Saturday, June 22, 2019

Kumpulan Komik Islam Tentang Ibadah Qurban / Kurban

Majalah LampungKomik tentang ibadah qurban atau kurban ini bisa anda jadikan sebagai bahan untuk mengajak teman, saudara, sahabat dan kenalan lainnya untuk berqurban di Hari Raya Qurban. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa ibadah qurban hukumnya adalah sunnah muakad yang artinya sunnah yang diutamakan.

Dalam sebuah hadist disebutkan bahwa keutamaan ibadah qurban adalah sunah rasul.  Ini didasarkan atas informasi dari beberapa haditst Nabi Muhammad shallallâhu ‘alaihi wasallam, antara lain: 

Aisyah menuturkan dari Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wasallam bahwa beliau bersabda, “Tidak ada suatu amalan yang dikerjakan anak Adam (manusia) pada hari raya Idul Adha yang lebih dicintai oleh Allah dari menyembelih hewan. Karena hewan itu akan datang pada hari kiamat dengan tanduk-tanduknya, bulu-bulunya, dan kuku-kuku kakinya. Darah hewan itu akan sampai di sisi Allah sebelum menetes ke tanah. Karenanya, lapangkanlah jiwamu untuk melakukannya.” (Hadits Hasan, riwayat al-Tirmidzi: 1413 dan Ibn Majah: 3117)

Untuk pelaksanaan qurban ini pada hari raya idul adha sampai hari tasrik. Secara hakikatnya ibadah qurban adalah cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT secara vertikal. Sedangkan berqurban juga bermaknakan tentang berbagi atau pengorbanan kita kepada sesama muslimin.

Waktu menyembelih hewan dimulai setelah matahari setinggi tombak atau seusai shalat Idul Adha (10 Dzulhijjah) sampai terbenam matahari tanggal 13 Dzulhijjah. Kemudian daging tersebut dibagikan atau didistribusikan.

Pembagian daging kurban dibagi menjadi tiga bagian dan tidak mesti harus sama rata. Ketiga bagian itu yakni:
  1. Untuk fakir miskin
  2. Untuk dihadiahkan
  3. Untuk dirinya sendiri dan keluarga secukupnya. Dengan catatan, porsi untuk dihadiahkan dan untuk dikonsumsi sendiri tidak lebih dari sepertiga daging kurban. Meskipun demikian memperbanyak pemberian kepada fakir miskin lebih utama. (Dhib al-Bigha:1978:245). 

Kita tentu paham mengenai asal mula ibadah qurban ini. Ya, dari kisah nabi Ibrahim AS yang diperintahakn oleh Allah SWT agar menyembelih putra kesayangannya yakni Nabi Ismail AS. Kemudian turunlah perintah kepada kita melalui firman Allah SWT tentang ibadah Qurban.

Adapun hewan qurban yakni Sapi, Domba, Unta dan Kambing. Penyembelihan hewan qurban pun ada tatacaranya. Pembagian hewan qurban pun diatur dalam islam. Di Indonesia, Kambing dan Sapi menjadi hewan yang sering digunakan untuk berqurban.

Berkurban dengan seekor kambing atau domba diperuntukkan untuk satu orang, sedangkan unta, sapi dan kerbau diperuntukkan untuk berkurban tujuh orang. Ketentuan ini dapat disimpulkan dari hadits berikut:

Diriwayatkan dari Jabir bin Abdillah, “Kami telah menyembelih kurban bersama Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wasallam pada tahun Hudaibiyah seekor unta untuk tujuh orang dan seekor sapi juga untuk tujuh orang.” (Hadits Shahih, riwayat Muslim: 2322, Abu Dawud: 2426, al-Tirmidzi: 1422 dan Ibn Majah: 3123).

Pada kesempatan ini, kami tim Majalah Lampung akan memberikan contoh komik islam tentang qurban atau kurban. Harapannya komik ini bisa menjadi bahan kita untuk saling mengabarkan tentang kebaikan. Komik diambil dari salah satu portal islam terbaik tanah air yakni gomuslim.co.id yang tiap minggunya meposting komik komik islami dengan desain kekinian.

Komik pertama


Komik tentang qurban ini mengenai jenis-jenis hewan qurban, syarat usia hewan qurban, hewan qurban yang halal dan ciri hewa qurban tidak cacat fisik dan sakit.

Komik Kedua


Komik kedua ini bercerita tentang salah seroang teman yang berqurban. Dia pun merasa sedang dengan apa yang telah ia lakukan itu.

Komik Ketiga


Komik ini adalah percakapan tentang teman atau sahabat yang akan melaksanakan ibadah qurban.

Nah itulah komik tentang qurban yang bisa anda gunakan untuk mengingatkan teman atau saudara kita. Semoga kita semua bisa melaksanakan ibadah ini. Aminnnn. 
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter