Sunday, June 24, 2018

33 Tempat Wisata Di Lampung Barat Terbaru Lengkap

Majalah Lampung – Deretan tempat wisata di Lampung Barat ini bakal membuat anda merasa termanjakan. Pasalnya panorama yang disajikan di masing-masing destinasi atau spot wisata ini sangat indah.

Kabupeten yang terletak di ujung barat Lampung ini memiliki bentang alam yang luar biasa. Hawa sejuk, dan panroama pegunungan yang hijau adalah daya tarik atau pesona yang ada di Lampung Barat. 

Beberapa waktu lalu tim Majalah Lampung  telah membuat sebuah daftar lokasi kunjungan wisata di Lampung Barat. Dalam daftar tersebut ada 11 tempat wisata, kini jumlahnya telah bertambah. Beberapa lokasi wisata baru bermunculan, dan telah menjadi buruan wisatwan.  Berikut ini dalah daftar lengkapnya: 

1.  Kebun Raya Liwa (KRL)
Kebun Raya Liwa telah menjelma sebagai destinasi baru yang menarik untuk dikunjungi. Disini pengunjung bisa mefresh dan mengedukasi diri. Panorama indah dan desain lokasi kekinian membuat pengunjung akan merasa betah ketika berlama-lama disini.

Tempat Wisata Di Lampung Barat
Foto Ist.

Salah satu tempat wisata di Lampung Barat ini telah diresmikan pada tahun 2017 dengan luas sekitar 86 hektare. Di dalamnya ada beberapa koleksi timbuhan seperti Pepasang (Quercus sp), Cemara exelsa (Araucaria exelsa), Pinus (Pinus merkusii) tumbuh di kawasan ini. Pengunjung yang datang ke KRL bisa menyambangi beberapa taman yang ada yakni Taman Araceae, Taman Wangi, Taman Indukan Tanaman Hias, Taman Buah, Taman Hias dan Taman Aren. 

2. Bukit Bawang Bakung (Bukit Gerdai)
Di lokasi ini pengunjung akan disuguhi pemandangan menakjubkan seolah-olah ada diatas awan. Kabut tipis yang menutupi daratan dibasah bukit akan nampak indah dari bukit ini.

Tempat Wisata Di Lampung Barat
Foto Dunia Indra

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Bukit Bawang Bakung ini adalah saat pagi hari. Suguhan kabut tipis, latar belakang Gunung Pesagi, perbukitan yang ciamik dan juga adanya sunrise adalah paduan yang sangat menggoda untuk dinikmati.

3. Danau Suoh 
Tiga danau, keramikan, dan juga letusan  yang ada di kawasan danau ini menjadi magnet yang patut diadikan sebagai daftar kunjungan. Danau Minyak, Danau Lebar (Belibis) dan Danau Asam dipisahkan oleh savana ilalang yang nampak apik. Disana pengunjung bisa menikmati alam yang masih hijau. 

Tempat Wisata Di Lampung Barat
Foto Tim Majalah Lampung

Fenomena letusan abadi dan keramikan (bekuan dari air letudan) juga hal langka yang sangat jarang dijumpai di lokasi lain. Selain mempesona, Danau Suoh juga merupakan spot yang sangat fotogenik.

4. Puncak Sumberjaya (Rest Area)
Tempat ini meruapakan rest area yang menyajikan pemandangan apik. Tempatnya berada diatas ketinggian sehingga pengunjung bisa puas menyaksikan view yang menawan seperti gunung, bukit, persawahan dan juga rumah-rumah dari kejauhan.

Tempat Wisata Di Lampung Barat
Foto Tim Majalah Lampung

5. Masjid Jami Aminatul Jannah
Lokasinya tepat di depan Rest Area Puncak Sumber Jaya. Arsitekturnya sangat ikonik dan mengangumkan, pengunjung sering datang ke lokasi ini untuk beribadah dan kemudian menikmati pemandangan dari bagian belakang masjid. 

Tempat Wisata Di Lampung Barat
Foto Ist

Masjid ini berada di atas bukit, meski tak setinggi puncak, namun dari dalamnya (khususnya bagian belakang) nampak pemandangan yang apik. Dan yang juga diburu adalah objek masjid yang fotogenik untuk berfoto.

6. Pinusan Sumber Jaya (Hutan Pinus)
Dulu lokasi ini dibiarkan begitu saja, kini sudah ada penelolaan sehingga kawasan ini menjadi kekinian. Ada pondokan, spot selfie, penyewaan hanmock dan beberapa fasilitas lain yang bisa dinikmati.

Tempat Wisata Di Lampung Barat
Foto Tim Majalah Lampung

Pinusan ini cocok untuk anda pemburu spot wisata istagramable. Tegakan pinus di area ini nampak fotogenik dan apik ketika dijadikan latar belakang atau objek foto.

7. Situs Batu Berak
Destinasi peninggalan purba ini terletak di Purwawiwitan, Kecamatan Kebun Tebu. Disini terdapat beberapa batu peninggalan jaman purbakala yang masih terjaga sampai saat ini.  Batu-batu itu menjadi daya tarik utama selain lingkungan yang masih sangat asri.  

8. Cek Dam Indah Bungin Lampung Barat
Sebuah bendungan dengan luas sekitar 3 hektare, memiliki pulauing cek dam dengan menaiki rakit yang disewakan oleh masyarakat sekitar dengan tarif Rp.5000. romantis ditengahnya. Pulau yang tak luas itu memiliki tulisan I LOVE U sehingga menjadi incatan banyak pemburu selfie. Selain menyeberang ke pulau, pengunjung juga bisa berkeliling.

Tempat Wisata Di Lampung Barat
Foto Tim Majalah Lampung

9. Air Terjun Sepapah kiri dan Kanan
Dua air terjun yang berdekatan di dalam hutan yang masih sangat asri ini ada di Kubu Perahu TNBBS Lampung Barat. Merasakan dinginnya air terjun, udara sejuk dan juga melhat flora fauna yang ada di sekitarnya adalah hal yang sangat istimewa.

10. Air Terjun Mbah Gimo
Air Terjun ini tak terlalu tinggi, namun bentuknya yang melebar membuat air terjun ini nampak seperti tirai raksasa dari aliran air yang deras. Berlokasi di sekitar perkebunan kopi masyarakat di Kecamatan Air Hitam, air terjun inilayakna surga tersembunyi di pegunungaan.

Tempat Wisata Di Lampung Barat
Foto Ist

12. Air Terjun Mabar
Ada dua tingkat air terjun yang ada disini, aliran air jernih dan deras di tengah pepohonan rindang membuat air terjun ini sangat cocok untuk melepas kepenatan. lokasinya berada di Talang Mabar, Sukaraja Way Tenong.

Tempat Wisata Di Lampung Barat Terbaru
Foto Tim Majalah Lampung

13. Air Terjun Sanyir
Dengan ketinggian sekitar20 meter air terjun di Pekon Tambak Jaya (sanyir) ini mengguyurkan air segar nan jernih jika kita berada dibawah air terjunnya. Lokasinya ada di tengah kebun kopi, beberapa satwa liar seperti monyet dan babi hutan masih seiring dijumpai disini.

14. Gemburak Kecil (Air Panas Sidomakmur)
Sumber air panas ini yang mengandung belerang ini bisa menjadi alternatif berwisata sambil berobat. Umumnya pengunjung yang datang ke lokasi ini ingin menyembuhkan penyakit kulit atau gangguan kulit seperti panu dan gatal-gatal.

15. Gemburak Besar
Berjarak sekitar 5 km dari lokasi nomor 14, terdapat sebuah kawah belerang berukuran sangat luas yang dinamai dengan gemburak besar. Lokasi ini lebih luas dan masih memiliki sumber air panas yang menyemburkan air dan udara ke atas yang sangat kencang.

Foto Tim Majalah Lampung

16. Air Terjun Way Petai
Air terjun ini juga rekomended untuk dikunjungi. Lokasinya ada di Kecamatan Sumber Jaya. Pengunjung bisa puas mandi di air terjun yang memiliki 

17. Situs Batu Kebayan
Batu Kebayan atau jika diartikan adalah batu pengantin merupakan sebuah situs yang dipercayai oleh masyaralat Lampung Barat sebagai sebiah cerita mengenai dua orang pengantin yang kemudian dikutuk menjadi batu.

18. Arung Jeram Way Besai
Lintasan jeram dengan panjang sekitar 7 km akan membuat adrenalin anda menjadi terpacu. Di sisi kanan kiri lintasan ada pemandangan ciamik dari perkebunan, persawahan dan juga perbukitan Lampung Barat.

19. Jembatan Panjang
Sebuah jembatan reot ini menjadi objek foto para kaula muda. Sesuai dengan namanya, jembatan yang terbuat dari kayu ini memiliki panjang sekitar 100 meter yang menyeberangi rawa dan sebuah sungai.

20. Air Tejun Way Balak

21. Curuo Bayur

22. Air Terjun Way Sepuga

23. Air Terjun Way Ngison

24. Kawaan Sekuting Terpadu
Spot nongkrong anak muda Liwa ini memiliki taman yang apik dan juga fasilitas lain seperti masjid islamic center, stadion dan juga taman yang cantik.

25. Taman Ham Tebiu
Taman ini punya sejarah yang cukup kelam. Konon pernah digunakan sbagai lokasi pemandian jenazah korban gempa Liwa. Namun kini lokasinya telah berubah 180 derajat. Telah dibangun beberapa spot kekininan yang tentunya sangat apik.

26. Gunung Pesagi
Puncak tertinngi di provinsi Lampung berada di Gunung Pesagi, ketinggiannya mencapai 2.389 Mdpl. Yang unik disini bahwa dipercayai di kaki Gunung Pesagi inilah letak kerajaan Sekala Brak, yang merupakan cikal-bakal keturunan suku Lampung.

Foto imagive.blogspot.com

27. Gunung Seminung
Gunung Seminung memiliki ketinggian sekitar 1881 meter diatas permukaan laut (mdpl). Tidak begitu tinggi memang, namun siapa sangka pemandangan yang disajikan dari puncak gunung ini cukup membuat mata terpukau.

Foto Tim Majalah Lampung

28. Talang Enam
Terdapat ptensi wisata alam berupa bukit, junggle forest, air terjun dan juga bumi perkemahan. 

Foto Tim Majalah Lampung

29. Taman Ham Bekhos 
Menikmati alam yang asri dengan danau kecil dan pepohanan disekitarnya adalah hal menyenangkan ketika berada di taman yang terletak di Simpang Luas Lampung Barat ini.

Foto Ist

30. Desa Wisata Lumbok
Desa wisata yang menyuguhkan kearifan loka, Gunung Seminung dan juga Danau Ranau ini cocok untuk mengisi liburan panjang anda.

31. Persawahan Way Tenong
Walau belum resmi menjadi sebuah tempat wisata, namun sawah di Way Tenong ini mempunyai panorama yang sangat menawan. 

Foto wanenoor.blogspot.com

32. Lembah Batu Brak
Surga tersembunyi berbentuk lembah dengan sungai, sawah dan tebing pasir yang ciamik ada di Lampung Barat. Lembah Batu Brak Lampung Barat ini bisa menjadi sebuah destinasi pelepas penat paling rekomended di Lambar.

Foto Dunia Indra

33. Wisata Berburu Bubuk Kopi Lampung Barat
Mengunjungi daerah ini akan sangat menyesal jika tidak membawa oleh-oleh kopi khas pegunungan Lampung Barat. Anda bisa mencari banyak sekali warung atau toko penjual bubuk kopi di beberapa titik seperti di Liwa, Way Tenong, Sumber Jaya dan Sekincau.

Nah demikianlah informasi terkait tempat wisata di Lampung Barat. Semoga bisa menjadi referensi liburan anda.
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter