Sunday, January 28, 2018

Ini Klub Klub Sepakbola Asal Lampung

Klub Sepakbola Asal Lampung. Sepakbola merupakan olahraga yang paling bayak disukai di muka bumi ini. 

Dari anak kecil sampai orang dewasa bahkan mereka yang tua sangat gemar dengan olahraga ini. 

Mereka yang tidak cakap dalam bermain pun kadang meluapkan kesukannya dengan menonton ataupun hanya dengan main Pes saja.

Bagi maniak bola juga, mereka biasanya mempunyai klub idola baik itu klub atau tim asal tanah air mupun klub luar negeri. 

Beberapa suporter bola Indonesia bahkan membuat komunitas suporter masing-masing untuk menyatukan antar individu pendukung.

Beberapa tim besar Eropa yang melekat di hati maniak bola Indonesia seperti MU, Real Madrid, Chelsea, FC Barcelona, Liverpol, Inter Milan, Juventus, AC Milan, Arsenal dan masih banyak lagi. 

Untuk klub tanah air seperti Arema, Persebaya, Persib, Persija, Bali United dan lainnya juga cukup banyak memiliki basis pendukung atau suporter yang tersebar.

Namun untuk anda warga Lampung, apakah anda sudah mengetahui kalau di Provinsi Lampung juga memiliki banyak klub atau tim sepakbola asal Lampung?

Sebenarnya di Lampung ada banyak klub sepakbola, namun memang mereka belum berlaga di kompetisi tertinggi sehingga pamornya memang belum cukup terkenal.

Namun sekitar 2 tahun kebelakang, ada  beberpa klub yang cukup menyita perhatian warga masyarakat Lampung dan tanah air. 

Klub-klub tersebut mendatangkan pemain bintang sehingga menjadi perbincangan banyak orang. Bahkan media-media nasional ikut memberitakan hal ini. Berikut adalah daftarnya.

Klub Klub Sepakbola Asal Lampung

Sakai Sambayan Lampung FC (SS Lampung FC)

SS Lampung FC adalah klub yang bermarkas di Bandar Lampung. Pada tahun 2016 lalu klub ini sangat menyita perhatian publik karena mereka merekrut mantan pemain bintang tim nasional Elie Aiboy untuk berlaga di liga Nusantara Zona Lampung.

Saat itu pertandingan penyisihan grup liga nusantara ini dilangsungkan di stadion sumpah pemuda way halim. Adanya Elie Aiboy dalam skuad SS Lampung FC ini pun menarik banyak penonton untuk datang ke stadion.
Lampung Sakti FC

Lampung Sakti FC ini merupakan klub yang terbilang masih muda di Lampung. Klub ini dibentuk tahun 2017 dengan mengakui sisi salah satu klub tanar air. 

Lampung Sakti FC berlaga di kasta kedua yakni Liga 2 pada tahun 2017. Namun pada tahun tersebut Lampung Sakti FC harus turun kasta ke liga 3, sehingga pada musim 2018 lampung sakti bermain di liga 3.

Baru saja muncul namun klub ini sudah banyak memiliki suporter, hal ini terlihat dari beberapa kali pertandingan kadang yang mereka laksanakan. 

Suporter cukup banyak yang datang ke stadion. Kandang atau markas dari stadion ini adalah stadion sumpah pemuda di pkor way halim.

Untuk jajaran pelatih, tim ini terlihat sangat serius dengan medatangkan pelatih Nova Arianto mantan pemain bintang Timnas dan juga Persib Bandung yang telah malang melintang di dunia sepakbola tanah air. 

Lalu pada tahun 2018 juga Lampung Sakti FC mendatangkan mantan pemain bintang Sriwijaya FC dan timnas Indonesia Feri Rotinsulu sebagai pelatih penjaga gawang.

Lampung FC

Klub satu ini memang sudah cukup terkenal, sebelum ada SS Lampung dan Lampung Sakti klub ini terbilang menjadi satu-satunya wakil lampung yang bisa dibangakan. 

Namun akibat adanya pembekuan keanggotaan dari pssi, klub ini tidak dapat berlaga di kompetisi resmi pssi.

Namun bersama Persebaya, Arema Indonesia, Persema, Persijap dan klub yang dibekukan lainnya, akhirnya Lampung FC diaktifkan lagi keanggotaanya oleh pssi. Pada tahun 2017 Lampung FC berkompetisi di liga 3 zona Lampung.

Persilat Lampung Tengah

Nama Persilat mungkin belum setenar Lampung Sakti dan SS Lampung serta Lampung Fc. namun prestasi Persilat cukuplah mentereng. 

Pada 2016 klub ini keluar sebagai juara liga nusantara zona Lampung setelah banyak orang memprediksi bahwa SS Lampung FC yang akan menjuarai kompestisi.

Prestasinya berlanjut pada tahun 2017 dengan keluar sebagai juara pada liga 3 zona Lampung. persilat pun otomatis sebagai lolos ke fase grub zona pusat. 

Di fase ini persilat berhasil lolos meski kemudian gugur namun prestasi persilat patut diacungi jempol.

Klub Sepakbola Yang Berlaga di Liga 3 Zona Lampung 2017

Selain ke empat klub tersebut ada klub sepakbola asal Lampung lainnya yang tergabung dalam kompetisi Liga 3 ada 20 tim, yaitu BUP, Kampush City, PSBL, Bandar Lampung FC, Putrad FC, Karya Wiyata FC, Persilamtim, MM 39 FC, Ababil United, Spektra FC, Bintang Timur, Persilu, Porjaya FC, Mesuji FC, PS. Tanggamus, Serasi FC, LA Plata Yonif 143/TWEJ.

Pada daftar klub diatas merupakan peserta kompetisi liga 3 tahun 217.  Beberapa klub seperti Persilamtim (Lampung Timur), PS Tanggamus (Kabupaten Tanggamus), dan persilat (Lampung Tengah) merupakan klub kebanggan masing-masing kabupaten.

Klub Sepakbola Kampung Dari Lampung

Desa-desa atau kampung di Lampung sering menggelar turnamen kampung atau juga disebut tarkam. Sebagai contoh adalah wilayah Tulang Bawang dan Mesuji yang sering menggelar tarkam, banyak sekali tim tim desa yang aktif mengikuti turnamen tersebut.

Bisa dikatakan klub tersebut masih tingkat amatir, namun dari klub tersebutlah sebenarnya bibit-bibit pesepakbola Lampung bermunculan.

Beberapa lalu tim Majalah Lampung juga ikut mengikuti beberapa turnamen yang digelar di wilayah Tulang Bawang seperti Penawar Aji, Penawar Tama SP 1 dan lainnya. 

Beberapa klub seperti Menggala fc, Galaxy fc dan lainnya terlihat mewakili daerahnya dalam turnamen tersebut. ada puluhan klub yang sebenarnya berpotensi memiliki pemain berbakat.

Klub Asal Lampung Yang Berkompetisi Di Liga 1 Atau Kompetisi Tertinggi ?

Sebagai masyarakat Lampung tentu ada yang berharap ada klub dari Lampung yang mewakili provinsi ini di kanca tertinngi persepakbolaan Indonesia atau saat ini liga 1. 

Semoga kedepan dengan adanya pengelolaan kompetisi yang baik dapat menciptakan klub yang berdaya saing.

Memang diperlukan adanya pihak yang memberi perhatian lebih seperti pemerintah, pihak swasta, dan lainnya yang bisa memberikan bantuan sehingga klub-klub ini dapat hidup dan berkembang.

Nah, itulah ulasan singkat mengenai klub sepakbola asal Lampung. Kedepannya semoga klub-klub tersebut dapat berbicara di level nasional sehingga mampu membanggakan Lampung.
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter