Thursday, August 23, 2018

Ini Pelajaran Bahasa Lampung Kelas 10 SMA dan MA

Majalah Lampung – Menelisik Pelajaran Bahasa Lampung kelas 10 SMA/ MA yang ada di sekolah-sekolah. Apa saja yang dipejari, materi apa yang disampaikan dan seperti apa pendalamannya ? Berikut ini adalah ulasannya.

Pelajaran Bahasa Lampung Kelas 10 SMA dan MA
Ilsutrasi

Dalam sebuah buku yang diterbitkan oleh salah satu penerbit terkemuka, terdapat 14 bab yang dipelajari. Mulai dari percakapan, adata bidaya dan juga beberapa hal terkait Lampung dimasukan dalam materi pembelajaran tersebut. Berikut adalah daftar isinya:

Bab I
- Percakapan Sawang Semaka

Bab II
- Asihan 
- Sekiman
- Pisaan 
- Dadi
- Incang-incang
- Ringget

Bab III
- Upacara Adat Dadui
A. Sejarah Adat Upacara Dadui
B. Pelaksanaan Adat Dadui
C.  Perlengkapan Upacara Adat Dadui

Bab IV
- Bacaan Betung Begawan

Bab V

Bab VI
- Pakain Pengantin

Bab VII
- Perbandingan Logat Melinting dan Logat Way Lima
- Sejarah Lampung

Bab VIII
- Sughai Chmabia

Bab IX
- Sastra
- Wawasan Dadui

Bab X

Bab XI
- Bacaan
- Keliling Dunia

Bab XII
- Radin Intan II

Bab XIII
- Tari Sigheh Pengentunan

Bab XIV
Perbandingan dua dialek

Mengulas sedikit mengenai beberapa hal diatas yang dijadikan materi.

Percakapan bahasa Lampung atau bahasa Lampung yang dipelajari di Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Pertama adalah dialek O dan A. Pada tingkatan SMA, pelajar diajak lebih jauh yakni mengenal logatnya.

Sastra lisan yang ada di Lampung atau Puisi Lampung sendiri memiliki beberaoa macam diantaranta asihan, sekiman, pisaan, dadi, incang-incang dan ringget. Warisan leluhur ini perlu dipelajari untuk menjamin kelestariannya di masa sekarang dan yang akan datang.

Budaya Lampung sangat banyak, salah satunya adat dadui Lampung. Dengan mengeyahui sejarah, pelaksanaanya dan juga hal-hal terkait lainnya, pelajar bisa mengerti dan paham tentang Upacara Adat Lampung.

Bacaan Bengawan dengan logat melinting diharapkan bisa menjadi bahan bacaan yang dipahami logat dan airtinya. Dialek Api logat melinting diperuntukan untuk etnis Lampung yang berdomisili Lampung Timur (Labuhan Maringgai, Jabung dan Way Jepara).

Pantun merupakan salah satu puisi lama yang berkembang pada kebudayaan melayu. Etnis Lampung menyebut pantun sebagai sagata. Macam-macam sagata Lampung yakni sagata buhaga, sagata sanak ngebambang, sagata nagguh, sagata nyendegh dan sagata lalagan.

Untuk pakaian pengantin adat Lampung, terdapat karakteristik dan maknda yang terkndung di dalamnya. Dalam Pelajaran Bahasa Lampung Kelas 10 ini diharapkan siswa dapat mengerti pakaian pengantin yang kemungkinan bisa ia kenakan kelak.

Perbandingan dua dialek antara logat melinting dan way lima yang ada di Lampung diharapkan meningkatkan kempuan dan pemahanan siswa dalam mendalami bahasa Lampung.

Cerita rakyat sughai sambai dengan logat Way Kanan diharapkan mampu memberikan contoh sehingga para siswa menjadi paham dengan logat tersebut. Untuk dadui, pada acara dadui segala sesuatu disampaikan dalam bentuk syair yang disebut dengan wawacan.

Itulah sedikit ulasan mengenai pelajaran bahasa Lampung kelas 10 SMA dan MA, semoga bisa memnerikan referensi bagi anda.
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter