Saturday, July 6, 2019

40 Contoh Bisnis Syariah Yang Menguntungkan Banget

Majalah Lampung – Apa saja contoh bisnis Syariah yang menguntungkan ? Bagaimana cara menjalankannya dan apa hal pertama yang kudu dilakukan. Pertanyaan ini sebenarnya bisa dijawab dari melhat keadaan disekitar kita. Mata seorang calon pembisnis biasanya sangat jeli melihat peluang disekitarnya.



Sumber gambar Finansialku

Ada banyak sekali contoh bisnis Syariah yang bisa dijalankan. Hal ini karena pasar muslim sebagai konsumen produk Syariah sangat banyak. Mayoritas penduduk Indonesia adalah pemelul agama islam yang notabene adalah konsumen empuk.  Sangking empuknya, bahkan non muslim pun ikut andil dalam bisnis ini.

Menjadi pembisnis atau penguasaha dianggap bisa memberikan harapan yang lebih besar kepada setiap pengikutnya untuk berharap memiliki hidup yang lebih bermakna. Bisa bermanfaat untuk yang lain, bisa santai dan bebas mengatur langkah hidupnya.

Salah satu sifat pembisnis juga yakni Sifat dasar kepribadian suka tantangan. Sifat ini memicu mereka untuk bertindak melakukan hal berbeda yang membuat mereka lebih tertantang.

Perbendaan bisnis konvensional dan bisnis Syariah
Secara deskriptif, bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh perorangan maupun organisasi yang melibatkan aktivitas produksi, penjualan,  pembelian, maupun pertukaran barang/ jasa, dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan atau laba.

Kemudian jika ditinjau dari segi Bahasa, Kata “bisnis” berasal dari bahasa Inggris, yaitu “business” yang artinya kesibukan. Dalam konteks sederhana, yang dimaksud dengan kesibukan adalah melakukan suatu aktivitas atau pekerjaan yang memberikan keuntungan pada seseorang.

Perbedaan Bisnis Syariah dan Konvensional pada dasarnya, bisnis Islami dikendalikan oleh aturan syari’ah berlandaskan islam dalam memanfaatkan harta dengan rambu-rambu baik-buruk, halal-haram, benar-salah, dan sebagainya. 

Peluang Bisnis Syariah
Beberapa waktu lalu Tim Majalah Lampung telah membeberkan besarnya peluang bisnis marketplace umroh. Itu adalah salah satu contoh bisnis Syariah yang menguntungkan. Oleh sebab itu banyak sekali daftar marketplace umroh di Indonesia.

Dari kacamata bisnis, peluang konsep Syariah jelas sangat menggiurkan. Pangsa pasar yakni umat muslim sangat mendominasi di seluruh wilayah Indonesia. Dari usaha non digital hingga digital yang canggih memiliki segmentasi muslim yang banyak.

Contoh Contoh Bisnis Syariah

1. Travel Umroh dan Haji
Adalah bisnis penyedia jasa layanan haji dan umroh. Bisnis ini sangat menggiurkan karena Indonesia memberangkatan ratusan ribu Jemaah setiap tahunya. Indonesia menempati posisi kedua dengan 256.677 jamaah per tahun 2018. Itu bukan jumlah yang sedikit dan itu adalah putaran uang yang banyak (Bisnis Marketplace Umroh )

2. Paket Wisata Halal Ke Luar Negeri
Berkunjung Ke eropa dan negara lain di luar sana yang memiliki mayoritas penduduk muslim rendah rentan akan makanan dan minuman yang haram. Oleh sebab itu jasa travel wisata halal kini diminati banyak muslim tanah air.

3. Paket Wisata Halal dan Religi Domestik
Wisata berbasih halal di negara kita sangat mudah dikembangkan karena negara ini sudah berpenduduk muslim. Oleh sebab itu bisa membuat bisnis wisata halal di Indonesia untuk meanrik wisatwan globl seperti timur tengah dan negara islam lain diluar sana.

Untuk menarik wisatawan domestik, pembisnis juga bisa membuat paket wisata religi. Misal wisata napak tilas walisongo, wisata masjid Indonesia dan atau peket wisata edukasi anak-anak ke tempat industry halal.

4. Membuat Sekolah Berbasis Islam
Sekolah Islam Terpadu pada hakekatnya adalah sekolah yang mengimplementasikan konsep pendidikan Islam berlandaskan AlQur’an dan As Sunnah. Konsep operasional SIT merupakan akumulasi dari proses pembudayaan, pewarisan dan pengembangan ajaran agama Islam, budaya dan peradaban Islam dari generasi ke generasi. 

5. Mendirikan Pondok Pesantren
Ya, pondok modern atau tradisional tinggi peminatnya. Oleh sebab itulah mendirikan pondok pesantren juga masuk dalam hitungan. Selain bisnis, tentu ini bisa dikategorikan ibadah atau amal kebaikan. Apalagi jika pondoknya gratis. 

6. Kelas Menghafal Al Quran
Ada banyak orangtua yang mengiginkan anaknya menjadi seorang hafidz , namun waktu mereka terbatas. Membuka kelas menghafal al quran adalah solusi untuk hal tersebut.

7. Bisnis Makanan Halal
Banyak produk makanan yang dijual dipasaran namun belum bersertifikat halal. Sertifikat halal bisa dieroleh dengan sertifikasi di BPOM MUI. Jaminan halal memberikan rasa aman dan kenyamanan kepada konsumen saat memakan atau meminum produk tersebut.




8. Minuman Halal dan Syariah
Mungkin cukup aneh dan seakan-akan terlalu. Namun ada salah satu contoh air minum Syariah yakni UFIA WATER. Ya saat produksi di pabriknya, morotal 24 jam terus terdengar di pabril. 1 liter air yang terjual makan 15 rupiah akan disumbangkan, dan 30 keuntungannya disumbangkan. Pembisnis bisa juga membuat hal serupa. Karena air minum sama seperti beras, yakni kebutuhan pokok.

9. Hotel / Penginapan Syariah
Contoh Bisnis Syariah Yang Menguntungkan selanjutnya yakni hotel atau penginapan Syariah. Bisa didirikan di dekat tempat wisata, pusat kota dan juga kawasan lain yang memungkinkan.

10. Perbankan Syariah
Ya, ini dilakukan oleh perusahaan besar. Bank-bank konvensional sudah membuka bank berbasis Syariah untuk melayani konsumen muslim di tanah air. Dan kita bisa melihat sendiri betapa antusiasnya.

11. Asuransi Syariah
Asuransi Syariah adalah asuransi berdasarkan prinsip syariah dengan usaha tolong-menolong (ta'awuni) dan saling melindungi (takafuli) diantara para Peserta melalui pembentukan kumpulan dana (Dana Tabarru') yang dikelola sesuai prinsip syariah untuk menghadapi risiko tertentu.

12. Pendanaan Syariah / Pegadian Syariah / Tabungan Emas Syariah
Ketiga macam bisnis tersebut bisa diterapkan. Bisa dimulai dari yang kecil dengan menawarkan kepada orang-orang sekitar kemudian melebarkanya.

13. Aplikasi Muslim
Ada banyak kebutuhan muslim yang bisa di akomodir dalam satu genggaman yakni aplikasi. Kini banyak aplikasi muslim seperti muslim pro, hai muslim, muslim umma, qurma, sahabat gomuslim, dan lainnya.



14. Toko Jilbab (Online / Offline)
Jilbab adalah kebutuhan Muslimah. Bisa dibilang setiap hari pasti ada saja yang membelinya. Baik marketplace atau toko online sendiri, rasanya sangat prospek. Bisa juga berjualan online. Bahkan olshop berbasis sosial media pun masih sangat prospek.

15. Muslim Fashion / Busana Muslim
Selain berjualan jilbab Contoh Bisnis Syariah Yang Menguntungkan berbasis fashion lainnya adalah sarung, mukena, tasbih, baju koko, peci sendal masjid dan lain sebagainya. Pendukung lainnya seperi parfum halal juga bisa dijasikan bisnis menguntungkan.

17. Membuat Lembaga Filantropi
Kalau yang satu ini mungkin tidak bisa dikatakan bisnis full. Ada unsur kemanusiaan dan dakwah yang melekat didalamnya. Namun nyatanya memang ada sebagian sumbangan yang bisa diambil, missal pada zakat ada uang amil zakat yang boleh diambil para amil. Sudah banyak Lembaga filantropi di Indonesia, bahkan menurut data, Indonesia adalah negara paling dermawan sedunia.

Selain ke 17 Contoh Bisnis Syariah Yang Menguntungkan kami akan memberikan daftar contoh bisnis halal atau Syariah yang prospek untuk negara muslim seperti Indonesia ini.

18. Video Pendek Islami (Youtube)
19. Pembuatan Animasi Islami
20. Penerbit Buku Islam
21. Pembatan Media Islam atau portal berita islam
22. Layanan Aqiqah
23. Baju dakwah
24. Loundry Syariah
25. Aplikasi Mengaji Online
26. Pemancingan Syariah
27. Ojek Syariah
28. Jasa pijat Syariah
29. Jasa penghubung taaruf (aplikasi, website atau lainnya)
30. Pembuatan event islami
31. Makanan hewan peliharaan halal
32. Penyedia kambing qurban
33. Percetakan Yasin dan undangan berbsais Syariah
34. Weding Organizer Syariah
35. Event Organizer Syariah
36. Rumah sakit Syariah
37. Layanan sunat atau khitan
38. Bekam
39. Kosmetik Halal
40. Jasa pembuatan jam masjid digital

Membangun bisnis Syariah mempunyai peluang, tantangan dan resiko tersendiri. Bagi yang akan menjalankannya kudu jeli dan kudu mau mengupgrade diri. Apalagi kini pesaing bisa datang kapan saja.

Salah satu yang bisa menguatkan calon pembisnis adalah adanya anjuran menganai berdagang dalam islam yakni 9 Dari 10 Pintu Rezeki Di Perdagangan yang disabdakan oleh rasullah SAW. Berdagang bisa barang dan juga jasa.

40 Contoh Bisnis Syariah Yang Menguntungkan diatas bisa menjadi ide bisnis ada mulai besok pagi. Ingat  bahwa modal paling awal adalah langkah pertama anda.

Note: Sebelum bisni anda juga bisa memahami: Konsep digital marketing dan contoh digital marketing di Indonesia
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter