Saturday, February 17, 2018

Cara Merubah Status di Dalam Kartu Keluarga Atau Kk

Majalah Lampung. Cara Merubah Status di Dalam Kartu Keluarga Atau Kk. Kartu keluarga atau juga biasa disebut dengan KK merupakan salah satu data kependudukan warga negara Indonesia. Di dalam KK ini terdapat data kelurga yang terdiri dari kepala keluarga dan anggota keluarga.

Di dalam kartu ini mencakup data nama lengkap, NIK, jenis kelamin, tempat lahir, tanggal lahir, agama, pendidikan, jenis pekerjaan, status perkawinan, status hubungan dalam keluarga, kewarganegaraan, dokumentasi imigrasi dan juga nama orang tua.

Lalu bagaimana jika anda ingin mengganti data yang ada di dalam KK. Misal, seperti yang salah satu tim kami alami. 

Dalam KK nya status pekerjaan orang tuanya berganti. Orangtuanya bekerja sebagai petani, namun di dalam KK ditulis sebagai Wiraswasta. Dalam hal ini ia ingin merubah status pekerjaan dalam KK menjadi petani.

Untuk mengurus ini sebenarnya sangat mudah. Bagaimana langkahnya, apa saja syaratnya dan adakah biaya pengurusan? 

Berikut ulasannya:

Caranya, dimuali dari langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuat surat kesalahan di kelurahan. Surat ini bisa anda minta di kantor lurah atau balai desa di wilayah anda. 

Baca Juga: Daftar Bpjs Gratis

Anda cukup membawa KTP dan juga KK serta fotocopian keduanya masing-masing 1 lembar saja. Anda jelaskan letak data atau status yang ingin diubah.

Setelah anda mendapatkan surat kesalan tersebut, anda meski mengurus pergantian data  tersebut ke discapil wilayah kabupaten anda. 

Persyaratannya adalah surat tanda kesalahan yang dibuat di kelurahan, dan KK asli serta fotocopy.

Sampai di kantor discapil, anda masuk ke bagian kepengurusan KK. Disini anda bisa menjelaskan urusan anda, misal anda katakan bahwa anda ingin merubah status pekerjaan anda yang ada di dalam KK. 

Setelah itu anda akan diminta memberikan persyaratan berupa surat dari kelurahan dan juga KK asli serta fotocopy, jangan lupa juga membawa KTP dan foto kopinya.

Setelah itu petugas akan mencetak KK yang baru sesuai denga perubahan yang didinginkan. Untuk waktu tunggunya tidak terlalu lama. Dari pengalaman tim kami, kurang dari 60 menit. Pengurusan pergantian data ini pun tidak dipungut buaya alias gratis.

Cara Merubah Status di Dalam Kartu Keluarga Atau Kk

Perlu diketahui, jika ada perubahan di dalam KK maka KTP nya pun meski dibuah. Hal ini agar tidak ada perbedaan antara data KTP dengan KK. Anda bisa langsung mengurusnya di discapil ini.

Nah, itulah ulasan cara merubah status di dalam Kartu Keluarga atau KK. Anda bisa memulai mengurusnya dari kelurahan lalu kemudian di kantor discapil kabupaten/kota di wilayah anda.
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter