Tuesday, June 26, 2018

Alat Musik Bende Lampung dan Cara Membuatnya

Majalah Lampung - Alat Musik Bende Lampung. Setiap daerah di Indonesia memiliki alat musik tradisional. Selain sebagai alat untuk seni, benda ini juga menjadi kebanggan dan juga identitas sebuah daerah. 

Alat musik merupakan sebuah instrumen atau alat yang memang sengaja dibuat tujuan menghasilkan musik (suara). Pada dasarnya, segala sesuatu yang memproduksi suara, dan dengan cara tertentu bisa diatur oleh musisi, dapat disebut sebagai alat musik.

Alat musik daerah adalah alat yang menghasilakn suara dan kemudian bisa dimainkan. Alat ini berasal dari suatu daerah tertentu yang menjadi khas daerah itu dan terdapat perbedaan baik nama serta bentuk dengan daerah lain. Meskipun begitu tak jarang beberapa daerah memiliki alat musik yang mirip dan serupa, tapi berbeda nama.

Sedangkan untuk alat musik modern yakni alat musik yang telah diberikan sentuhan lebih dalam hal teknologi. 

Pada kesempatan ini kami akan mengulas mengenai salah satu alat musk tradisonal Lampung bernama alat musk bende Lampung. Satu dari empat alat musik khas Lampung ini masih ada hingga kini dan tetap dipakai dibeberapa kesempatan.

Bende adalah sejenis gong kecil yang dulunya biasa digunakan untuk memberikan “tanda” sebelum adanya informasi yang ingin disampaikan. Bende ini semacam lonceng atau pendanda untuk berkumpul. Misal saat akan ada kumpulan di balai kampung atau nuwou sesat maka terlebih dahulu dibunyikan bende sebagai pemberitahuan untuk kumpul.

Bende juga dibunyikan untuk kebutuhan musik. Fungsinya memang mirip seperti gong kecil yang ditabuh saat berdendangnya sebuah lagu.

Ilsutrasi Gambar Bende Lampung

Lalu apakah sampai saat ini masih ada alat musik Bende Lampung ? Jawabannya masih ada. Beberapa tokoh dan masyarakat Lampung tetap menyimpan benda ini. Fakta tentang Lampung yang memiliki bende hingga saat ini mungkin adalah kabar yang baik untuk kita.

Lalu bagaimana cara membuat alat musik bende Lampung. Jika ditinjau dari bentuk, segi dan hasil bunyinya, kemungkinan bahan pembuatan alat musik bende sama dengan pembuatan gong kecil.

Bahan alat musik bende seperti hal nya gong yakni dari besi, kuningan, perunggu bahkan yang baru-baru ini adalah dari alumunium. Dari bahan-bahan tersebut yang paling baik dinilai oleh masyarakat dan para seniman untuk dijadikan gamelan adalah yang terbuat dari bahan perunggu. 

Bahan pembuatan alat musik bende tersebut kemudian dibentuk seperti sedemikian rupa. Bebebrapa logam tersebut dipanaskan untuk kemudian dimasukan didalam cetakan yang membentik alat musik bende Lampung.


Untuk nada dan not bende Lampung serupa dengan ogng kecil walau ada sedikit permedaan. Anda bisa mempelajarinya melalui buku not atau tangga nada lagu yang membahasa mengenai gong, gamelan dan alat musik tradisonal lainnya yang serupa.

Bagimana agar alat musik tradisional bende Lampung ini bisa tetap lestari, caranya dengan tetap mempelajarinya dan juga lihai memainkannya. Bisa juga memasukan pelajaran seni musik tardisonal Lampung yang kemudian mengulas secara padat dan rinci terkair alat musik tradisonal bende ini.

Cara memakai alat musik bende Lampung adalah dengan cara memukulmya, alat inimemiliki jenis suara yakni Ideofon.

Demikianlah informasi terkait alat musik bende Lampung beserta sedikit ulasan menganai bahan dan cara pembuatannya. Semoga bisa menjadi referensi anda, dan selamat melestarikan budaya Lampung. 
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter