Saturday, December 16, 2017

Workshop Promosi Potensi Lampung Datangkan 3 Pemateri Kece

Majalah Lampung - Workshop Promosi Potensi Lampung. Jika berbicara mengenai potensi daerah Lampung dan dunia digital tentu kita banyak sekali melihat peluang dari ke dua bidang ini. 

Lampung punya banyak potensi sumberdaya alam, wisata dan juga sumberdaya manusia yang kreatif. 

Jika hal ini di optimalkan dengan dengan promosi melalui media sosial atau dunia digital bisa jadi potensi-potensi itu bisa di kenal masyarakat luas. 

Apalagi saat ini sudah banyak contoh produk yang sukses dengan memanfaatkan promosi melalui dunia digital khusunya media sosial.  Hal ini juga seiring dengan pergeseran konsumen yang suka berbelanja online.

Workshop Promosi Potensi Lampung
Pemateri


Hal itu adalah salah satu contoh pesan dari sebuah acara “Workshop Promosi Potensi Daerah (offline dan online)” yang diselenggarakan oleh Dinas Penanaman Modal dan PTSP Provinsi Lampung. 

Acara ini dihelat di hotel novotel Rabu, 6 Desember 2017 dan juga dihadiri oleh 25 anggota Tapis Blogger dan beberapa pelaku warganet dan mahasiswa.

Dalam kesempatan itu 3 narasmber kece yaitu Oyos Saroso, Zaky Senafal dan Smart Mom Naqiyyah Syam mengisi materi workshop. Ketiganya secara bergantian memaparkan materi di depan peserta workshop.

Bang Oyos (Jurnalis Senior) membuka pengisian materi dengan menyampaikan bahwa pentingnya data yang bisa diakses oleh publik. 

Data yang bisa diakses oleh publik jika dipelajari dan diolah bisa menjadi sebuah tulisan yang nantinya mempermudah setiap orang untuk membacanya.

Data tersebut juga bisa menggambarkan potensi daerah secara nyata berdasarkan kumpulan data-data yang disajikan pemerintah. 

Dalam hal ini pemerintah perlu menyediakan data publik, dan para blogger, jurnalis dan penulis bisa mengolah lalu mempublikasikannya.

Selanjutya giliran Zaky Senafal yang merupakan pelaku bisnis yang sudah memanfaatkan media sosial untuk keperluan promosinya. 

Ia dikenal sebagai pemuda yang aktif dalam bisnis, ia juga mampu memanfaatkan salah satu media sosial twitter untuk mendongkrak produknya menjadi terkenal. 

"Saya memanfaatkan hastag dan kontinu cerita tentang bebek” ujarnya. Dalam penyampaiannya ia mengatakan bahwa media sosial adalah sarana promosi yang mudah sekaligus murah.

Apalagi di era digital ini hampir semua orang bermain di dunia maya. Jika seseorang pandai melihat peluang ini maka ia bisa sukses dalam berbisnis. 

“Pengguna internet di Lampung jug saat ini terus bertambah. Maka pandai-pandailah melihat peluang pasar” ujarnya.

Materi terakhir disampaikan oleh Naqiyyah Syam selaku pendiri Komunitas Tapis Blogger alias. 

Sebagai seorang blogger ia mengajak pemuda maupun masyarakat Lampung umumnya untuk memanfaatkan blog sebagai media promosi.

Ia juga memaparkan kegiatan Tapis Blogger yang juga membantu mempromosikan potensi daerah lampung seperti produk makanan maupun wisata. 

Sambil menunjukan slide yang ditayangkan ia memperlihatkan blog-blog milik anggota tapis blogger yang sudah cukup terkenal seperti Info BDL, Jumanto dan Keliling Lampung.

Setelah ketiganya selesai memaparkan materi, selanjutnya diadakan sesi tanya jawab. Beberapa penanya menanyakan mengenai kegiatan ngeblog dan strategi berbisnis.

Sebenarnya sebelum penyampaian materi juga ada fashion show penampilan model-model yang menggunakan kain asal Lampung yaitu tapis. 

Dengan mengusung konsep fashion show Tapis Jaman Now para model peraga memamerkan busana tapis yang mereka kenakan.

Workshop Promosi Potensi Lampung
Suasana Workshop Promosi Potensi Lampung

Selain itu ada juga kreasi dari masyarakat Lampung seperti batik dan berbagai olahan makanan. Salah satunya berasal dari Desa Sungai Langka Pesawaran. 

Produk mereka dipamerkan dalam acara tersebut kepada peserta yang hadir dalam acara.

Itulah keseruan acara Workshop promosi potensi Lampung yang diisi oleh 3 pemateri kece pelaku dunia digital Lampung.
2 comments:
Write comments
  1. Perlu lebih banyak lagi acara seperti ini, supaya potensi daerah lampung baik produk ukm dan wisatanya bisa lebih terekspos

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar bang. Semoga acara seperti ini mampu mengenalkan produk-produk asal Lampung yang selama ini belum terekspos

      Delete

Join Our Newsletter