat rekreasi warga Lampung Tengah khususnya Bandar Jaya dan Gunung Sugih. 

Mulanya pembangunan kawasan ini untuk mempercantik kawasan kota. Namun seiring berjalannya waktu, justru banyak orang yang menjadikan taman kupiah emas sebagai tempat berekreasi.

Tentu banyak alasan warga menjadikan taman kupiah emas sebagai tempat berekreasi, seperti tempatnya yang bagus, gratis dan juga menarik. 

Lalu sebenarnya apa saja sih yang ada di taman ini? Bagaimana sejarahnya, kapan pembangunannya dan bagaimana kondisinya sampai saat ini?

Fasilitas yang ada di taman kupiah emas: disini ada taman, tugu kupiah, tugu pengantin,kursi duduk taman, kolam air mancur, lapangan, pos penjagaan polisi, warung/kantin, ring basket dan kawasan ruang terbuka hijau yang diisi pepohonan serta jalur pejalan kaki lintasan taman.


Taman Kupiah Emas Lampung Tengah
Gambar Taman Kupiah Emas Lampung Tengah

Sejarah Tugu Kupiah Emas

Bagaimana sejaranya: seperti yang dikatakan tadi bahwa dulunya di bangun untuk mempercantik kota, namun sekarang manfaatnya bertambah sebagai kawasan rekreasi dan juga tempat wisata.

Untuk arsitek taman ini adalah seniman dari Muntilan Jawa Tengah. Tercatat ada 422 buah batu paras yang didatangkan langsung dari Muntilan. 

Kemudian taman ini di bangun dan dimodifikasi hingga terbentuk desain apik seperti saat ini.


Taman Kupiah Emas
Taman Kupiah Emas

Kondisi Tugu Kupiah Emas

Bagaimana kondisinya saat ini: meski ramai oleh kunjungan, tempat ini masih terawat. 

Pemerintah pun sepertinya melakukan beberapa kali perawatan dengan pengecatan, penambahan lampu dan membersihkan tempat ini dari sampah. 

Untuk anda yang ingin berkunjung kesini jangan membuang sampah sembarangan dan merusak fasilitas ya.

Waktu ramai pengunjung di taman kupiah emas: sore hari dari mulai pukul 15:00 sampai 17:00 menjadi saat yang ramai. 

Jika akhir pekan atau malam mingguan maka sampai pukul 21:00 masih ramai. Tempat ini buka 24 jam.

Nah, apakah anda tertarik mengunjungi taman kupiah emas Lampung Tengah ini? Tetap jaga kebersihan saat berada disini ya, cukup ambil gambar dan jangan merusak fasilitas.
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter