Tuesday, August 21, 2018

Hati-hati, MLM Berkedok Perusahaan Lain Sebar Loker, Yuk Lebih Cermat

Majalah Lampung – Bekerja adalah mimpi kebanyakan orang, apalagi untuk mereka yang baru lulus sekolah atau kuliah. Namun kita sangat paham bahwa di negara kita tercinta ini sangat susah mencari lowongan pekerjaan. Al hasil kini ada jutaan pengangguran.

Situasi langka pekerjaan ini banyak dimanfaatkan oleh banyak oknum untuk melakukan hal-hal yang tidak benar seperti: penipuan lowongan, rekrut MLM berkedok lowongan kerja perusahaan, sebar lowongan untuk hipnotis, perusahaan bodong dan lainnya yang intinya bukan sebuah lowongan kerja resmi.

Belum lama ini salah seorang rekan tim kami mengalami kenaasan. Ia mendapat infomasi lowongan kerja di sebuah situs loker online di Lampung. Dalam postingan tersebut, lowongan bertuliskan untuk PT BL (Inisial).

PT BL tersebut membuka lowongan untuk 3 posisi yakni Humas, HRD dan Bisnis Konsultan. Dalam postingan tersebut ditulisakan DIBUTUHKAN SEGERA yang membuat loker tersebut serasa penting atau urgent. 

Dicantumkan juga nomor WA yang bisa dihubungi. Rekan kami pun menghubungi nomor wa tersebut dan mendapat balasan menegnai lokasi intervew. “Senin kita ada jadwal walk interview di kantor kita jam 08:30. Silahkan ikut seleksi interview senin pagi,”. Keseokan harinya rekan kami medatangi lokasi intervew di pusat Kota Bandar Lampung.

Chating rekan kami bersama salah kontak dari perusahaan

Namun ternyata bukan walk interview yang didapat melainkan training. Rekan kami dibawa kedalam sebuah ruangan bersama pelamar kerja lain untuk mendengar pemateri asal Surabaya. Materi tersebut terkait finansial.


Mulai dari investasi uang dan emas dijelaskan pada pelamar kerja yang bergam umur mulai dari lulusan SMA, D3 dan juga S1 tersebut. Tapi dalam benak rekan kami mengatakan bahwa ini seperti perekrutan MLM. “Ini kok kayak MLM ya, setau saya intervew mah wawancara terkait diri pelamar kerja bukan malah diberi materi panjang yang gak jelas gini,” ujarnya.

Kejanggalan mulai terlihat. Pemateri mulai menjanjikan jalan-jalan gratis keluar negeri, bonus uang puluhan juta dan juga hal-hal lain yang indah-indah. Dan pada beberapa kesempatan ia mengatakan bonus tersebut akan diberi ketika karyawan mampu merekrut orang baru atau karyawan baru.

Kemudian mendekati waktu tengah hari acara tersebut selesai. “Besok kita ketemu lagi ya, saya akan jelaskan mekanisme kerja,” ujar pemateri menutup acara yang ternyata bukan seperti yang ditulis pada loker tersebut.

Kemudian rekan kami memutuskan untuk tidak datang pada esok harinya. Dan, setelah itu sore hari ada temannya yang sedang kuliah di Unila mengatakan perusahaan tersebut adalah MLM (Multi Level Marketing).

Jadi loker yang diberikan atas nama PT BL tersebut ternyata adalah lowongan kerja untuk PT MLM Berinisial S. Hmmmm ini penipuan bukan ya ???

Sehari setelahnya, rekan kami pun menanyakan via wa yang ia hubungi saat sebelum datang ke intervew tersebut. Ia menanyakan dengan baik apakah pemasangan loker di salah satu situs loker di Lampung tersebut salah tulis nama perusahaan. Ia juga menambahkan pertanyaan terkait jadwal interview yang malah diginakan untuk training. Dan pertanyaan tersebut sudah ceklis 2 di WA namun tidak ditanggapi hingga kini. Hmmm.

Rekasn kami menanyakan

Dari peristiwa ini kita dapat mengambil hikmah atau kesimpulan, jikaanda mendapat loker maka pastikan dulu perusahaan tersebut ada atau tidak. Jika ada, pastikan juga apakah perusahaan tersebut membuka lowongan kerja atau tidak. Hubungi kontak yang tercantum untuk mengkonfirmasi loker tersebut.

Pastikan proses seleksi tersebut dengan menanyakan bagaimana urutannya, persyaratan dan mekanisme. Umumnya perusahaan besar seperti Pertamina dan BUMN besar serta perusahaan swasta besar lainnya memberikan info di web mereka masing-masing untuk menghindari penipuan yang terjadi dan memperjelas proses rektrutmen karyawan.

Dalam ulasan ini, kami tidak menyalahkan MLM tersebut. Karena pada dasarnya MLM adalah usaha yang legal di negeri ini. Namun kami hanya menyanyangkan proses perekrutannya yang mengatasnamakan perusahaan lain. Perekrutan tersebut juga mengatakan bahwa akan diadakan walk intervew, bukan training.
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter