Monday, June 10, 2019

Tips Membuat Skrip Sederhana Shooting Film Pendek


Majalah Lampung - Tips atau cara membuat skrip sederhana shooting untuk film pendek atau video pendek youtube. Bagi sobat Majalah Lampung yang ingin membuat sebuah karya berbentuk video tentu awalnya akan mebuat skrip terlebih dahulu. Skrip ini untuk pegangan atau acuan dalam take, adegan bahkan sampai ke eiditing.

Tips Membuat Skrip Sederhana


Skrip sederhana cocok untuk membuat film pendek atau video di youtube. Bentuknya bisa tak se “Ribet” skrip film layer lebas, yang terpenting prisipnya jelas. Jelas apa adegan, take, gambar apa yang akan diambil, dialog dan editing yang akan dijalankan.

Langkah membuat skrip sederhana bisa sobat mulai dengan penetuan tema dan judul film pendek atau video. Misal, sobat akan membuat sebuah film pendek dengan tema “Puasa Ramadhan” kemudian sobat membuat judul film pendek atau videoya, misal “Buka Puasa Bersama Anak Yatim ”.

Ketika tema dan judul sudah terbuat maka step selanjutnya, sobat bisa menentukan lokasi shooting dan merancang adegan untuk pengambilan gambar. Misal, untuk kali ini pengambilan gambar dilakukan di dua lokasi yakni dirumah seseorang dengan kategori kelas atas dan di panti asuhan.

Isi cerita megangkat komparasi seorang yang berbuka dengan keluarganya dengan hidangan mewah dan anak panti yang berbuka dengan menu seadanya. Video ini berharap akan memberikan peyampaian bahwa berbuka dengan menu seadanya, namun dengan balutan kebersamaan ternyata lebih nikmat dan berkesan.

Selajutnya penentuan adegan, pada contoh ini ada tiga adegan. Jangan lupa menentukan durasi video. Untuk kali ini durasinya empat menit. Artinya empat menit dengan tiga adegan. Adegan pertama dilakukan di rumah mewah, adegan kedua dilakukan di panti asuhan dan adegan ketiga dilakukan di panti asuhan namun digambarkan adalah hari yang berbeda.

Tentukan juga pemeran atau actor. Ada berapa tokoh, siapa pemeran utama dan berapa pemeran tambahan serta pemeran pendukung lainnya. Sobat bisa memakai pemeran dari rekan yang sudah paham karakter dan aktingnya atau dari open casting. Pilih karakter yang akan dibawakan. Sesuaikan dengan tema, dialog dan juga jalan ceritanya.

Langkah membuat skrip sederhana selanjutnya adalah membuat dialog dari masing-masing adegan. Jangan lupa buat tabel yang jelas sehingga semua yang terlibat bisa mengetahui apa yang harus dilakukan. Misal stok shot yang harus diambil adalah adegan bersalaman, maka cameramen akan detail ke hal tersebut. Berikut table sederhana skripnya.

Adegan
Dialog
Detail
Berbuka di rumah Bersama keluarga
Nisa: Ye buka Bersama lagi yah

Ayah: Iya, kita bertemu Ramadhan lagi sayang.

Nisa: Tapi sayangnya Cuma berempat aja yah.

Ibu: Tidak apa Nisa, nanti kita akan berkumpul bareng lagi Bersama mereka
Suasana berkumpul di meja makan.

Makanan mewah namun ada shot dari kejauhan rumah menggambarkan rumah besar, meja makan namun beberapa kursi kosong tak diduduki.

Hal terpenting dalam pembuatan skrip sederhana yakni pada dilaognya. Isi dialog harus “tajam” singkat namun bisa menyampaikan tujuan atau maknanya. Misal pada adegan ketiga di skrip ini. Tujuan adalah closing bahwa kebersamaan mengalahkan kemewahan.

Adapun isi dialognya “Enak ya yah, buka Bersama bareng mereka. Cuma pakai air putih sama sebiji kurma pun nikmat” Ayahnya: Iya, beginiah Allah mengatur semuanya nak, Allah maha besar.

Sekiranya itulah tips membuat skrip shooting sederhana yang bisa sobat terapkan. Selebihnya, sobat bisa improvisasi lebih kreatif lagi dan melihat contoh lain di internet.
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter