Friday, January 19, 2018

Casan Laptop Rusak Bisa Diperbaiki, Begini Caranya

Majalah Lampung. Casan Laptop Rusak Bisa Diperbaiki, Begini Caranya. Salah satu komponen terpenting pada laptop adalah casan atau charger

Tanpa charger baterai laptop tidak terisi dan loptop pun tidak menyala. Namun kita tidak bisa memungkiri bahwa casan atau charger laptop dapat rusak sewaktu-waktu.


Wajar memang jika casan atau charger laptop rusak. Namanya barang bisa berkemungkinan rusak jika digunakan.

Ada beberapa faktor memang yang dapat mengakibatkan kerusakan pada casan atau charger laptop.

Beberapa hal yang bisa merusak fungsi maupun bentuk casan atau charger adalah cara menggulung kabel yang salah, tegangan listrik menurun, adaptor panas dan sebagainya.

Jika casan atau charger laptop rusak anda jangan terburu-buru membeli yang baru. 

Kenapa? 

Karena biayanya cukup tinggi untuk beli baru, selain itu anda juga jika tepat dan cermat casan atau charger yang rusak dapat diperbaiki lagi bagaimana caranya?

Yang pertama anda meski mengidentifikasi  letak kerusakannya. Nah, dalam hal ini ada 2 bagian yang membagi casan atau charger secara keseluruhan yakni adaptor dan kabel.




Jika adaptor yang rusak, ada beberapa tipe casan yang terdapat suku cadangnya dan bisa diganti yang baru. 

Artinya adan meski membukanya dan mencopot pada bagian yang rusak tersebut lalu menggantinya dengan yang baru.

Baca tips-tips lainnya disni: Tips Terbaru

Umumnya kerusakan ditandai dengan adanya komponen yag terbakar akibat kepanasan.  Hal ini bisa terlihat dengan mengidentifikasi bekas terbakar atau gosong pada komponennya. 

Ada juga gejala suara yang muncul pada adaptor yang mengalami kerusakan.  Suara ini muncul saat sedang melakukan pengecasan.

Kedua, kerusakan terjadi pada kabel yang tidak mengalirkan listrik. Penyebannya putus atau memang rusak karena hal lain. 

Nah untuk mengatasinya adalah mengganti dengan kabel yang baru.

Jika anda bingung atau kesusakan memperbaiki casan atau charger yang rusak, anda bisa membawanya ke tempat servis terdekat.

Anda bisa menjelaskan terlebih dahulu kondisi casan anda kepada tukang servisnya. Kemudian biasanya ia akan mulai mencari sumber kerusakan pada casan atau charger

Jika dibawa ke tempat servis, setidaknya anda mengurangi biaya ketimbang membeli yang baru.

Kerusakan umum yang sering terjadi pada charger atau adaptor laptop: Kabel charger putus, Fuse/ Sekering, Dioda short, Elco/Capasitor, Transistor atau SCR, DC Conector Rusak atau terbakar dan Solderan Retak.

Jika memang casan anda sudah rusak, mau tidak mau anda memperbaikinya atau beli baru. Namun ada sedikit tips untuk anda agar terhindar dari kerusakan lagi yakni. 

Usahakan baterai laptop tidak habis total agar saat mengecas tidak terlalu lama, saat mengecas usahakan laptop dalam keadaan mati, hindari mengecas sambil menoprasikan musik dan program berat lainnya.

Nah, itulah ulasan mengenai casan laptop rusak bisa diperbaiki dan bagaimana cara memperbaikinya serta sedikit tips menghidari kerusakan.
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter