Tuesday, July 10, 2018

5 Cara Membuat Gaguduh Lampung dan Resepnya

Majalah Lampung Cara membuat gaguduh Lampung sebenarnya sangat mudah. Gaguduh adalah makanan khas Lampung yang biasaya menjadi teman ngopi atau minum teh ini pun bahan dasarnya sangat musah untuk dicari. Bisa dibilang ini adalah jenis kudapan atau kue. 

Cara Membuat Gaguduh Lampung
Sumber foto malahayati.ac.id

Gaguduh Lampung adalah makanan khas masyarakat Lampung (khususnya suku Lampung) yang berbahan dasar pisang dengan tambabahan tepung terigu. Kemudian keduanya dicampur dengan beberapa bahan tabahan lalu digoreng di minyak panas. Bentuk makanan ini pun bermacam-macam, ada yang tidak beraturan (bulat bebas) dan dibentuk sesuai keinginan (bentuk beraturan).

Sesuai dengan namanya, gaguduh pisang Lampung ini tentu menggunakan buah pisang, yakni pisang yang sudah matang. Untuk buah pisang yang digunakan tentu pisang yang bisa diolah dengan cara digoreng. Ada beberapa pisang yang hanya bisa dimakan buah alias tidak bisa digoreng seperti pisang gadis (mulei/muli). Hindari penggunaan pisang jenis itu. Anda bisa menggunakan pisang kepok, salah satu pisang lezat ketika digoreng.

Makanan ini merupakan kudapan yang digunakan untuk teman ngopi, minum teh atau susu. Biasanya suku Lampung sendiri sering sekali berkumpul bersama keluarga atau tetangga, makanan inilah yang kemudian digunakan sebagai kudapan teman minum.

Selain simpel, bahan pembuatan pun relatif sangat mudah untuk didapatkan. Berikut ini adalah bahan dan langkah atau cara membuat gaguduh Lampung yang khas itu.  

Resep Gaguduh Lampung  (Untuk 3 piring/sekitar 25 biji kue)
1. 10 buah Pisang kepok
2. 300 gram Tepung terigu
3. 100 gram Gula merah
4. 2 sendok makan Margarin
5. 1 butir Telur
6. 1/2 sendok teh Garam
7. Secukupnya Minyak goreng
8. 200 ml Air

Cara Membuat Gaguduh Lampung
1. Kupas pisang belah 2 dan potong jadi 6 bagian
3. Siapkan baskom atau wadah lain dan masukan semua bahan kecuali minyak goreng. Aduk rata dan tambahkan air kurang lebih 200 ml. Aduk rata adonan sampai lebut dan benar-benar tercampur. Usahakan pisang tidak lagi terbentul. Artinya sudah menjadi adonan yang lembut.
4. Siapkan wajan dan tuangkan minyak goreng secukupnya. Setelah minyak panas, ambil 1 sendok makan adonan dan goreng sampai coklat keemasan. Lakukan sampai adonan habis. Perlu diperhatikan untuk bentuk dan ukurannya memang bebas. Namun usahakan tidak terlalu kebesaran karena bagian dalamnya akan susah untuk matang. 
5. Setalah adonan selesai digoreng maka sajikan. Gaguduh khas Lampung yang masih hangat akan terasa lebih nikmat disantap.

Nah itulah 5 langkah atau cara membuat gaguduh Lampung yang mudah simpel dan tidak memerlukan banyak biaya ini.

Resep kue gaguduh pisang Lampung ini juga bisa dikreasikan dengan beberapa pilihan. Misal dengan menambakan beberapa taburan diatas gaguduh seperti keju, ceres, gula putih halus dan lainnya.  Pelu diketahui bahwa pisang kepok memiliki rasa manis, tambahan gulamerah pun menambah gagudh menjadi legit. Artinya jika anda memberi tambahan seperti diatas bisa menambah sangat manis. Bisa jadi manisnya mengalahkan kue lapis legit khas Lampung yang selegit madu itu.

Resep kue gaguduh pisang Lampungi ini jua bisa dikreasikan bentuk-bentuknya. Hal ini karena tidak ada aturan untuk membentuk gaguduh. Saat menggoreng hanya dengan cetakan dari taungan sendik yang akan membentuk bulat, lonjong dan bentuk lain yang tidak beraturan. Adonan memang lembek, jadi susah untuk dibentuk. Tapi anda yang ingin membentuknya bisa dengan cara agak tidak melembekannya. 

Apakah gaguduh ini bisa ditambah dengan bahan lain pada adonan saat sebelum digoreng ?

Jawabannya tentu bisa-bisa saja. Misal ditambah dengan jagung yang telah direbus. Jadi anda bisa menambahkan jagung pada adonannya. Kue dengan warna cokelat ini pada dasarnya sangat mudah untuk dikreasi dan dimodifikasi. Anda bisa menuangkn ide-ide an inovasi anda untuk membuat makanan ini semakin lezat, mewah dan bernilai gizi tinggi. Selamat mencoba.

Demikianlah informasi terkait cara membuat gaguduh Lampung dan resepnya. Semoga bisa menjadi referensi anda. 
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter