Monday, August 20, 2018

Transportasi Kalideres Ke Jakarta Barat Pusat Selatan Cuma 5000

Majalah Lampung - Transportasi Kalideres ke Jakarta Barat, Pusat dan Selatan yang pernah kami tumpangi kala mengunjungi ibu kota adalah menggunakan bus way atau Bus Transjakarta. Ya, transportasi plat merah ini kami tumpangi karena saat itu bingung tat kala berkunjung ke Jakarta. Ya, maklum saja kami dari Lampung dan belum paham mengenai transportasi Jakarta.

Busway

Sebelumnya memang kami sudah browsing dan berselancar di dunia maya terkait hal ini. Namun memang belum ada  penjelasan lengkap mengenai transportasi dari Terminal Kalideres ke Jakarta Pusat dan Barat. Namun, sebagai warga Lampung yang tak kenal menyerah kami akhirnya memberanikan diri untuk mendatangi halte bus way.

Untungnya ada salah seorang petugas yang ramah dan memberi penjelasan mengenai rute yang harus dilalui untuk sampai ke jakarta dari kalideres. Namun karena kami belum punya kartu flash, maka kami diharuskan untuk membeli kartu ini agar kemudian bisa menaiki Bus Trans Jakarta atau Bus Way.

Untuk harga kartu ini sebesar Rp. 40.000 dengan isi saldo Rp. 25.000. Artinya jika kami saat itu pergi besama 3 orang maka harganya Rp. 120.000 (40 k x 3). Saldo tersebut akan berkurang jika Rp. 5000 tiap kali menaiki trans Jakarta. Artinya bahwa ongkos atau tarfi Trans Jakarta ini sebesar Rp. 5000. Sangat murah tentunya, kami jadi berandai jika saja transportasi ini ada di bumi Lampung. 

Sebenarnya di Lampung sudah ada bus trans Lampung. Namun memang belum dikeola seperti di jakarta. Peminatnya tidak banyak sehingga lama-kelamamaan banyak bus yang sudah tidak beroperasi. Apalagi setelah ada ojek online yang kini merajai jalanan Lampung. Bus trans Lampung pun seolah akan segera punah dari jalanan.

Setelah membeli kartu tersebut kami pun diberi arahan lokasi transit yang harus kami tempuh. Untuk ke arah Jakarta Pusat cukup mudah. Kami harus menaiki bus jurusan Harmoni dari Kalideres. Setelah sampai Harmoni maka turun di Halte dan naik bus trans jakarta tujuan Blok M. Sebelum sampai Blok M bisa turun di halte Monas jika ingin turun di Jakarta Pusat. Sedangkan untuk Jakarta Barat bisa turun di beberapa halte yang ada di wilayah jakarta barat seperti Sumur Bor, Grogol 1 dan Jalembar.

Untuk yang ingin menuju Jakarta Selatan bisa menuju Blok M dan kemudian transit di untuk selanjutnya naik bus Trans Jakarta tujuan Pondok Labu. Secara rinci kami akan berikan uraianya rutenya:

Jika ke Jakarta Pusat dan Selatan Maka Akan Melintas Tepat di Depan Bundaran HI

  • Kalideres Jakarta Barat: Bus Trans Jakarta Harmoni  – Turun di halte Sumur Bor, Grogol 1 atau Jalembar.
  • Kalideres Jakarta Pusat: Bus Trans Jakarta Harmoni  – Monas dan halte lain di Jakarta Pusat seperi Indosiar, Polda, Sarinah dan lainnya.
  • Kalideres Jakarta Selatan: Bus Trans Jakarta Harmoni  - Turun di Harmoni – Naik bus tujuan Blok M – Lanjutkan ke Pondok Labu.
Perlu dikeahui bahwa jika transit maka penumpang tidak perlu membayar lagi. Artinya perjalanan panjang naik turun transit di halte tersebut hanya dengan ongkosRp. 5000.

Jadi jika anda hendak bepergian dengan rute atau tujuan yang sama, bisa memakai cara yang pernah kami lakukan tersebut. Hanya dengan 5 k. Kemudian jika anda ingin pulang ke Lampung anda bisa naik bus untuk menyeberang dari Merak ke Bakau untuk kemudian naik kapal laut. Untuk ongkos bus Kalideres ke Pelabuhan Merak hanya Rp. 23.000 saja loh.

Demikianlah informasi terkait transportasi Kalideres Ke Jakarta Barat Dan Pusat serta Selatan yang bisa anda jadikan sebagai referessi sebelum anda bepergian. Tetap hati-hati dan jaga barang bawaan anda. 
2 comments:
Write comments
  1. woow murah banget ya padahal di kota besar seperti itu ternyata malah murah sekali ngga nyangka padahal jauh itu jaraknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, dengan Rp.5000 sebenarnya kita bisa keliling Jakarta.

      Delete

Join Our Newsletter