Saturday, June 30, 2018

Fungsi Alat Musik Serdam Lampung Adalah Lengkap

Majalah Lampung – Salah satu alat musik tradisional asal Provinsi Lampung adalah serdam. Alat musik yang serupa dengan seruling ini cukup mudah untuk digunakan dan bibuat. Namun apakah anda sudah mengenal fungsi alat musik serdam Lampung secara lengkap ? 

Setiap daerah tentu memiliki alat musik tradisonal khas daerah tersebut. Selain digunakan sebagai peralatan musik, alat ini juga bisa menjadi sebuah kebanggaan atau ikon suatu daerah. Misalkan Jawa Barat yang lekat dengan angklungnya dan daerah Jawa yang terkenal dengan gamelannya. 

Alat musik merupakan sebuah instrumen atau alat yang memang sengaja dibuat tujuan menghasilkan musik (suara). Yang kita kenal saat ini terdapat dua jenis alat musik yakni taradisonal (daerah) dan juga modern.

Alat musik daerah adalah alat yang menghasilakn suara dan kemudian bisa dimainkan. Alat ini berasal dari suatu daerah tertentu yang menjadi khas daerah itu dan terdapat perbedaan baik nama serta bentuk dengan daerah lain. Meskipun begitu tak jarang beberapa daerah memiliki alat musik yang mirip dan serupa, tapi berbeda nama. Sedangkan untuk alat musik modern yakni alat musik yang telah diberikan sentuhan lebih dalam hal teknologi.

Kita juga tidak bisa memungkiri bahwa alat musik modern, terkadang adalah modifikasi dari alat musik tradisional. Kesan monoton dan kaku ala jaman dulu dimodifikasi agar alat musik mudah digunakan dan juga lebih menarik serta memberikan variasi nada.

Tapi, yang namanya keaslian tetap harus dijaga. Menjaga agar alat musik tradisonal tetap lestari bisa dengan cara tetap tidak memainkan alat musik tradisional itu dan menyimpan serta menjaga keasliannya agar tetap bisa dipelajari oleh generasi mendatang. 

Misal, jika anda menjaga fungsi alat musik serdang Lampung. Maka kedepannya anak cucu anda bisa melihat dan memainkan alat musik ini hingga turun menurun dan menjadikannya lestari. 

Serdam Lampung
Gambar Alat Musik Serdang Lampung

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai deskripsi alat musik serdam dan mengulas tuntas tentang fungsi alat musik serdam Lampung. Serdam Lampung adalah alat musik tradisinonal yang dimainkan dengan cara ditiup dan bentuknya menyerupai alat musik suling (seruling). Suara atau bunyi serdam yang dihasilkan bernada dasar G  sebagai Do-nya dan terdiri dari lima buah lubang yang nantinya akan menghasilkan nada Do – Sol.

Bisa dibilang alat musik ini serupa dengan seruling. Cara memainkan alat musik serdang pun serupa, bagian lubang di pangkal (bolongan besar di bagian pangkal) diarahkan ke mulut untuk ditiup. Kemudian kedua tangan memegang serdang dan jari-jarinya menutup serta membuka lubang serdang. Udara yang keluar dari ujung dan juga lubang-lubangnya akan mengeluarkan sauara yang khas. 

Gambar Cara Memainkan Serdang Lampung

Bahan pembuatan alat musik serdam Lampung yakni dengan bambu yang kemudian dilubangi untuk memberikan nada-nada atau tangga nada serdam. Bambu berdiameter tak terlalu besar ini dipotong, kemudian dihaluskan dan dibersihkan. Pelubangan pada bambu yang digunakan untuk serdam ini mesti hati-hati dan cermat agar nantinya not serdam Lampung atau bunyinya bisa sesuai. Bagian inilah yang tersulit dari langkah-langkah pembuatan serdam Lampung ini.

Kemudian setelah jadi, serdam bisa dimainkan. Dahulu alat musik ini dibunyikan oleh masyarakat di desa-desa. Saat ada acara pun kerap membunyikan alat ini sebagai musik penghibur. Kini memang jarang sekali, namun keberadaanya belumlah musnah.

Nah, lalu bagaimana cara untuk melestarikan serdam Lampung yang notabene adalah alat musik khas Lampung ini? anda bisa mempelajarinya, kemudian bertanya kepada tokoh yang paham dengan serdam Lampung. Jika sudah paham anda bisa membuat dan memainkan alat ini.

Misal memainkannya di sekolah, kampus dan lingkungan masyarakat. Jika demikian maka anda termasuk orang yang melestarikan budaya Lampung dan mengusakan agar benda ini tetap eksis meski diselimuti alat musik modern yang lebih kekinian dan tren.

Alat musik serdam memang berbeda dengan salah satu alat musik asal Lampung lainnya yakni alat musik Bende Lampung. Jika anda alat itu dibunyikan dengan cara dipukul, maka alat ini ditiup. Jika pandai memadukan kedua alat ini maka akan membentuk sebuah intonasi yang indah. Tentu paptut untuk dicoba. Serdam bisa menghasilkan nada yang sendu dan mengajak pemain seakan ikut merasa sedih didalam lagu yang dimainkan (jika lagu yang dimainkan sedih).

Demikianlah ulasan singkat mengenai fungsi alat musik serdam Lampung. semoga bisa menjadi referensi bagi anda untuk semakin mengenal budaya bumi Lampung. Anda yang ingin mengenal serdam lebih mendalam juga bisa membaca di makalah tentang serdam Lampung di pdf atau bentuk artikel serdam Lampung online maupun cetak (buku, majalah, koran, buletin, skirpsi dan lainnya).
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter