Tuesday, August 21, 2018

Manfaat Berwisata Goa, Kamu Bisa Dapatkan Ini

Majalah Lampung – Ada beberapa Manfaat wisata ke Goa yang bisa anda dapatkan. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa goa adalah sebuah lokasi yang ada di dalam tanah, batu atau tebing yang pada intinya berada pasa sebuah lubang yang kemudian bisa dijelajahi.

Pada jaman batu, goa dijadikan sebagai tempat tinggal. Selebihnya, di jaman selanjutnya beberapa kelompok juga menggunakan goa sebagai tempat tinggal. Goa juga digunakan sebagai tempat bersemedi, berlidung dan juga hal-hal lain.

Manfaat Berwisata Goa
Sumber foto Ist

Salah satu Goa yang terkanal di Indonesia yakni Goa Jatijajar. Harga tiket masuk Goa Jatijajar yang terjangkau dan juga nilai sejarah yang ada di dalamnya menjadikan goa ini ramai oleh pengunjung.  Di Lampung, ada goa lawa Lampung Timur yang juga cukup terkenal.

Sebenarnya ada manfaat wisata ke goa yang tidak didapatkan ketika berwisata di tempat lain. Pertama adalah kesan sunyi yang didapatkan. Ya, anda akan dibawa ke nuansa tidak terang alias gelap khas goa yang berbeda dengan spot wisata seperti pantai dan wisata lainnya.

Yang kedua adalah nilai sejarah dari goa tersebut. Anda bisa mendapat wawasan baru terkait terjadinya pembentukan goa dan sejarah lain yang terkandung di dalamnya. Misal, ada sebuah goa yang ternyata dulunya bekas tempat tinggal sebuah kelompok atau suku. Atau goa yang ternyata bekas tempat bersemedi atau bertapa pada jaman kerajaan.

Manfaat ketiga yakni udara segar yang bisa dihirup. Ya, kebanyakan goa berlokasi dekay dengan perbukitan, tebing dan jauh dari erkampungan atau hiruk pikup yang membuatnya jauh dari polusi udara. Jadi, liburan ke goa bisa menjadi salah satu alternatif detokfikasi bagi anda. Ke empat yakni kegunaan untuk melepas penat anda. Berlibur kemanapun bisa membuat fresh otak setelah padat dengan aktivitas kerja dan belajar. 

Nah, manfaat berwisata ke goa tersebut bisa anda dapatkan ketika anda berlibur ke goa yang sudah dikelola menjadi sebuah tempat wisata. Jika goa tersebut belum dikelola, maka ada resiko untuk dimasuki.

Goa yang belum dikelola dan jarang dijamah berpotensi menjadi tempat tinggal hewan liar yang bisa berbahaya. Selain itu, keadaan goa gelap jika belum diberi penerangan oleh pengelola. Dan aura goa yang sunyi terkadang membuat seram dan terkesan mistis. 

Selamat berwisata ke goa.
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter