Sunday, August 19, 2018

Manfaat Dan Kandungan Gizi Gulai Taboh Lampung

Majalah LampungBagi anda pecinta gulai taboh Lampung, tentu penasaran dengan Manfaat Dan Kandungan Gizi Gulai Taboh Lampung. Ya makanan khas Lampung yang mungkin sering anda konsumsi ini sebenarnya mengandung beberapa gizi dari bahan dasar pembuatannya.

Kandungan Gizi Gulai Taboh Lampung
Foto Dunia Indra

Ya bahan dasar pembuatan gulai taboh pada umumnya adalah ikan laut, ikan air tawar dan juga udang. Ketiga bahan dasar tersebut mengandung gizi penting bagi tubuh anda. Berikut kami uraikan:

Kandungan Gizi Ikan Tuna (jika menggunakan ikan tuna)
Tahukah anda bahwa ikan tuna tinggi akan protein dan omega tiga. Keduanya sangat penting untuk tubuh. Ikan juga penting untuk perkembanga otak anak-anak, hal ini karena minyak ikan yang terkandung di dalamnya. 100 gram ikan tuna, akan memberikan anda 23,4 gram protein.  Ikan tuna sering digunakan sebagai bahan pembuatan gulai taboh. Selain rasanya yang enak, ikan jenis ini juga mudah ditemukan.

Baca Juga: Resep Gulai Taboh 

Kandungan Gizi Ikan Mujahir (jika menggunakan ikan muhahir)
Ikan mujahir yang kadang kita sepelekan karena ukurannya kecil dan memiliki banyak duri ini ternyata memiliki kandungan gizi yang memadai untuk pertumbuhan tubuh. Ikan ini sebagai sumber omega 3, vitamin B 12, Vitamin B – 3, Vitamin B 6 dan asam pantotenat. Beberapa kandungan tersebut mampu memberikan manfaat berupa menjaga kesehatan tulang, mencegah kangke prostat, baik untuk kesehatan jantung, meningkatkan kemapuan kesehatan otak, mencegah penuaan dini dan sebagianya. Ternyata banyak ya manfaat mujahir, jadi anda bisa menjadikan ikan mungil ini sebagai bahan pembuatan gulai taboh ya.

Kandungan Gizi Santan
Ya, sangat jelas bahwa santan adalah kuah yang digunakan dalam pembuatan gulai taboh khas Lampung ini. Perlu anda ketahui bahwa kandugan gizi santan kepala yang digubakan pada gulai taboh yakni kalori, protein, lemak, gula, kalsium, natrium, fosfor, zat besi dan tembaga. Penggunaan santan kelapa yang tidak berlebihan akan memberikan citarasa yang enak pada gulai taboh dan bermanfaat bagi tubuh kita.

Sayuran 
Gulai taboh tak hanya berbahan dasar ikan saja, ada sayuran dengan kandungan serat yang baik untuk pencernaan. Jagung muda dan kacang panjang serta rebung kaya akan serat yang bisa membuat lancar pencernaan. 

Bumbu
Lengkuas, daun salam dan kunyit yang digunakan akan menambah kandungan gizi pada gulai taboh. Bumbu yang termasuk bahan herbal ini umumnya banyak mengandung antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Cek disini: Bumbu gulai taboh 

Udang
Salah satu resep gulai taboh Lampung menggunakan udang sebagai pengganti ikan. Kita tentu sudah familiar dengan kandungan gizi dari udang ini. Kalori, lemak hewani, karbohidrat dan juga protein pada udang cukup tinggi.

Mari Kita Pahami: Sejarah Gulai Taboh Lampung

Manfaat gulai taboh bisa anda dapat dari bahan-bahan yang menjadi racikan pembuatannya. Kandungan gizi gulai taboh seperti yang diuraikan diatas tentu akan membantu anda dalam meningkatkan kesehatan tubuh.

Demikianlah informasi terkait manfaat dan kandungan gizi gulai taboh Lampung si makanan khas Lampung yang citarasanya lezat dan mak nyus ini. Selamat menyantap gulai taboh  
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter