Tuesday, July 10, 2018

10 Langkah Membuat Gamolan Lampung Atau Cetik

Majalah Lampung – Langkah Membuat Gamolan Lampung Atau Cetik. Salah satu alat musik asal Lampung adalah gamolan. Nama lain alat musik tradisonal ini adalah gamolan pekhing dan juga cetik Lampung. 

Langkah Membuat Gamolan Lampung
Sumber foto gamolaninstitute.blogspot.com

Cukup banyak yang penasaran dengan bagaimana cara membuat alat musik cetik dan juga cara membuat gamolan pekhing. Makum saja, cukup sulit untuk menjumpai cetik atau galoman Lampung disekitar kita, apalagi orang yang membuatnya.

Alat musik yang penggunaanya dengan cara dipukul ini terbuat dari bahan dasar bambu (pekhing). Jadi jika anda yang belum tahu apakah bahan baku dari gamolan maka jawabannya adalah bambu. Suara yang dihasilkan layaknya tabuhan-tabuhan alat musik dari bambu lainnya. Perlu diketahui , dihimpun dari sebuah jurnal ternyata proses pembuatan alat musik cetik cukup lama, bambunya juga harus bambu pilihan yaitu bambu betung. 

Hanya bambu dengan kualitas yang paling baik yang disebut dengan mati temegi, artinya bambu betung yang sudah tua atau mati dengan sendirinya, dan biasanya bambu seperti ini banyak terdapat di hutan.  

Dari banyaknya spesies bambu, yang dipilih adalah bambu betung. Bambu betung adalah salah satu jenis bambu yang memiliki ukuran lingkar batang yang besar. Bambu betung merupakan tanaman yang memiliki dinding tebal dan kokoh serta berdiameter dapat mencapai lebih dari 15 cm. Bambu betung ini dapat dijumpai di daerah dataran rendah hingga dataran tinggi (2000 meter) dan tumbuh subur pada lahan yang basah. 

Di Lampung bambu ini cukup mudah dijumpai, bahkan ada salah satu kawasan hutan dengan limpahan bambu betung yang luar biasa yakni Gunung Betung di Pesawaran. Bambu ini memiliki aneka nama lokal seperti bambu betung pada masyarakat Lampung; oloh otong pada masyarakat Gayo; trieng betong pada masyarakat Aceh; lewuo guru pada masyarakat Nias; awi bitung pada masyarakat Sunda; pring petung, deling petung, jajang betung pada masyarakat Jawa; pereng petong pada masyarakat Medan; bulo patung, bambu patong pada masyarakat Makasar; awo petung pada masyarakat Bugis; dan bambu swanggi pada masyarakat Banda.   

Tahap awal dalam proses pembuatan alat musik cetik, didahului dengan penyediaan bambu betung. Bambu betung sepanjang delapan meter kemudian disimpan selama enam bulan sampai setahun, selanjutnya bambu tersebut di potong-potong menjadi lima bagian, dan dibelah menjadi beberapa bilah yang disesuaikan dengan kebutuhan nada. 

Langkah selanjutnya adalah pelarasan nada, kemudian bambu disusun di atas bambu yang sudah dilubangi agar bilah bambu menghasilkan resonansi suara yang bulat. Sepintas membuat alat musik ini tidak begitu sulit, namun menyelaraskan nadanya yang agak sukar. Cara menentukan bambu yang baik  untuk bahan alat musik cetik bisa digunakan dengan cara memilih bambu betung. Pemilihan bambu betung dimaksudkan untuk menghasilkan suara bunyi yang bagus. 

Setelah memilih bambu betung yang sudah tua dan kelihatannya baik untuk diolah. Bambu tersebut tidak langsung diproses, namun harus dibiarkan beberapa saat atau diangin-angin selama 6 bulan sampai 1 tahun.   

Secara ringkas berikut ini adalah langkah membuat gamolan Lampung atau cara membuat alat musik cetik:

1. Mencari bambu betung yang tua (mati temegi) dengan panjang delapan meter.
2. Menyimpan Bambu selama setengah tahun sampai satu tahun (untuk mengeringkan)
3. Setelah disimpan, potong bambu menjadi 5 bagian
4. Belah bambu menjadi beberapa bilah sesuai kebutuhan dan perencanaan
5. Pelarsan nada pada bambu
6. Penyusunan bambu diatas kerangka bambu pada gamolan atau cetik
7. Pemberian cat atau vermis 
8. Penyesuaian bentuk dengan renaca awal
9. Tes suara dan kondisi kesiapan
10. Gamolan siap digunakan 

Adapun Bahan dan Alat yang perlu disiapkan untuk Membuat Gamolan Lampung

1. Bambu
2. Cat kayu atau pernis
3. Golok
4. Pisau serut
5. Gergaji
6. Bor kayu 
7. Kuas
8. Tali

Untuk Lebih Jelas Baca Juga: 
Kunci Gamolan Lampung 

Anda juga bisa melihat gambar dibawah ini untuk kemudian membuat sketsa pembuatan awal. (Bambu yang dibelah diletakan pada bambu bulat dibawahnya dan kemudian diikatatau dilekatkan)
Demikianlah informasi terkiat adalah langkah membuat gamolan Lampung atau cara membuat alat musik cetik. Semoga bisa menjadi referensi bagi anda. Sumber informasi kami himpun dari Jurnal Patanjala Vol. 9  No. 1 Maret  2017 dengan judul Antoni Pengrajin Cetik Dari Kabupaten Lampung Barat; Kajian Nilai Etos Kerja (Antoni, A Cetik Craftsman From District Of West Lampung;  A Study On The Work Ethic Value) Oleh Yuzar Purnama (Balai Pelestarian Nilai Budaya Jawa Barat)
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter