Friday, July 6, 2018

Makalah Gamolan Lampung Lengkap

Majalah Lampung – Jika anda ingin mencari tahu mengenai alat musik gamolan Lampung atau cetik atau juga gamolan pekhing maka anda bisa membaca artikel makalah gamolan yang lengkap baik dalam bentuk online, pdf, buku, jurnal, skripsi dan lainnya.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa gamolan Lampung atau juga disebut cetik dan gamolan pekhing adalah alat musik tradisonal khas Lampung. Artinya bawah ini merupakan salah satu kategori budaya berbentuk alat musik.

Berikut ini Bagaimana Contoh Makalah Gamolan Lampung

Pendahuluan Makalah

Alat musik merupakan sebuah instrumen atau alat yang sengaja dibuat, digunakan, dibentuk, dimodifikasi dengan  tujuan menghasilkan musik (suara). Yang kita kenal saat ini terdapat dua jenis alat musik yakni taradisonal (daerah) dan juga modern. Keduanya memiliki komparasi dalam hal bentuk, pembuatan dan juga artistiknya.



Alat musik daerah adalah sebuah alat musik yang berasal dari suatu daerah tertentu yang menjadi khas daerah itu dan terdapat perbedaan baik nama serta bentuk dengan daerah lain. Meskipun begitu tak jarang beberapa daerah memiliki alat musik yang mirip dan serupa, tapi berbeda nama. 

Makalah Gamolan Lampung
Gambar Gamolan Lampung

Sedangkan untuk alat musik modern yakni alat musik yang telah diberikan sentuhan lebih dalam hal teknologi. Kita juga tidak bisa memungkiri bahwa alat musik modern, terkadang adalah modifikasi dari alat musik tradisional. Kesan monoton dan kaku ala jaman dulu dimodifikasi agar alat musik mudah digunakan dan juga lebih menarik serta memberikan variasi nada.

Salah satu alat musik daerah khas Lampung adalah Gamolan. Alat musik yang terbuat dari bahan bambu ini dimainkan dengan cara di pukul sehingga menghasilkan nada. Kemudian nada-nada itu dibedakan berdasarkan not atau tangga nadanya. 

Tujuan Pembuatan Makalah

Mengetahui apa itu gamolan Lampung dan juga bagaimana cara melestarikannya. Terutama dikalangan kaula muda. Hal ini untuk Menjamin keberadaanya di masa sekarang dan yang akan datang. Sembari meningkatkan pengenalnnya melalui sebuah makalah mengenai gamolan Lampung yang merupakan alat musik tradisonal Indonesia dari Lampung.

Isi Makalah 

Gamolan adalah sebuah alat musk tradisonal Lampung yang penggunaanya dengan cara dipukul. Alat ini membunyikan suara khas dari hasil pukulan pada tiap-tiap tangga nada pada bambu yang dipukul. 
Alat musik tradisional Lampung yang juga disebut dengan cetik ini telah eksis sejak jaman . Gamolan atau cetik hanya dimainkan saat upacara adat tertentu dan untuk menyambut tamu penting. Hal yang menyebabkan lambannya perkembangannya. Inilah yang membuat susah untuk mempelajarnya. Misal ada yang ingin mempelajari:

Jelaskan Sejarah Gamolan Lampung atau Cetik Lampung

Cara memainkan Gamolan Lampung atau Cetik Lampung

Kunci Gamolan Lampung atau Cetik Lampung

Asal-usul Gamolan Lampung atau Cetik Lampung

Pencipta Gamolan Lampung atau Cetik Lampung

Masih adalah Gamolan Lampung atau Cetik Lampung ?

Gambarkan Gamolan Pekhing

Perbedaan Gamolan Lampung dan Gamolan Jawa

Dan masih banyak lagi

Dihimpun dari berbagai sumber, dikatakan bahwa pada jaman dulu permainan musik gamolan atau cetik terbatas pada seniman-seniman musik tertentu dan hanya di beberapa sanggar-sanggar kesenian Lampung saja. 

Harapannya penggunaan alat musik ini bisa semakin populer di jaman sekarang ini atau jaman now yang kekinian ini. Salah satu caranya yakni memakainnya saat ada acara-acara adat, pernikahan, acara kontes, festival dan lainnya.

Pihak dinas pendidikan serta kebudayaan provinsi Lampung pun harus menyelamatkan alat musik ini dengan cara mencari para ahli yang paham secara mendalam. Kemudian ditulis dalam bentuk buku atau dipublikasikan dalan jurnal atau makalah ilmiah dan atau publikasi secara online. 

Kenapa itu harus dilakukan ? Karena penting sekali bagi generasi mendatang. Percuma saja jika mereka hanya tau alat dan bentuk tanpa tau bagaimana cara memainkannya serta sejarah dan asal-usulnya. Jika sudah demikian, perlahan tapi pasti gamolan Lampung bisa saja tak dikenal dalam beberapa dekade mendatang.

Penutup Makalah Gamolan Lampung

Gamolan Lampung sebagai alat tradisional khas Lampung harus dilestarikan. Caranya dengan mengenal, mampu memainkannya serta hal lain yangmendukung keberadaan dan eksistensinya. Dalam hak ini dinas pendidkan dan kebudayaan diharapkan mempunyai program yang mengurusi hal ini. Dan masyarakat juga harus ikut berperan aktif. 

Demikianlah informasi terkait makalah gamolan Lampung atau cetik dan atau juga gamolan pekhing. Semoga bisa menjadi referensi anda. Bagi anda yang mencari jasa pembuatan Makalah di Lampung untuk menyelesaikan tugas, anda bisa menghubungi WA: 0857 3913 6813. 
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter