Thursday, April 12, 2018

10 Contoh SMS Ke Dosen Yang Sopan

Contoh SMS / WA Ke Dosen. Perlu diketahui bahwa ada beberapa point penting sebelum kita menghubungi dosen via sms atau wa. 

Seperti waktu menghubungi, awalan atau sapaan sms, sebutkan nama dan angkatan, gunakan bahasa yang mudah dimengerti, jangan disingkat-singkat dan usahakan untuk singkat padat dan jelas serta beri salam penutup.

Kita memang tidak bisa memungkiri aktivitas dosen itu sibuk. Ada banyak mahasiswa yang akan menghubunginya di setiap hari terutama jika masa bimbingan skripsi.  Oleh sebab itulah kita juga sebagai mahasiswa harus sadar dengan hal tersebut.

Menghubungi dosen juga perlu etika, kesopanan dan tulisan yang baik agar dosen pembaca mengerti maksudnya. Karena sangat riskan ketika ada kesalahan kecil dari sebuah sms atau wa kepada dosen.

Ilustrasi

Contoh SMS Ke Dosen


Dan berikut ini kami akan memberikan contoh beberapa macam sms ke dosen yang bisa anda jadikan referensi.

SMS Atau WA Bertanya Tentang Kehadiran Dosen

Assalamualaikum Pak, selamat siang. Saya Riko mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi angkatan 2018 Pak. Mohon maaf Pak sebelumnya telah mengganggu. 

Saya ingin bertanya apakah benar besok bapak tidak bisa masuk kelas mata kuliah pak. Terimaksih. Terimaksih Pak wassalamualaikum.

SMS Atau WA Untuk Bimbingan Skripsi (Ketemuan)

Assalamualaikum Pak, selamat malam. Saya Damran mahasiswa bimbingan skripsi bapak. Mohon maaf Pak sebelumnya telah mengganggu. 

Saya ingin bertanya pak apakah besok bapak ada di kampus dan membuka jam untuk bimbingan skripsi. Terimaksih Pak wassalamualaikum.

SMS atau WA Untuk Perbaikan Nilai Ujian Mata Kuliah

Assalamualaikum Pak, selamat malam. Mohon maaf mengganggu. Saya Puspa mahasiswa pertanian yang mengambil mata kuliah ilmu tanah. 

Sehubungan telah keluarnya nilai ujian akhir kemarin apakah ada perbaikan untuk mahasiswa yang nilainya mengulang Pak. Terimaksih Pak wassalamualaikum.

SMS Atau WA Untuk Menghadiri Seminar Usul Atau Proposal (mengingatkan kehadiran)

Assalamualaikum Pak, selamat pagi. Mohon maaf mengganggu. Mengingatkan kembali Pak untuk seminar saya Pandu Wibowo besok pada Pukul 13:00 di ruang seminar jurusan. Terimaksih pak wassalamualaikum.

SMS Atau WA Untuk Menghadiri Acara Organisasi Kampus (UKM, HMJ, HIMA, BEM, DPM Dll)

Assalamualaikum pak, selamat pagi. Mohon maaf mengganggu. Mengingatkan kembali bahwa besok pagi acara Hari Peringatan Intelektual sedunia oleh BEM akan dimulai pada pukul 08:00 di Gedung Serba Guna. Terimaksih Pak wassalamualaikum.

SMS Atau Wa Ucapan Terimakasih Kepada Dosen

Assalamualaikum pak, selamat siang. Sandri mengucapkan banyak terimakasih kepada bapak selama masa bimbingan skirpsi pak. Santo juga mohon maaf apabila selama masa bimbingan ini ada hal-hal yang tidak berkenang di hati bapak. 

Semoga segala kebaikan bapak dicatat dan dibalas kebaiakan oleh Allah SWT. Sekali lagi terimakasih Pak, wassalamualaikum.

SMS Atau Wa Ucapan Hari Raya Idul Fitri Kepada Dosen

Assalamualikum Pak, “Taqobballlahu minna wa minkum” Rima dan sekeluarga mengucapakn selamat hari raya idul fitri 1000 (Tahun). 

Semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT. Rima dan sekeluarga juga mohon maaf lahir batin pak. Wassalamuaikum.

SMS Atau Wa Izin Sakit 

Assalamualikum Pak, Mohon maaf menggangu. Saya Rendra mahasiswa mata kuliah Ilmu Kayu. Mohon izin untuk tidak hadir di perkuliahan besok Pak karena saya mengalami sakit. 

Untuk surat izin sakit sudah saya titipkan ke salah satu mahasiswa Pak. Terimakasih Pak, wassalamualaikum.

Contoh – contoh diatas bisa dikategorikan menggunakan redaksional yang baik dan sopan. Selain itu gaya bahasa juga sigkat padat jelas. 


Nah, berikut ini kami juga memberikan contoh SMS atau WA ke dosen yang kurang dibenarkan.

Assalamualikum Pak, oa besok ada dikampus tidak pak, saya ingin bimbingan ke bapak.
Contoh diatas diaaggap kurang sopan karena tidak menggunakan penutup, sapaan awalan dan langsung bertanya. Yang demikian dapat dikhawatirkan menyinggung dosen anda. 
Asslkm Pak, mohon maaf mengganggu, oa pk bsok ada di kampus atau tdk y pak. Saya ingin menghadap untk bimbingan pak terimakasih. Wsslkm
Contoh diatas dianggap susah dipahami karena menggunakan banyak kata yang disingkat.
Dosen memang manusia biasa, namun kita juga perlu sopan kepadanya ketika berhubungan melalui SMS atau WA. 


Apalagi sebagai seorang mahasiswa yang terdidik kita mesti sopan dan beradap. Nah, itulah ulasan singkat mengenai Contoh SMS / WA Ke Dosen.
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter