Friday, April 6, 2018

Cara Membuat Pakan Kambing Dari Kullit Kakao Simpel

Cara membuat pakan kambing dari kullit kakao simpel. “Kulit kakao sejatinya adakah bahan yang organik sehingga dapat menjadi pakan kambing” inilah ungkapan seorang peternak kambing menjelaskan kepada kami tentang cara pembuatan pakan kambing menggunakan kulit kakao yang sudah di panen.

Pelajaran ini kami dapatkan saat berkunjung Di Desa Sungai Langka, Gedong Tataan, Pesawaran Lampung.

Meski mayoritas penduduknya berprofesi pekebun atau petani namun mereka banyak juga yang memelihara kambing.

Kebun mereka dekat dengan perumahan sehingga pakan kambing mduah didapat dari kebun. Selain itu juga beberapa masyarakat tergabung dalam kelompok pengelola HKM yang berada di dalam kawasan hutan. 

Hal itu pula menambah banyak sumber pakan kambing. Masyarakat peternak kambing juga menanam pohon kleresede yang bisa diambil daunnya untuk pakan kambing.

Desa Sungai Langka juga merupakan salah satu desa penghasil buah kakao. Jika mengunjungi desa ini maka banyak hamparan lahan kebun cokelat baik di kebun maupun di sekitaran rumah. Kulit kakao inilah yang tidak ingin disiasiakan oleh masyarakatnya.




“Sayang kalau kulitnya dibuang gitu aja, kan bisa untuk pakan kambing” Ujar salah satu pekebun kakao yang sekaligus petenak kambing. 

Ia juga menambahkan bahwa biji kakao bisa dijual dan mendapat uang, setelah itu kulit kakao bisa dijadikan pakan kambing.
  • Cara mengolah kulit kakao menjadi pakan pun mudah, berikut adalah langkah-langkahnya:
  • Panen buah kakao matang dari batangnya
  • Pisahkan biji dengan kulitnya
  • Potong kulit kakao dengan lebar sekitar 1,5 cm dan panjang 5 cm (bisa dilihat pada gambar)
Mudah sekali bukan? 
Dengan hanya memotong menjadi bagin kecil yang intinya memudahkan si kambing untuk mengunyahnya. 

Tentu ini bisa menjadi pakan alternatif yang menambah keberagaman pakan. Dengan hal ini juga tidak membuang secara percuma kulit kakao.

Tak lama kulit kakao ditaruh, maka kambing dengan lahap menantapnya. Saat itu kambing yang diberi makan adalah jenis kambing etawa. Namun jenis kambing lain pun “doyan” dengan pakan jenis ini.

Hal ini bisa anda contoh untuk pakan ternak kambing anda. Terutama untuk anda yang juga menanam kakao. 
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter