Saturday, August 18, 2018

Kue Buak Tat Lampung: Resep dan Cara Membuatnya

Majalah LampungKue buak tat Lampung adalah salah satu makanan khas Lampung berupa kue dengan rasa manis legit yang lezat. Resep dan cara membuatnya sebenarnya susah susah gampang. Kue ini sering disajikan saat ada acara-acara besar seperti pernikahan, lebaran dan upacara adat Lampug.

Menurut beberapa sumber, kue buak tat adalah kue asli Krui Pesisir Barat. Tekstu kue ini seperti cushion antara bolu dan nastar. Untuk resep dan cara membuat ke buak tat, sebagai berikut:

Kue Buak Tat Lampung
Sumber foto Deskgram

Bahan-bahan untuk 18 porsi
    10 butir telur (telur bebek lebih bagus hasilnya)
    1/2 kg gula halus
    1 1/4 kg terigu segitiga
    1 sdt soda kue
    1 sdm bumbu spekuk
    600 gr margarin (3 bks sachet)
    100 gr butter wysman
    1 kaleng SKM gold
    2 bungkus vanili sachet
    1 sdm minyak ambon/ perisa pisang tanpa warna (optional)
    Isian: selai nanas (homemade lebih bagus)

Langkah-langkah membuat kue buak tat (Estimasi waktu 2 jam)
- kocok margarin dan vanili sekitar 2 menit dengan kecepatan sedang sampai tercampur rata. Kemudian Sisihkan.
- Diwadah berbeda kocok telur, gula pasir halus dan soda kue sampai mengembang kental.
- Campur kocokan mentega kedalam adonan telur. Tambahkan SKM dan minyak ambon aduk rata (teknik aduk balik)
- Masukan terigu dan bumbu spekuk sedikit demi sedikit/ secara bertahap. Aduk perlahan sampai rata. Konsistensi adonan seperti dodol/jenang. Tutup adonan dengan lap basah biarkan selama 2-3 jam.
- Kemudian yuang adonan sampai ukuran 1/3 loyang. 
- Setelah itu ratakan lalu beri isian selai nanas ditengahnya ratakan lagi dan tutup lagi dengan adonan kue. Catatan, usahakan jangan terlalu penuh. Karena kue akan naik sekitar 1cm dari ukuran semula (mengembang).
- Tusuk-tusuk agar membentuk sebuah motif pada bagian atas kue. Gunakan garbu untuk membuat motif ini.
- Kemudian panggang selama 20 menit api bawah 200°c lalu 40 menit 180°c api atas bawah. Atau Tunggu sampai permukaan kue terlihat kecoklatan pertanda kue sudah matang.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat pembuatan kue buak tat Lampung adalah jika menggunakan telur ayam disarankan menggunakan sedikit pewarna kuning agar kue terlihat lebih cantik. Usahakan suhu 18 derajat saat pemanggangan. Jika anda menggunakan oven kompor, anda harus telaten untuk mengontrol panasnya.

Kue Buak Tat Saat Lebaran
Kue ini menjadi kue ‘wajib’ pada perayaan lebaran di Pesisir Barat. Tanpa kue ini rasanya bukan hari lebaran. Ya, kue ini menjadi kudapan untuk tamu tang datang saat bersilaturahmi. Biasanya dipotong kecil-kecil bernetuk segi empat atau segi tiga sesuai keinginan. Kue ini juga lebih nikmat jika dijadikan untuk teman ngopi atau minum teh. Bagi anda yang gemar mencelupkan kue ke minuman maka kue ini  bagi anda.

Demikianlah informasi terkait kue buak tat Lampung dan cara membuatnya, semoga bisa menjadi referensi anda.  Bagi anda yang membuatnya bisa mengunggah di sosial media terkait resep dan gambarnya, silahkan tambahkan hastag # Resep kue anak tat # Resep kue tat Krui # Kue tart khas Lampung.
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter