Wednesday, August 22, 2018

Menghitung Biaya Hidup di Bandar Lampung Saat Ini

Majalah Lampung – Berapa sih sebenarnya rincian dari Biaya Hidup di Bandar Lampung Saat Ini ? Kami akan mencoba menelisik atau mengulasnya dari pengalaman hidup kami selama 6 tahun tinggal di Bandar Laampung. Dan juga dari beberapa sumber yang kami temui di lapangan. 

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa Kota Bandar Lampung adalah kota terbesar di Provinsi Lampung. Jika merujuk pada Wikipedia, Bandar Lampung adalah kota terbesar ketiga di Sumatera setelah Medan dan Palembang. Dan, Bandar Lampung juga merupakan salah satu kota besar di Indonesia dan salah satu kota berpenduduk padat diluar Jawa.

Biaya Hidup di Bandar Lampung
Biaya Hidup di Bandar Lampung

Untuk etnis, suku dan agama yang tinggal di Bandar Lampung sangat beragam. Suku Lampung, Jawa, Sunda, Jaseng, Semende, Tionghoa, Palembang, Batak, Padang, Bugis dan Papua tercatat tinggal di Bandar Lampung baik itu bekerja, bertempat tinggal (menetap) maupun studi. Untuk agama didominasi oleh Islam kemudian diiukuti Katolik, Protestan, Hindu dan Konghucu serta kepercayaan lain. Ragamnya suku, etnis dan agama ini membuat kota berjuluk Tapis Berseri ini layaknya The Litle Indonesia.

Sebelum membahas mengenai biaya hidup di Bandar Lampung, kami akan memberikan beberapa sisi lain kota ini seperti tempat wisata, fasilitas, pendidikan dan juga hal-hal lainnya. 

Wisata di Bandar Lampung
Ya, layaknya Bandung yang punya banyak tempat wisata di kawasan kota. Bandar Lampung juga memiliki banyak spot wisata. Khususnya wisata berbasis bukit yang memiliki pemandangan apik view kota. Berikut adalah contohnya: Bukit Sindy, Lembah Hijau, Puncak Mas, Rumah Strowbery, Air Terjun Batu Putu, Camp 91, Bukit Sakura dan lainnya.

Fasilitas Umum
Rumah sakit, tempat ibadah dan juga sekolah di Bandar Lampung bisa dibilang baik. Untuk rumah sakit di Bandar Lampung, ada RSUD Abdul Muluk yang menjadi rumah sakit umum daerah. Selain itu juga ada banyak rumah sakit swasta seperti Graha Husada, Bumi Waras, Advent, Urip Sumohargo, Imanuel dan lainnya. Untuk pendidikan dari jenjang PAUD hingga Perguruan Tinggi di Bandar Lampung sangat banyak. Bahkan di Bandar Lampung juga sudah terdapat perguruan tinggi terkemuka seperti Unila, Universitas Teknokrat Indonesia, Universitas Malahayati dan lainnya. Khusus untuk Unila yang sudah terakreditasi A, telah menjadi incaran banyak pemuda dari luar Lampung.

Fasilitas taman dan ruang terbuka hijau di Bandar Lampung memang belum seapik kota-kota besar lain di Indonesia. Khusus untuk trotoar di Bandar Lampung juga kondisinya belum sebegitu apik. Bahkan di beberapa titik, ada ruas jalan yang tidak bertrotoar .

Bagi anda yang hobi jogging, ada beberapa tempat joging di Bandar Lampung yang bisa anda pilih seperti di Pahoman, PKOR dan Unila. Beberapa stadion di Lampung tersebut memberikan kenyamanan untuk anda berolahraga.

Transportasi 
Untuk transportasi, ada kereta, angkot, BRT, dan juga ojek online serta mobil online seperti Gojek dan Grab. Tarifnya transportasi online di Bandar Lampung pun belum terlalu mahal. Tercatat Rp. 4000 untuk rute paling dekat (motor). Ini tentu sangat murah jika dibanding Jakarta yang tarif sekatnta Rp. 8000. Untuk angkot di Bandar Lampung mulai dari Rp. 3000 sedangkan BRT Rp. 4000. Bagi anda yang membawa kendaraan pribadi, biaya parkir motor di Bandar Lampung sebesar Rp.2000. dan mobil sekitar Rp.4000. Namun untuk di beberapa pusat perbelanjaan biasanya per jam dikenai Rp. 2000 dan selnjutnya setelah 5 jam maka dikenai tarif khusus.

Lalu, Berapa Biaya Hidup di Bandar Lampung Saat Ini

Makan 
Untuk biaya makan di Bandar Lampung bisa dibilang masih murah, nasi tempe, nasi tahu masih dibandrol dengan harga Rp. 5000 sampai dengan Rp.7000 di warung makan. Untuk nasi ayam umumnya mulai dari harga Rp. 9000 sampai dengan Rp.12.000. Nasi ikan mulai dari harga Rp. 8000 hingga Rp.10.000. Nasi padang di Bandar Lampung pun masih murah-murah.

Beberapa menu makan untuk sarapan seperti Nasi uduk di Bandar Lampung, Nasi Urap, Bubur Ayam di Bandar Lampung dan menu ringan untuk sarapan lainnya mulai dari harga Rp. 5000. Bahkan jika anda ingin merasakan nasi uduk khas dengan harga Rp. 3000 masih bisa anda temukan di sekitar Kampung Baru Unila. Untuk tempat makan murah di Bandar Lampung memang masih sangat mudah untuk dijumpai.

Anda juga bisa memesan paket catering untuk makan dengan harga sekitar 350.000 untuk sebulan makan 2 sampai 3 kali. Masih banyak warung makan yang menyediakan paket makan catering untuk bulanan yang lebih hemat. 

Selain makanan, minuman juga masih tergolong murah. Es teh, kopi hitam masih dibandrol dengan harga Rp. 2000 sampai Rp.3000. Jus buah mulai dari Rp. 5000 sampai Rp. 10.000. Beberapa warung kopi dan caffe juga menjual dengan harga di kisaran Rp. 5000 sampai Rp.20.000 untuk berbagai jenis minuman.

Tempat Tinggal
Untuk harga tempat tinggal seperti kontrakan, bedengan dan kosan di Bandar Lampung ada yang sudah mahal dan juga murah. Jika di tengah kota maka akan lebih mahal dibanding di dekat pinggiran atau dekta kampus. 

Harga sewa bedengan di Bandar Lampung mulai dari Rp.4.500.000 per tahunnya. Sedangkan untuk kontrakan berbentuk rumah mulai dengan harga Rp. Mulai dari Rp.7000.000 hingga yang belasan juta per tahun. Untuk kosan per tahun mulai dari Rp. 3000.000 hingga Rp.8000.000 tergantung fasilitas. Khusus untuk kosan bulanan di Bandar Lampung harganya mulai dari Rp. 300.000 per bulan. Untuk anda yang ingin ngekos, berikut rekomendasi kosan di Bandar Lampung.

Untuk perumahan di Bandar Lampung berjenis KPR bersubsidi sewanya mulai dari harga Rp.650.000 per bulannya. Namun dengan uang muka atau DP belasan juta. Contoh rekan kami yang kena harga bulanan Rp.850.000 per bulan dengan dp Rp 21.000.000. Untuk hunian KPR Subsidi di wilayah Kemiling Bandar Lampung.

Besaran Biaya Hidup di Bandar Lampung mempengaruhi Gaji Pekerja ?
Bisa dibilang biaya hidup di Bandar Lampung memang tak semahal kota besar seperti Jakarta dan Bandung serta lainnya. Ini juga mempengaruhi upah minimun pekerja. Sebagaimana yang diketahui bahwa salah satu variabel untuk menentukan besaran gaji adalah besaran biaya hidup. 

Bisa dibilang gaji pekerja di Bandar Lampung masih kecil. Dari pantauan kami berikut beberapa besaran gaji para pekerja: wartawan = Rp.750.000 sd 150.000, Guru Honor Rp. 300.000 sd Rp.500.000. Dosen Honor Rp.3000.000. Kasir mini market Rp. 1700.000. Penjaga warung Rp. 750.000 sd 1500.000. Penjaga boot makanan / minuman Rp. 1000.000. Guru sekolah swasta Rp. 2200.000. Asisten Pribadi Rp. 1500.000. Tak pelak gaji yang kecil ini membuat banyak warga lampung yang merantau ke luar kota. 

Nah, jika anda hendak atau akan tinggal di Bandar Lampung itulah referensi yang bisa anda gunakan terkait biaya hidup di Bandar Lampung saat ini. Bisa dibilang biaya hidup tersebut tidak terlalu tinggi, namun memang sebanding dengan upah pekerja yang juga tidak terlalu besar. 

Bagaiamana ?? Apakah anda tertarik untuk tingal di Bandar Lampung ?
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter