Thursday, August 23, 2018

Budidaya Kecipir Dalam Polybag dan Cara Merawatnya

Majalah LampungBudidaya Kecipir Dalam Polybag. Anda tentu sudah pernah mendengar nama sayuran kecipir. Kecipir atau cipir dengan bentuk memanjang ini menjadi salah satu jenis sayuran khas yang digermari banyak orang. Kecipir bisa dimanakn mentah sebagai lalapan dan juga dimasak dengan berbagai macam cara sepeti tumis dan sop.

Budidaya Kecipir Dalam Polybag
Sumber Gambar Youtube

Tanaman yang merambat ini sebenarnya sangat mudah dalam proses budidayanya. Langkah pertama yang harus anda laukan sebelum menanam adalah menyiapkan benihnya. Benih ini bisa anda beli di toko pertanianya atau membuat sendiri (jika sudah ada batangnya).  Misal jika anda tinggal di Lampung bisa membelinya di toko pertanian di Bandar Lampung. 

Kemudian setelah benih siap, anda bisa menyiapkan lahan untuk penanaman. Tak harus dicangkul, lahan budidaya kecipir hanya perlu dilubangi dengan kayu (tajuk). Lubangi tanah sedalam tujuh cm dengan diameter enam cm. Jika lahan sudah dilubangi, maka benih siap ditanam. 

Satu lubang bisa ditanami tiga sampai empat benih kecipir. Setelah lubang diberi benih, tutup dengan tanah. Anda bisa menutupnya dengan tanah yang mengandung hara tinggi. Setelah dua minggu benih itu akan muncul dan mulai tumbuh ke permukaan.


Sedangkan untuk masa panen atau berbuahnya sekitar dua bulan dari hari tanam. Namun perlu diketahui bahwa umur tanaman kecipir ini bisa bertahun-tahun. Apalagi jika dirawat dengan baik seperti pemupukan. Berikut ini kami jabarkan tahapan budidaya kecipir untuk anda:
Proses pembuatan bibit

Jika anda ingin membuat bibit kecipir, cara membuat bibit kecipir sangatlah mudah. Anda tinggal membiarkan kecipir pada batangnya sampai tua dan berwarna hitam. Kecipir akan menghitam dan megeras, bijinya akn berwarna cokelat kehitman dengan bentuk lonjong.

Pembuatan Lahan Kecipir
Seperti yang dibahas sebelunya, tak perlu dicangkul. Buatlah lahan dengan lubang berjarak 1 meter kali 1 meter. Beri tiang untuk batang kecipir merambat. Bisa dengan bambu atau kayu sederhana.

Penanaman Kecipir
Pilih benih yang unggul, caranya dengan merendam benih kecipir tersebut. Jika mengapung maka benih itu tidak bagus. Tanam benih yang tenggelam, artinya itu tidak kopong. Bagin organ benih masih utuh dan kemungkinan tumbuh besar.

Perawatan Kecipir
Perawatan kecipir cukup mudah. Anda bisa memberi pupuk kimia mapun ornganik. Pupuk mutiara dan poska cocok untuk meningkatkan produktivitas buah. Lakukan pemupukan dua kali dalam sebulan agar hasilnya bagus. Selain pemumukan anda juga mesti membuang daun yang sudah tua. Perlu juga memberikan insectisida jika ada serangga yang datang seperti ulat dan juga ngengat jahat.

Pemanenan
Ya, sesudah dua bulan anda mulai bisa memanen kecipir. Tiap empat hari sekali kecipir ini akan siap panen, jka telat maka kecipir bisa menua dan tidak bisa dikonsumsi. Petik dengan hati-hati karena kecipir mudah patah.

Penjualan
Harga kecipir memang tak menentu, sayur jenis ini langka. Dari pantauan kami disalah satu lahan pertanian di Lampung Barat harga per kilo gramnya tak sampai Rp. 10.000. Penjualan biasanya dengan cara diikat bukan ditimbang. Hal ini karena kecipir sangat ringan.

Budidaya Kecipir Dalam Polybag
Contoh kecipir muda yang bisa disantap dan kecipir tua untuk bibit (Foto Ist)

Budidaya Kecipir Dalam Polybag 
Cara menaman kecipir dalam polybag sebanarnya juga mudah. Yang perlu anda lakukan yakni menyiapkan plybag yang sudah diisini tanah dan pupuk organik. Untuk ukuran polybag bididaya kecipr hampir sama dengan ukuran polybag menanam strawbery. Tanah dan kompos dengan komposisi perbandingan 1 (tanah) : 2 (kompos).

Setelah tanah siap, maka beri lubang pada bagian tanah itu untuk menaruh benih. Satu polybag bisa anda taruh 3-4 benih. Kemudian benih itu akan mulai tumbuh setelah 2 minggu masa tanam. Nah, karena kecipir hidupnya merambat atau menjalar maka anda harus memberikan rambatan berupa kayu atau tuiang. Tancapkan 2 kayu sebagai tiang dengan tinggi sekitar 150 cm. Bantu batang kecipir untuk merambat. 

Perawatan Budidaya Kecipir Dalam Polybag 
Anda bisa menyiram 2 kali dalam sehari. Beri juga pupuk setiap 2 minggu sekali untuk buahnya. Jika ada serangga maka berikan semprotan insectisida. 

Perlu anda ketahui bahwa budidaya kecipir ini sangat mudah,perawatannya pun tidak rumit. Bagi anda seorang pemula pasti tidak kesulitan untuk menanamnya. Demikianlah informasi terkait cara menanam atau budidaya kecipir dalam polybag dan beberapa ulasan terkaitnya. Semoga bisa menjadi referensi bagi anda sebelum menanam. 
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter