Saturday, August 18, 2018

Menelisik Sejarah Gulai Taboh Lampung Sejak Jaman Old

Majalah LampungSejarah Gulai Taboh Lampung. Bagi warga Lampung khususnya etnis Lampung, tentu gulai taboh tidaklah asing ditelinga. Makanan khas Lampung dengan kuah khas ini terkenal dengan citarasanya yang lezat an khas. Gulai taboh Lampung memiliki citarasa khas dengan bumbu yang beragam. 

Hingga kini belum ada catatan sejarah gulai taboh secara pasti. Namun asal usulnya yakni dari kegemaran orang Lampung mengkonsumsi ikan. Kemudian karena kesukaaan inilah maka mereka membuat makanan dari kreasi ikan dengan kuah santan bernama Gulai Taboh ini.

Sejarah Gulai Taboh
Sumber foto Ist

Jika ditelisik, ada dua macam gulai taboh. Pertama adalah yang menggunakan ikan laut dengan campuran sayuran daun tangkil, kacang panjang dan rebung (bambu muda). Gulai taboh yang kedua yakni menggunakan ikan air tawar atau sungai dengan campuran tuba (keluwek) dalam proses memasaknya.

Hingga kini makanan ini menjadi salah satu makanan khas Lampung yang favorit. Hampir sama dengan seruit Lampung yang menjadi lauk spesial bagi kalangan yang menyukainya. Nah,bagi anda yang ingin membuatnya dirumah berikut ini kami bagikan resep Gulai Taboh mengunakan ikan laut jenis Tuna:

Baca Lebih Ilmiah: Kandungan Gizi Gulai Taboh

Bahan
- 500 gram ikan tuna
- 8 siung bawang merah yang sudah dihaluskan
- 4 siung bawang putih yang sudah dihaluskan 
- 10 biji cabe rawit
- 3 Butir Kemiri
- Kuyit secukupnya
- 1 batang serai yang digeprek
- Lengkuas secukupnya
- 200 ml santan segar
- 5 buah belimbing wuluh yang diiris
- Jeruk nipis/ lemon secukupnya
- Garam secukupnya
- Penyedap rasa (jika menginnginkan)
- Air secukupnya
- Gula secukupnya
- Daun kemangi secukupnya

Cara pembuatan
1. Bersihkan ikan tuna, cuci hingga bersih kemudian berikan perasan air jeruk nipis/lemon. Biarkan selama 5 menit.
2. Bumbu yang yang sudah dihaluskan kemudian ditumis beserta serai, lengkuas dan kunyit.
3. Setelah bumbu dimasukan maka tambahkan air sevukupnya lalu masukan ikan, beri gula dan penyedap. Masak selama 5 menit dan masukan belimbing wuluh serta santan segar. Tunggu hingga mendidih dan aduk agar santan tidak pecah. Setelah itu tambahkan daun kemangi dan silahkan sajikan.

Nah, itulah ulasan singkat terkait sejarah gulai taboh Lampung dan bagaimana cara membuatnya. Semoga bisa menjadi referensi anda.
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter