Sunday, February 25, 2018

Keunggulan Grafting Atau Sambung Kopi Untuk Buahnya

Keunggulan grafting atau sambung kopi untuk buahnya. Salah satu penghasil kopi Lampung yang terkenal dan cukup besar adalah wilayah Kabupaten Lampung Barat.

Petani atau pekebun kopi di wilayah Lampung Barat ini terbilang sangat banyak. Bahkan bisa dibilang mayoritas pekerjaan masyarakat Lampung Barat adalah petani terutama petani kopi.

Dari pantauan kami dan hasil wawancara masyarakat, jenis kopi yang dibudidayakan mereka adalah kopi robusta (Coffea robusta). 

Jenis kopi ini terkenal dengan citarasa kopi yang enak dan beraroma yang tidak terlalu asam. Harga kopinya pun cukup tinggi di pasaran.

Namun saat ini tidak bisa dipungkiri kalau terdapat beberapa pohon kopi yang sukar untuk buah. Beberapa faktor menjadi penyebabnya.

Menurut masyarakat petani kopi penyebabnya antara lain adalah iklim, pengurusan kopi, pemilihan bibit, kesuburan tanah dan lainnya.

Untuk iklim banyak yang beranggapan bahwa hujan yang berlebihan dapat mempengaruhi produktivitas kopi. 

Air hujan yang jatuh dapat merontokan bunga kopi yang menjadi bakal buah kopi. Jika cuaca terlalu panas juga bunga kopi dapat terbakar sehingga gagal menjadi buah kopi, ujar salah satu warga petani kopi.

Pohon kopi yang di sambung memiliki hasul buah yang lebat

Masyarakat juga beranggapan bahwa salah satu yang berpengaruh juga terhadap produktivitas kopi adalah grafting atau penyambungan kopi yang juga dikenal oleh masyarakat dengan stek kopi. 

Teknik grafting kopi ini dianggap meningkatkan produktifitas kopi, terutama yang biasanya tidak berbuah banyak.

Dalm teknik garfting atau sambung kopi ini para petani memilih bibit yang unggul (berbuah banyak) untuk kemudian disambungkan pada tanaman kopi mereka. 

Artinya bahwa batang kopi bagian tetap pohon kopi tanaman mereka, namun untuk bagian atas yang berbuah adalah sambungan dari ranting (bibit) yang unggul.

Dalam proses grafting /sambung/stek kopi ini tidak lah langsung berbuah pada tahun pertama usai disambungkan. 

Tahun pertama biasanya belum banyak buahnya. Butuh 2 sampai 3 tahun untuk hasil teknik ini dapat berbuah lebat. Bisanya masyarakat menyebut moment buah kopi yang memuncak adalah kopi stek nganggung.

Untuk cara menyambung atau grafting kopi ini, prosesnya memang cukup mudah dan cepat.hasilnya pun dianggap lebih tinggi oleh masyarakat.  Berikut ini beberapa keunggulan daru grafting ini menurut masyarakat:

Gugusan kopi pada rantingnya
  • Produktivitas kopi lebih tinggi dan konstan
  • Pohon kopi menjadi lebih pendek sehingga mudah dalam pemenenan (pemutilan)
  • Lebih mudah dalam pegurusan atau perawatan
  • Dapat memilih jenis unggul sesuai keinginan
Pendapat masyarakat tersebut memang perlu dikaji lebih dalam agar nantinya pertanian kopi lebih optimal. 

Mengingat saat ini kebutuhan akan kopi cukup tinggi dan juga untuk kepentingan proses bididaya kopi agar lebih maju lagi. 

Nah,  itulah hasil jalan-jalan edukasi kami untuk mencari tahu mengenai keunggulan grafting / sambung /stek Kopi.

Tags: Video Cara Stek Kopi | Laporan Stek Kopi | Stek Kopi Pdf | Kopi Stek Lampung | Kopi Stek Pagaralam | Kopi Stek Payung | Okulasi Kopi | Kopi Stek Rejang Lebong

No comments:
Write comments

Join Our Newsletter