Wednesday, January 30, 2019

Simak, 10 Contoh Digital Marketing di Indonesia

Majalah Lampung Apa saja sih contoh – contoh digital marketing ? Bagaimana penerapannya dan apa saja kegunaanya ? Berikut ini kami akan mengulas lengkap mengenai jenis, bentuk dan berbagai macam digital marketing. Ada sebuah kalimat yang mengatakan “Pasar online kini menuntut untuk menguasai digital marketing”

1. Riset Google
Ada dua riset terpenting untuk dilakukan yakni riset katak kunci yang banyak dicari dan juga riset dari google trend. Riset kata kunci adalah jawaban dari kebutuhan pasar sedangkan Google trend adalah kondisi terkini dari isu-isu yang sedang “hot” atau viral. 

Prilaku netizen terekam dari dua data ini. Riset kata kunci adalah bagian dari digital marketing untuk melihat kebutuhan yang diajukan netizen. Misal, anda mencari kata kunci tentang “bekam” kemudian akan muncul banyaknya pencari kata kunci ini dan juga kata kunci turunan seperti “kursus bekam” “cara bekam”. A

tau anda menggunakan kata kunci “jilbab” kemudian muncul juga jumlah pencari dan juga kata kunci relevan atau turunan seperti “jilbab terbaru” “model jilbab anggun” “jilbab pashmina” “jilbab segi empat” dan lainnya.

Contoh Digital Marketing di Indonesia
Foto: Ist
Dari riset tersebut anda bisa menganalisa apa yang mereka butuhkan. Misal, kata kunci yang banyak dicari adalah “tempat pelatihan bekam di Semarang”, ada 1000 orang yang mencari kata kunci itu setiap bulan, maka anda bisa membuat tempat pelatihan bekam di Semarang. Hal ini karena adanya pencarian terkait penyedia jasa pelatihan bekam. 

2. Melakukan Optimasi di Mesin Pencarian / SEO
Coba anda tulis di google kata “tiket kereta api”. Akan ada Traveloka, Pegi-pegi, Tiket dot com, Bukalapak dan situs resmi KAI. Adanya mereka di halaman pertama google bukan tanpa sebab. 

Mereka melakukan optimasi di mesin pencari dengan Teknik Search Enggine Optimation atau SEO. Inilah yang perlu anda lakukan agar binsis anda ada di halaman pertama google. 

3. Promo di Sosial Media
Media sosial adalah senjata ampuh untuk sampai ke mata dan telinga konsumen. Buat media social seperti Instagram dan Facebook serta lainnya untuk promosi secara gratis dan mudah. 

Anda juga bisa memanfaatkan fitur berbayar mereka seperti FB Ads dan juga ikaln Ig. Bisa juga memanfaatkan influencer sebagai sarana untuk melejitkan produk. Lihat Mael Lee yang kebanjiran endors. Hal itu adalah indikator betapa  diburunya para influencer.

4. Blasting Email
Cara ini banyak dilakukan untuk menarik konsumen yang sudah terdata. Ya, email yang terekam bisa di “blas” oleh promosi. Di era sebelum social media begitu menguasai netizen, teknik blasting begitu efektif. 

Tapi kini juga tak bisa diremehkan, teknik ini masih sangat direkomendasikan. Anda bisa mengirim email dengan materi yang singkat padat dan membuat penasaran.

5. Blasting SMS
Teknik sama seperti email, hanya saja menggunakan pesan melalui telepon genggam. Kenapa saat anda membeli pulsa di counter pinggir jalan anda musti menulis nomor ? Salah satu jawaban adalah untuk misi blasting :D

6. Beriklan Mengunakan Video
Yang ingin ditekankan dari kami adalah buatlah video untuk memasarkan produk anda. Kemudian bisa anda posting di media social. 

Terlebih, jika anda punya modal bisa menayangkannya di Youtube ads (iklan berbayar yang muncul di Youtube). Tapi kami tidak begitu merekomendasikan jika konten anda tak bagus :D. Intinya adalah berani promosi dalam bentuk visualisasi.

7. Manfaatkan Pemain Digital Lainnya
Kolaborasi dengan bloger, agency dan pemain digital lainnya  untuk berpromosi. Digital marketing jenis ini akan efisien jika pandai memilih rekan kolaborasi atau kerjasama. Blogger untuk mereview, agency untuk menyalurkan dan pemain digital lainnya untuk menyempurnakan. 

Anda bisa menilai apakah cara yang anda gunakan efisien. Evaluasi setiap jenis-jenis cara digital marketing yang anda lakukan. Periksa juga kompetitor, jagan anda copy paste , tapi anda bisa contoh , tiru dan modifikasi. Digital marketing adalah hal yang mudah dan rumit. Ketahi dasar dan pasar agar anda tidak kesasar.

Nah itulah 7 contoh digital marketing di Indonesia yang bisa anda terapkan untuk bisnis maupun promosi. Silahkan mencoba.. Namun sebelumnya, anda juga kudu paham konsep digital marketing yang telah kami ulas secara gamblang dan lengkap. 
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter