Saturday, August 25, 2018

Ini Siger Peminggir, Melinting, Pepadun dan Pesisir Lampung

Majalah LampungSiger Peminggir, siger melinting, siger pepadun dan siger pesisir adalah salah satu pakaian adat Lampung. Siger merupakan aksesoris yang dikenakan di bagian kepala oleh pengantin wanita. Tak hanya itu, di beberapa upacara adat dan pertunjukan tarian Lampung seperti tari sembah siger juga dikenakan.

Secara keseluruhan, ada tiga macam siger Lampung yakni Peminggir / Pesisir, Melinting dan Pepadun. Ketiganya serupa tapi tak sama, ada perbedaan pada jumlah mahkota di bagian atas siger. Perlu diketahui bahwa siger Lampung berwarna kuning emas. Bentuknya nampak elok ketika dikenakan di kepala.

Di Lampung, siger sangat familiar. Bangunan, dan beberapa ikon dengan bentuk siger ada dimana-mana. Bahkan ada Menara Siger di Lampung Selatan yang menjadi gerbang Lampung daru Pulau Jawa. Siger juga banyak dijadikan logo pemerintah daerah, pihak swasta bahkan juga klub sepak bola. Artinya bahwa siger sebanrnya sudah sangat ikonik dan kental dengan orang Lampung. Berikut ini adalah perbedaan dari Siger Peminggir / Pesisir, Melinting adn Pepadun Lampung.


Siger Pepadun
Seger pepadun meruoakan mahkota yang dikenakan oleh mempelai wanita pepadun. Namun biasanya dikenakan untuk paragadis penyimbang yang menari untuk menyambut tamu atau melakukan tarian adat di balai adat. Siger pepadun terbuat dari lempengan yang bertitik hiasan bunga. Jumlah tanduk yang ada pada siger pepadun adalah 9 baik di bagian depan maupun belakang. 
Catatan: jumlah mahkota siger pepadun ada 9 



Siger Peminggir / Pesisir
Siger peminggir merupakan mahkota yang digunakan pengantin wanita adat peminggir. Bentuk siger peminggir ini ruji-ruji, hanya terdapat dibagian depan sedangkan di bagian belakang hanya ada tali yang digunakan untuk menginkat pada bagian kepala. Siger peminggir tidak memiliki biringan tumbuh dan seruja bulan.


Siger Melinting
Siger melinting merupakan mahkota mempelai wanita melinting pesisir Lampung Timur. Selain diginakan sebagai pernikahan, siger ini juga dikenakan saat upacara adat. Bentuk siger ini seperti kupiah yang beruji-ruji dan terdapat tiang yang menjulang keatas secara berangkai serta terdapat gantungan jumbai benang berbentuk buah-biah kecil dan terbuat dari kuningan.

Jika dikenakan oleh wanita, siger akan menambah anggun penampilan. Demikianlah informasi terkait Siger Peminggir, Melinting, Pepadun dan Pesisir Lampung. Semoga bisa menjadi referensi anda. 
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter