Sunday, August 19, 2018

Hukum Memancing Dengan Cacing: Ini Jawaban Pak Ustad

Majalah Lampung - Hukum memancing dengan cacing memang banyak dipertanyakan. Seperti yang netizen baca pada sebuah website tetang islam yang terkemuka di Indonesia yakni Rumaysho Dalam postingan berjudul “Hobi Memancing” yang telah dibaca oleh ratusan orang tersebut membahas bagaimaa hukum memancing dan hobi memancing dalam islam. Ulasan tersebut menjabarkan bagaimana hobi memancing, judi dalam memaning dan tempat pemancingan dalam pandangan kajian islam.

Ulasan yang terbit pada 2014 lalu ini memang menhasilkan banyak pertanyaan. Pembaca terlihat berkomentar dengan megajukan beberapa pertanyaan. Salah satu pertanyaan tersebut yakni Xp Rogeh Polaeh. “Assalamu Alaikum ustad….. bagaimana hukum memancing dengan umpn cacing ato yg di haramkan,”  tanyanya di kolom komentar bawah postingan kepada pak ustad.

Hukum Memancing Dengan Cacing
Tangkapan layar pada kolom komentar

Pertanyaan itu jika dilihat terbit pada 15 april 2017 pukul 09:19 pm. Tak lama berselang, pukul 11: 14 pertanyaan itu ditanggapi oleh penulis yakni Muhammad Abduh Tuasikal. Dalam tanggapan yang berisi jawaban tesebut ia mengatakan “Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh. Wallahu a’lam, sy blm bisa jawab,” Jawab Muhammad Abduh Tuasikal yang juga terlihat menjawab pertanyaan lain yang diajukan pembaca di dalam kolom komentar.

Pertanyaan yang dijawab dengan jawaban yang memang lumrah karena belum ada sumber atau dalil jelas terkait Hukum Memancing Dengan Cacing membuat kami juga menjadi sedikit bingung.Tak hanya umpan cacing sebenranya yang kami bingungkan adalah terkadang menggunakan cacing hidup sebagai umpan.

Ya, umpan cacing memang menjadi salah satu yang paling mudah, murah dan ampun untuk memancing ikan. Terutama ikan air tawar seperti mujahr, mas, nila dan juga lainnya. Darah yang ada pada cacing dan bentuk serta aroma cacing tekadang lebih cepat memancing ikan untuk segera terjebak dalam kail pancing  saat memancing.

Dari jawaban ustad tersebut terkait Hukum Memancing Dengan Cacing kami menjadi ragu saat akan menggunakan cacing sebagai umpan. Al hasil kami menggunakan alternatif umpan lain untuk menghindari keraguan hati yang kami alami ini. Umpan lumut, nasi, pelet dan lainnya yang bukan dari hewan hidup lebih kami pilih. 

Ya, jujur saja kami dan rekan memang sering menjadikan umpan cacing saat memancing di kolam pemancingan di Bandar Lampung. Setelah membeli peralatan di toko pancing di Bandar Lampung biasanya kami segera menggali tanah untuk kemudian memcari cacing sebagai umpan memancing. 

Ya, di lokasi rumah memang dekat dengan pohon pisang yang dibawahnya hidup cacing kalung dan berbagai jenis cacing lainnya yang mak nyus jika dijasikan sebagai umpan cacing. Namun Hukum Memancing Dengan Cacing ini memang masih belum kami ketahui secara gambalang dan jelas. 
2 comments:
Write comments
  1. bagus sangat kalau ada yang alert tentang hukum haram perkara sebegini..

    saya juga menunggu jawapan..

    mudahan ada jawapan yang positif hendaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kakak, kami juga menunggu. Sembari menunggu kita juga bisa mencari info ke para ahli.

      Delete

Join Our Newsletter