Wednesday, June 26, 2019

Bisnis Marketplace Umroh Di Indonesia

Majalah Lampung – Ketika berbicara mengenai peluang bisnis marketplace umroh di Indonesia mungkin yang ada di bayangan kita adalah sebuah terobosan ditengah kebutuhan. Ya, sebagaimana yang kita ketahui bahwa umroh adalah salah satu ibadah yang dikerjakan oleh umat muslim. Dan itu berbanding lurus dengan jumlah muslim di Indonesia.

Bisnis Marketplace Umroh
Foto ist

Ada jutaan umat muslim di Indonesia yang ribuan diantaranya melakukan ibadah umroh. Itu artinya bahwa sangat perlu aplikasi atau layanan yang dapat mengakomodir itu semua. Boleh dibilang saat ini ada ratusan tour and travel yang siap mengakomodir umat muslim menuju baitullah untuk umroh. Namun apakah itu cukup ?

Oleh sebab itulah muncul Peluang Bisnis Marketplace Umroh Di Indonesia. Ya, dari aplikasi ini nantinya para calon Jemaah umroh bisa menyeleksi tour an d travel atau biro perjalanan umroh by satu pintu yakni aplikasi. Calon Jemaah bisa mengkomparasi dan memilih biro sesuai dengan keinginan dan atau kebutuhan.

Membaca Peluang Bisnis Marketplace Umroh
Dilansir dari Saudi Gazette pada Ahad (9/12), data Kementerian Haji dan Umrah Saudi melansir jumlah visa umrah yang dikeluarkan Kerajaan Saudi per 6 Desember lalu. Data itu menyebutkan, sejumlah negara Asia mempertahankan posisi teratasnya dalam hal jumlah jamaah umrah.

Pakistan tetap berada di daftar teratas dengan total 426.969 jamaah yang tiba sejak musim dimulai atau tiga bulan lalu. Indonesia menempati posisi kedua dengan 256.677 jamaah. Kemudian, posisi ketiga ditempati India dengan 210.841 jamaah.

Sangat perlu digaris bawahi bahwa ada 256.677 jamaah asal Indonesia yang berangkat umroh. Data ini dilansir dari republika yang tayang pada desember 2018. Dari kacamata bisnis, jumlah ini adalah sebuah sasaran empuk.  Misal kita meratakan harga paket umroh per kepala adalah Rp. 40.000.000. Kita bisa menghitung betapa banyak putaran uang di binsis ini.

Ada salah satu masalah yang timbul di Indonesia yakni maraknya Biro jasa umroh penipu. Ya, sebut saja kasus first travel yang gagal memberangkatkan Jemaah. Berangkat dari itu, Bisnis Marketplace Umroh bisa menjadi solusi dengan memberikan jaminan kepada calon Jemaah.

Marketplace Umroh bisa menjadi penyaring mana travel yang terpercaya dan memiliki layanan yang apik dan mana yang bodong. Dengan begitu Jemaah bisa melihat sisi keunggulan jika menggunakan marketplace umroh ini.

Apakah Marketplace Umroh Sudah Ada ?
Jawabannya sudah ada. Ya di Indonesia sudah banyak marketplace umroh. Lalu apakah peluang bisnis masih ada? Jawabannya tetap ada. Bahkan tim Majalah Lampung membaca ada peluang bisnis secara global. Misal, membuka marketplace umroh internasional. Beberapa negara potensial seperti Pakistan, India, Malaysia, Bangladesh dan negara mayoritas muslim lain masih berpotensi.

Celah Kekurangan Bisnis Marketplace Umroh
Tentu ada saja kekurangan marketplace umroh. Pertama dari sisi teknologi yang belum tentu dikuasai semua kalangan umur dan terbatasnya teknologi di pelosok. Kedua pelanggan yang sudah nyaman dengan pesan langsung ke biro jasa nya. Misal, warga Lampung yang sudah berlangganan di biro haji umroh di Bandar Lampung.

Kelemahan ketiga adalah jika selisih harga yang sedikit. Jika margin harga tidak jauh berbeda membuat calon Jemaah enggan untuk menggunakan aplikasi. Kelima yakni persaingan yang kini mulai banyak. Ada banyak aplikasi umroh , artinya kudu jeli memainkan strategi menarik calon Jemaah.

Yang diperlukan Bisnis Marketplace Umroh
Konsep perusahaan yang jelas, aplikasi, jaringan dengan biro umroh, strategi marketing (konsep digital marketing) dan juga pelayanan kepada konsumen adalah contoh hal yang diperlukan untuk binsis ini. Berikan apa yang dibutuhkan oleh konsumen dan beri nilai plus pada layanan tersebut untuk memberikan kepuasan dandiya Tarik kepada konsumen.

Marketplace Umroh Penipuan ?
Hadirnya pemesanan umroh berbasih aplikasi bisa menjadi solusi terhadap maraknya penipuan dalam pemberangkatan Jemaah. Penipuan yang dilakukan beberapa biro umrah ini dengan tidak memberangkatkan jemaah ke tanah suci. Padahal biaya umroh telah dilunasi. Alhasil banyak jemaah mengalami kerugian yang sangat tinggi.

Nah itulah sedikit ulasan tentang bisnis marketplace umroh. Umroh disebut juga ibadah haji kecil yang. Besarnya peminta umroh dan nilai ibadah dibaliknya bisa menjadi peluang untuk bisnis dan mendekatkan diri kepada Allah dengan menjembatani Jemaah menuju baitullah.
2 comments:
Write comments

Join Our Newsletter