Thursday, May 10, 2018

Biaya, Rute Perjalanan dan Penginapan Pulau Tegal Mas Lampung

Majalah Lampung - Biaya, rute perjalanan dan penginapan Pulau Tegal Mas Lampung. Belum lama ini ada sebuah destinasi wisata menakjubkan yang sedang hits. Namanya adalah Pulau Tegal Mas Pesawaran Lampung. 

Wisata bahari ini menarik banyak peminat, mungkin juga anda yang saat ini ingin berlibur kesana.  Lalu apa sih sebenarnya yang disuguhkan di pulau ini? Apa keindahannya dan apa yang bisa dilakukan pengunjung?

Mungkin namanya memang belum lama muncul, jauh lebih muda ketimbang Pahawang atau juga Teluk Kiluan. Tapi jangan sepelekan panorama yang tersaji didalamnya. 

Lokasi Pulau Tegal Mas 
Pulau eksotis ini berada di wilayah perairan Teluk Lampung yang terkenal dengan banyaknya pantai eksotis, tepatnya di Kabupaten Pesawaran. Untuk menjangkaunya ada beberapa dermaga penyeberangan yang bisa dipilih.

Keindahan Pulau Tegal Mas
Pasir putih dan lautan tenang berwarna biru dijamin akan membius pengunjung yang datang. 

Pulau Tegal Mas
Foto Pulau Tegal Mas Pesawaran Lampung (Foto: Youtube/Lampung Helau)

Panorama hijau di pantai ini juga patut untuk dinikmati. Tebing dan bukit yang hijau dari pepohonan yang tumbuh disekitar pulau dijamin bisa memanjakan mata. Tak hanya pemandangan diatasnya saja, di dalam laut ada keindahan biota laut yang wajib untuk diselami.

Karang nan cantik berpadu dengan ikan-ikan kecil berwarna-warni yang berenang disekitarnya akan sangat menggoda. Pengunjung bisa puas snorkling dan juga diving di Pulau Tegal Mas.

Rute Perjalanan ke Pulau Tegal Mas
Pulau ini berada di tengah laut dan terpisah dari Pulau Sumatera, artinya pulau berdiri sendiri. Nah untuk sampai di lokasi, pengunjung harus menyeberangi lautan.

Ada beberapa penyeberngan yang bisa dipilih diantaranya dari Pantai Mutun, Pantai Sari Ringgung dan dari BBH Hanura. 

Sebenarnya jika dihitung dari Kota Bandar Lampung, jaraknya hanya 24 km dengan waktu tempuh normal satu jam perjalanan (estimasi google eart dan maps). 

Rute dari Ringgung
Jika dari Pantai Sari Ringgung, pengunjung mesti masuk ke Pantai Ringgung terlebih dahulu. Kemudian disana ada penyewaan perahu untuk menyeberang ke Pulau Tegal Mas.  Untuk biaya sewa perahu sekitar Rp. 250.000 per kapal. Kapal tersebut biasanya berkapasitas sampai 10 orang penumpang.  

Artinya jika pengunjung pergi berombongan sebanyak 10 orang, maka hanya kena tarif Rp. 25.000 per orangnya. Waktu tempuh dari Ringgung ke Tegal Mas sekitar 20 menit (Jika ombaknya tidak tinggi/Normal).

Rute dari Mutun dan dari BBH Hanura
Alterntif  lain bisa dari Mutun. Sama halnya dengan rute dari Ringgung, pengunjung harus masuk dulu ke pantainya. Kemudian mencari penyewaan kapal untuk menyeberang.

Perjalanan dari Pantai Mutun ke Pulau Tegal Mas memakan waktu lebih lama dibandingkan dari 
Ringgung. Dari mutun waktu tempuhnya sekitar satu jam setengah. 

Begitu juga jika dari BBH Hanura, waktu tempuhnya sekitar satu jam sampai satu jam setengah.  Untuk tarif atau sewa kapal dari lokasi ini diprediksi lebih tinggi dibanding dari ringgung. Mengapa demikian ! Karena jaraknya lebih jauh dan waktu tempuhnya pun lebih lama. 

Nah, lalu bagaimana pengunjung bisa sampai ke Pantai Sari Ringgung, Pantai Mutun dan juga BBH Hanura. Dari Bandar Lampung, rute perjalanan untuk sampai di ketiga lokasi tersebut sebenarnya sama yakni memalui Jalan Way Ratai Pesawaran.

Dari Bandar Lampung, pengunjung bisa mengarahkan kendaraan ke Teluk Betung. Nah, disana ada jalan yang mengarah ke Padang Cermin pesawaran. 

Pengunjung tinggal mengikuti jalan tersebut sampai bertemu beberapa pantai. Nah pertama akan berjumpa dengan Pantai Mutun (30 menit), selanjutnya Pantai Sari Ringgung (45 menit) dan terakhir BBH Hanura (Satu jam).

Ketiga lokasi ini cukup mudah ditemui, ada baliho dan papan petunjuk di gerbang masing-masing pantai, kecuali BBH Hanura. Untuk patokan BBH Hanura adalah pasar Hanura.  Jika pengunjung ingin menggunakan transportasi umum, ada kendaraan pick up angkutan dari Teluk 

Betung menuju Padang Cermin. Kemudian bisa turun di tiga lokasi tersebut, untuk tarifnya sekitar Rp. 20.000 sampai Rp. 30.000.

Bagaimana Jika Pengunjung dari Luar Lampung ?
Jika dari Bandara Raden Intan pengunjung bisa saja menaiki taksi untuk kemudian langsung ke tiga lokasi penyeberangan tadi.  Tapi tarifnya cukup tinggi. Bisa berkisar sampai Rp250.000 sampai Rp. 300.000.

Jika ingin lebih hemat, pengunjung bisa terlebih dahulu menuju Terminal Rajabasa Bandar Lampung.  Kemudian pengunjung bisa menaiki transportasi berbasis online menuju Teluk Betung untuk mencari Pick Up angkutan umum menuju Padang Cermin.

Serupa jika dari Pelabuhan Bakauheni, pengunjung bisa menuju Terminal Rajabasa dari Bakauheni.  Transportasi umum bisa menggunakan bus dan travel dari Bakauheni tujuan Terminal Rajabasa. Tarif bus sekitar Rp. 30.000 sedangkan travel sekitar Rp 50.000.

Jika dari Stasiun Tanjung Karang, pengunjung tinggal melanjutkan perjalanan ke Teluk Betung dengan transportasi berbasis online (Gojek atau Grab) menuju Teluk Betung.  Kemudian melanjutkan perjalanan seperti rute yang dipaparkan tadi.

Harga Penginapan di Pulau Tegal Mas
Setelah puas, malamnya pengunjung bisa menginap di pulau nan canti ini. Berikut adalah daftar tarif atau harga sewa cottage disini.  Catatan: Ada tiga jenis penginapan yang bisa dipilih oleh pengunung. 

  • Ruang Palembang: Tarif  Rp 4.000.000 di weekday dan Rp 5.000.000 saat weekend atau holiday dengan kapasitas 10 orang.
  • Ruang Lombok: Tarif Rp 2.600.000 untuk weekday dan Rp 3.200.000 untuk weekend atau holiday dengan kapasitas delapan orang.
  • Kamar: Tarif Rp1.750.000 saat weekday dan Rp2.000.000 saat weekend atau holiday dengan kapasitas lima  orang.
Pulau indah ini tidak boleh anda lewatkan sebagai daftar kunjungan anda. Keindahan dan keistimewaanya bisa menjadi alasan kenapa harus dikunjungi.

Nah, itulah info terkait biaya, rute perjalanan dan penginapan di Pulau Tegal Mas Pesawaran Lampung ini. Selamat Berkunjung.
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter