Monday, January 1, 2018

Ke Puncak Sumberjaya, Ini Yang Bisa Kamu Lihat

Majalah Lampung - Rest Area Puncak Sumberjaya. Kalau Anda pergi ke Kabupaten Lampung Barat, sempatkanlah mampir lokasi satu ini.  Kenapa, karena selain bisa beristirahat Anda bisa melihat pemandangan pegunungan yang cantik. 

Lokasinya ada di Jalan lintas Sumatera, ada papan petunjuk “Anda memasuki kawasan wisata rest area” maka tandanya Anda sampai di rest area ini.  Parkirkan kendaraan Anda dan naiklah ke puncaknya.

Keadaan alam Lampung Barat yang didominasi oleh pegunungan membuat pemandangannya indah. Apalagi jika di lihat dari ketinggian, cakupan pandangan mata akan lebih luas.  Salah satu spot atau tempat untuk melihat pemandangan terbaik itu adalah di rest area Puncak Sumberjaya atau lebih dikenal dengan sebutan “Puncak”.

Apa yang bisa Anda lihat dari Puncak Seumberjaya? Ada pemandangan perkebunan kopi, hamparan sawah dari jejauhan, gunung sekincau, gunung rigis, gunung subhan dan ada salah satu masjid megah yang terletak persis di depan rest area. Pagi hari di lokasi ini, jika beruntung Anda akan serasa di atas awan karena ada kabut di bawahnya. 

Puncak Sumberjaya
Puncak (Foto Ana Viska Majalah Lampung)

Oleh sebab itu banyak pengunjung yang mengincar pemandangan kabut ini dengan mendatangi di pagi hari. Sore hari pun sunset terkadang bisa terlihat dari sini. Sebenarnya kawasan ini sudah ada sejak lama, namun dahulu belum dikelola dengan baik. Beberapa fasilitas seperti kamar mandi dan toilet rusak dan tidak layak digunakan lagi. 

Namun saat ini sudah ditata apik. Jalan sudah di perbaiki, sarananya pun dibangun untuk semakin menambah nyaman pengunjung. Yang paling diburu pengunjung adalah adanya patung dan tulisan “Bumi Sekala Beghak” serta Masjid Jami Aminatul Jannah. Mereka menjadikan ketiga objek tersebut untuk berfoto. 

Di sosial media seperti facebook dan instagram pun banyak gambar-gambar orang memposting foto mereka setelah berkunjung disini. Masjid berwarna kuning keemasan ini memang seolah  menjadi magnet bagi para pengunjung. Catatan, masjid ini juga masuk ke salah satu masjid megah di Lampung

Pasalnya, keindahan bagunannya yang berada di atas perbukitan ini seperti menjadi ikon kawasan puncak. Walaupun areanya tidak di dalam rest area tersebut. Untuk mendapat pemandangan full, Anda mesti menaiki anak tangga yang panjangnya sekitar 50 meter sebelum sampai di puncak tertingginya.

Tempat ini adalah salah satu spot yang dijadikan kawasan rekreasi bagi warga sekitar dan juga lainnya.  Bahkan beberapa pengunjung ada yang dari Kabupaten Way Kanan dan Lampung Utara serta wilayah lain.

Saat libur lebaran atau hari libur lainnya tempat ini padat pengunjung. Pada saat pawai idul fitri  juga tempat ini adalah titik kumpul favorit warga masyarakat. Karena memang tempat ini diperuntukan untuk rest area atau beristirahat. Untuk tiket masuknya sebenarnya gratis, namun Anda hanya akan dikenai biaya parkir kendaraan.  Untuk motor sebesar Rp 5.000 dan mobil Rp 10.000.

Di lokasi juga ada penjual jajanan dan minuman, namun Anda harus juga menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.  Nah, itulah kira-kira hal hal yang Anda bisa lakukan ketika ada di Rest Area Puncak Sumberjaya Lampung Barat.

Puncak juga termasuk dalam 33 tempat wisata di Lampung Barat yang sangat direkomendasikan selain Danau Suoh  dan juga Pendakian Seminung
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter