Wednesday, July 11, 2018

Kunci Gamolan Lampung dan Cara Memainkan Cetik

Majalah LampungKunci Gamolan Lampung, atau cara memainkan alat musik cetik.  Si alat tradisonal Lampung yang kini sudah sedikit sulit untuk dilihat atau dijumpai. Gamolan Lampung atau juga disebut cetik dan gamolan pekhing adalah alat musik tradisonal khas Lampung. Artinya bawah ini merupakan salah satu kategori budaya berbentuk alat musik dari provinsi di ujung Sumatera ini. 

Kunci Gamolan Lampung
Seorang sedang memainkan Gamolan (Sumber Youtube)

Lalu bagiaman cara memainkannya ? Apakah ada makalah tentang gamolan Lampung ? Kunci gamolan Lampung seperti apa ? Not, sejarah dan tangga nadanya bagaimana ? Not Gamolan Lampung ? Tangga Nada Gamolan Lampung ? Tabuhan Gamolan Pekhing ?

Bentuk galoman Lampung jika dilihat dengan sekilas serupa dengan gamelan Jawa. Cara memainkannyapun dipukul. Dari beberapa gambar dan sumber, terlihat bahwa bahan dasarnya adalah bambu. 

Bambu yang dibelah dan telah dipotong dengan ukuran tertentu kemudian dipasang diatas penyanganya atau tempatnya yang juga merupakan bambu dan ada juga modifikasi yang dari kayu. Beberpa potongan bambu itu kemudian dipukul dan menghasilkan suara yang bebeda. 

Untuk kunci gamolan Lampung mungkin berdasarkan sususan pada bambu yang dipasang dengan ukuran yang berbeda-beda tersebut. Dari beberapa sumber mengatakan bahwa ada banyak kesulitan untuk mengungkap atau mengetahui kunci gamolan Lampung ini. Karena memang penggunannya sudah sangat jarang.

Bahkan dulu saat masih sering digunakan pun, hanya kalangan tertentu saja yang mengerti atau paham. Oleh sebab itulah kunci dan cara main gamolan Lampung ini “tersembunyi”.

Cara Memainkan Alat Musik Cetik Lampung ( Cara Bermain Cetik )

Cetik atau gamolan dan atau disebut dengan nama lain gamolan pekhing ini cara memanikannya adalah dengan cara dipukul. Ada alat pemukul yang kemudian dipukulkan ke arah gamolan hingga menghasilkan suara. 

Kunci Gamolan Lampung atau cetik ini hampir sama dengan gamelan Jawa kuno. Gamolan kuno (Jawa)memiliki delapan bilah bambu yang sejajar di atas satu bongkahan bulat bambu sebesar sekitar lengan orang dewasa. Delapan bilah bambu masing-masing mewakili delapan tangga nada, yaitu do re mi fa so la si do. Sementara, gamolan modern hanya memiliki tujuh bilah bambu yang mewakili tujuh tangga nada. Satu tangga nada yang hilang adalah tangga nada fa. Margaret mengatakan, dirinya pun belum memahami alasan penghapusan tangga nada fa.  

Jadi untuk nada atau not gamolan Lampung yakni do re mi so la si do. Sedangkan untuk cara penggunaan atau memainkannya dengan cara dipukul.

Baca Juga 

Demikianlah informasi terkiat kunci gamolan Lampung atu juga cara memainkan alat musik cetik. Semoga bisa menjadi referensi anda.
2 comments:
Write comments
  1. Kalo liat alat2 musik tradisional semisal gamolan ini, pingin deh, bisa memainkannya. Dulu pernah mau belajar cara memainkan gitar tunggal gara2 liat penyanyi lagu2 Palembang, Sailin, yang menyanyi dengan iringan gitar tunggal yang ia petik sendiri. Wonderful. Serasa balik ke zaman baheula gitu. Sayangnya, ga banyak yang mau melestarikan.

    ReplyDelete
  2. Sayang memang jika tidak ada yang melestarikan, sebenarnya ini tugas kita bersama untuk melestarikan budaya Lampung

    ReplyDelete

Join Our Newsletter