Wednesday, March 14, 2018

AC Boros Listrik Begini Cara Mengatasinya

AC Boros Listrik. Cuaca negara kita yang tropis ini membaut udaranya panas. Ya, wajar memang, apalagi Indonesia berada di garis khatulistiwa sehingga sinar matahari juga menerpa secara sempurna. Akibatnya kita sering merasa gerah baik di dalam ruangan maupun di laur ruangan.

Untuk mengatasi hal ini kita bisa memasang Air Conditioning / AC atau dalam bahasa yakni penyejuk udara.  

Dengan begitu suhu ruangan kita menjadi turun dan kemudian terasa sejuk. Namun pernahkah anda mengeluh akibat ac boro listrik ? 

Jika ya, maka sebenarnya banyak juga yang mengalami hal demikian. Nah, sebenarnya ada cara untuk mengatasi hal ini yakni:

Ilustrasi 
ac boros

Pastikan PK AC Bisa Mencukupi Kebutuhan Ruangan Anda

Nah, anda perlu menghitung kebutuhan AC pada ruangan anda, hal ini agar AC bekerja secara optimal. 

Saat membeli AC, anda perlu menyesuaikan ukuran ruangan dengan Btu yang dibutuhkan. Rumus hitung penyesuian ruangan adalah Luas Ruangan Dalam m2 x 500 / Lebar x Panjang x 500.

Contohnya:
  • 1/2PK = 5000 Btu/h (Ukuran ruangan 10 m2)
  • 1PK = 9000 Btu/h (Ukuran ruangan 18 m2)
  • 2PK = 18000 Btu/h (Ukuran ruangan 36 m2)
Terbukanya Rungan Menambah “sengsara” kerja AC

Terbuknaya rungan umumnya dari buka-tutup pintu. Ya jika anda keluar masuk pintu, mestinya anda dengan segera menutup kembali pintu tersebut. 

Selain pintu, anda juga mesti melihat ke beberapa jendela, dan memastikannya dalam keadaan tertutup.

AC akan bekerja ekstra keras jika ada rungan yang terbuka, hal ini juga akan memanbah daya yang digunakaannya. 

Bayangkan saja, mulanya AC hanya bertugas mendinginkan suhu kamar, namun karena pintu tebuka tugasnya bertambah menjadi mendinginkan ruang tamu dan lainnya. Al hasil listrik menjadi boros.

Atur Suhu Sesuai Kebutuhan Anda Dan Ketahui Faktanya

Ya, tujuan mengunakan AC memang untuk mendinginkan atau menyejukan udara. Lantas apakah harus benar-benar dingin? Tentu saja iya!

Atur suhu anda

Namun anda juga mesti mengontrol kebutuhan. Ketika memang suhu rungan sudah terasa sejuk, anda bisa menaikan suhu AC yang anda gunakan. 

Misal anda menekan sampai ke suhu 16, satu jam kemudian ternyata udara ruangan sudah dingin. Nah disinal kita bisa menaikan atau bahkan mematikan AC anda.

Usahakan untuk tidak mengatur suhu ruangan menjadi 16 derajat, namun cukup di suhu 23-25’C itu merupakan suhu ideal. 

Tahukah anda bahwa suhu di Bogor saat hujan adalah sekitar 15 derajat, nah pada posisi itu udara sudah sangat dingin. 

Artinya bahwa kita tidak harus setting suhu 16 C. Dengan setting suhu 25’C pada remote, suhu runagan menjadi lebih nyaman dan didapatkan durasi istirahat kompresor AC sebesar 10% dari jam kerjanya.

Lakukan perawatan terhadap AC anda

Ada beberapa komponen AC yang mesti dilakukan perawatan misal filter yang sudah kotor. Begitupun dengan komponen-komponen seperti filter, evaportor dan kipas AC. 

Beberapa komponen itu harus selalu dalam kondisi bersih tanpa ada debu atau kotoran agar kecepatan AC tidak menurun sehingga mesin akan berusaha maksimum untuk mencapai titik dingin dan berakibat listrik boros. 

Beberapa sumber menyatakan bahwa idealnya AC diservis setiap 3 bulan sekali.

Merek AC Terhadap Pemakain Listrik

Anda mungkin sering melihat iklan yang memperlihatkan produk AC dengan teknologi hemat listrik. Hal itu bisa saja benar bisa saja tidak.  

Namun bisa saja anda merujuk pada promosi tersebut karena teknologi terkadang bisa mengatasi sebuah masalah.

Namun tetap saja teknologi pemakainya adalah manusia, jadi anda lah yang mengontrolnya. Akan percuma jika anda memakai teknologi namun tidak memperhatikan hal-hal penting seperti memperhatikan PK AC, melakukan servis AC dan hal-hal yang disebutkan diatas tadi.

Cotoh kasus ketika anda memiliki sebuah laptop dengan spek tinggi namun anda tidak bisa mengoprasionalkannya. Anda mempunyai aplikasi photoshop tapi tidak pandai memakainya. Kan sama saja.

Nah, itulah beberapa tips dari kami mengenai cara mrngatasi AC Boros listrik. Hemat listrik bisa menghemat pengeluaran anda. Dan uang bisa digunakan untuk hal penting lainnya, selamat mencoba tipsnya.
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter