Wednesday, December 20, 2017

Kemegahan Islamic Center Pesawaran Dari Berbagai Sudut

Ismalic center Pesawaran merupakan salah satu masjid terbesar di Provinsi Lampung. Masjid ini diberi nama Islamic Center Arrayan yang beralamat di Jl. Ahmad Yani, Pesawaran, Kecamatan Gedung Tataan. 

Bangunannya berdiri megah di samping jalan lintas sumatera yang ramai dengan lalu lintas kendaraan. 

Masjid berwarna hijau dengan menara yang sangat tinggi ini menjadi kebanggan warga masyarakat  sekitar.

Islamic Center Pesawaran
Islamic Center Pesawaran

Beberapa waktu lalu kami sengaja mengunjungi masjid ini untuk beribadah dan juga melihat kondisi di sekitarnya. 

Sore itu nampak masjid menjadi tempat berkumpul warga sekitar untuk bersantai bersama rekan maupun keluarga.

Sejarah Masjid Islamic Center Pesawaran

Masjid Islamic Center Pesawaran memiliki desain bangunan yang mewah dan megah, tentu membutuhkan biaya banyak dalam pembangunannnya. 

Menurut catatan masjid ini menghabiskan dana sebesar Rp. 28 Milyar Rupiah. Pembukaan masjid  diawali oleh bupati yang pada waktu itu berkenaan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Selanjutnya masjid diresmikan pada tahun 2015 tepatnya 13 Maret oleh Menteri Dalam Negeri, Tjahyo Kumolo, didampingi oleh Gubernur Lampung  Ridho Ficardo, Bupati Pesawaran Aries Sandi Darma Putra, Bupati Lamsel Rycko Menoza dan Kapolda Lampung Brigen Pol Heru Winarko. Masjid ini mampu menampung 3000 jemaah.

Alamat Islamic Center Pesawaran

Lokasi Islamic Center Pesawaran
Jl. Ahmad Yani, Pesawaran, Kecamatan Gedung Tataan
Kabupaten Pesawaran, Lampung

Saat anda memasuki daerah Gedung Tataan maka akan nampak bangunan masjid ini di kiri jalan (jika dari arah Bandar Lampung) nya tepat  pinggir jalan lintas yang mengarah ke empat kabupaten yaitu Pesawaran, Pringsewu, Tanggamus dan Pesisir Barat. Jalan ini Jalur Lintas Barat Sumatera yang ramai. Apalagi ketika mudik tiba.

Transportasi menuju masjid ini bisa menggunakan bus yang ke arah Pringsewu maupun Tangamus. Sedangkan untuk waktu tempuh dari Bandar Lampung ke lokasi ini sekitar 20 sampai 30 menit.

Islamic Center Pesawaran Jadi Tempat Bersantai Warga Sekitar

Sejak diresmikan, masjid ini tentu fungsi utamanya adalah untuk beribadah. Di komplek masjid yang juga tertata rapih dan bersih ini setap sore ramai dengan warga yang bersantai disini. 

Ditambah lagi ada penjual makanan yang juga mangkal disini yang menambah betah.

Islamic Center Pesawaran
Suasana sore

Penjual makanan seperti es, gorengan, bakso tusuk, syomai, cilok dan lainnya menjadikan komplek ini sebagai salah satu spot mencari nafkah mereka.

Salah satu sudut yang asik untuk bersantai adalah di kolam ikan bawah menara masjid. Disini warga masyarakat dapat duduk sembari melihat ikan-ikan yang ada di kolam.

Di bagian depan masjid ada lapangan yang luas berlantai keramik. Di tempat ini terlihat anak-anak bermain sepeda dan bola bersama keluarga dan rekannya. 

Lapangan ini tepat di depan masjid yang juga berdiri megah pilar-pilar yang sering dijadikan tempat foto oleh masyarakat.


Pemandangan dari Masjid Menawan


Dari masjid ini nampak pemandangan Gunung Betung. Jika sore atau pagi hari cuaca cerah dan tidak tertutup oleh kabut maka Gunung Betung menjadi latar belakang dari masjid ini.

Islamic Center Pesawaran
Pelataran masjid

Penyelenggara MTQ Lampung

Kabupaten pesawaran pada tahun 2017 menjadi tuan rumah Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ ) Lampung ke 45. 

Pembukaan dilaksanakan di masjid ini dengan acara yang sangat megah. Masjid dihiasi dengan lampu warna-warni yang menambah menawan masjid ini.

Pada waktu itu pelaksanaan MTQ saat itu mengusung tema “Melalui MTQ Kita Bangun Masyarkat yang  Agamis Harmonis dan Sejahtera”

Nah, itulah kemegahan Ismalic center Pesawaran. Jika anda melewati daerah ini maka sempatkanlah untuk berhenti menyaksikan keindahan masjidnya. 

Apalagi jika saat waktu solat tiba, anda bisa solat disini sembari beristirahat sejenak.
2 comments:
Write comments

Join Our Newsletter