Friday, August 17, 2018

Backpacker Ke Pulau Pahawang Lampung dari Jakarta Cuma Rp 163 K

Majalah Lampung – Anda ingin Backpacker Ke Pulau Pahawang Lampung dari Jakarta, kami punya ulasan berdasarkan pengamlan salah seorong tim yang melakukan wisata ransel beberapa waktu lalu. Bersama 3 orang rekannya, ia backpackeran hingga sampai ke Lampung.

Backpacker Ke Pulau Pahawang Lampung dari Jakarta
Foto Ist

Sebelumnya, anda perlu mengetahui bahwa Pahawang atau Pulau Pahawang ini berada di pesisir teluk Lampung. Lokasinya terpisah dari Pulau Sumatera, artinya anda harus menyeberang 2 kali jika dari Jakarta via Bakauheni. Pertama anda menyeberang ke Bakauheni dan yang kedua anda harus menyeberang dari Lampung ke Pulau Pahawang.

Backpacker Ke Pulau Pahawang Lampung dari Jakarta 
Anda bisa berangkat dari Terminal Kalideres untuk menuju Pelabuhan Merak. Tarif bus dari Kalideres ke Merak sebesar Rp. 23.000. Kemudian anda bisa menyeberang dengan kapal, tarifnya sebesaer Rp. 15.000 per orang. Setelah menginjakan kaki di Pelabuhan Bakauheni, anda bisa melanjtukan perjalanan ke menuju Terminal Rajabasa menggunakan bus dengan tarif Rp. 30.000.

Sekitar 2 jam dari Bakauheni, anda akan tiba di Rajabasa. Selanjutnya anda bisa mencari transportasi dari Bandar Lampung ke Dermaga Ketapang. Dermaga Ketapang Pesawaran adalah dermaga penyeberangan menuju wisata Pulau Pahawang

Nah, dari Rajabasa inilah transportasi menuju Dermaga Ketapang susah-susah gampang untuk ditemukan. Jika beruntung anda bisa menemukan travel dengan tarif sebesar Rp. 50.000. Jika anda tidak menemukan travel menuju Dermaga ketapang dari terminal Rajabasa, anda bisa menuju ke Gudang Garam Teluk Betung Bandar Lampung untuk mencari angkutan menuju Padang Cermin Pesawaran. 

Angkutan tersebut yakni mobil pick up jenis SS yang terbuka. Anda bisa menaikinya dan turun di Dermaga Ketapang. Tarinya sekitar Rp. 25.000. Selain pick up anda juga bisa menaiki travel dengan tarif sekitar Rp. 50.000 (Jika ridak ada angkutan pick up).

Setelah Sampai di Dermaga Ketapang
Jika anda sudah sampai di Dermaga Ketapang, anda bisa menyeberang ke Pulau Pahawang dengan perahu. Tak akan susah menemukan perahu yang bisa menghantarkan anda, kecuali malam hari rasanya ada banyak yang siap menghantarkan. Untuk tarif per kapal berkisar anatar Rp 400.000 (Hari biasa) sampai Rp. 80.000 (Hari libur). 

Satu kapal bisa menampung sampai 10 orang, artinya jika anda pergi bersama 10 orang teman anda hanya akan menghabiskan uang sebesar Rp.40.000 untuk  menyeberang di hari biasa. Namun tarif Transportasi Bandar Lampung Ke Pahawang ini pasti bakal terebayar kok kalau sudah melihat beningnya air laut disana.

Penginapan di Pulau Pahawang
Bagi anda yang ingin menginap di Pulau Pahawang ada banyak pilihan cottage mulai dari harga ala mahasiswa bacpackeran sampai dengan kelas traveler elit. Dari pantauan kami ada villa dengan kapasitas 12 sampai 24 orang dengan tarif Rp.3000.000 per malam. Ada juga penginapan homestay dengan tarif sekitar Rp. 700.000 per malam dengan kapasitas sampai 5 orang. Anda juga bisa menginap di homestay yang dikelola masyarakat dengan tarif sekitar Rp. 500.000 per malam untuk dua orang.

Total Biaya yang dikeluarkan Selain Menginap dan Makan
Kalideres - Merak: Rp 23.000 (Bus)
Merak - Bakuheni: Rp. 15.000 (Kapal)
Bakauheni – Rajabasa: Rp. 30.000 (Bus)
Rajasaba - Gudang Garam Teluk Betung: Rp.20.000 (Ojek Online)
Teluk Betung – Demaga Ketapang: Rp. 25.000 (Angkutan Umum Pick Up)
Dermag Ketapang - Pulau Pahawang: Rp. 50.000 (Perahu jika sendiri)
Toral: Rp 163.000

Hitungan itu jika normal, artinya anda tidak menaiki jasa mobil travel (mini bus). Misal jika anda tidak menemukan bus dari Bakauheni ke Rajabasa maka anda menggunakan travel dengan tarif Rp.50.000.  Demikianlah informasi terkait backpacker ke Pulau Pahawang Lampung dari Jakarta. Anda bisa mengikuti langkah ini untuk menekan biaya, selamat berlibur. 
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter