Saturday, August 3, 2019

Inilah Cerpen Tentang Silaturahmi Beserta Maknanya

Majalah Lampung – Berikut ini adalah cerpen tentang silaturahmi yang bermakna, memotivasi dan tentunya memiliki nilai dalam islam. Jika ditinjau segi Bahasa, silaturahim berasal dari bahasa Arab, ‘sillah ar-rahim’ (Shillah), artinya hubungan rahim; tali kasih sayang. Jadi kata ‘silaturahim’ ini merujuk pada hubungan kekeluargaan. Ikatan janin, ikatan darah daging. (Dari berbagai sumber).

Ista

Umat islam memandang bahwa silaturahmi adalah bagian penting dalam kehidupan. Allah berfirman dalam Al Quran. “Maka apakah kiranya jika kamu berkuasa kamu akan membuat kerusakan di muka bumi dan memutuskan hubungan kekeluargaan (silaturrahim) “? (QS. Muhammad ayat ke 22). Firman tersebut sebagian contoh dari banyaknya ayat yang mengatakan tentang silaturahmi.

Selain ayat al-quran, banyak juga hadist yang menyebutkan keutamaan menjalin silaturahmi. ”Siapa yang ingin rezekinya diperluas dan umurnya panjang maka hendaknya ia bersilaturrahmi.” (HR. Bukhari. Hadist tersebut menerangkan bagaimana silaturahmi menambah rezeki dan memanjangkan umur.

Pada kesempatan ini, tim Majalah Lampung akan memberikan contoh Cerpen Tentang Silaturahmi. Cerpen ini menceritakan seorang asisten yang mendapat manfaat dari bersilaturahmi. Kemudian ia mendapatkan saudara baru.


“Berkah Silaturahmi”


Pagi yang tak baik, tadi malam aku tak mendapat waktu tidur yang cukup. Begadang sampai jam tiga dini hari dan kudu bangun jam lima subuh. Mata sembab, dan langkah kaki lemasku memulai pagi itu dengan bismillah. Serasa kurang darah akibat kurang tidur, itu diaknosaku terhadap keadaanku.

Tol Jagorawi. Ya , dengan penuh rasa letih itu. Aku sampai juga di Tol Jagorawi. Subuh itu aku dan bosku menuju Puncak Bogor untuk bertemu dengan markom salah satu pabrik air minum yang juga merupakan kakak kandungku sendiri. Sudah lama aku tak bertemu saudaraku. Lebaran sudah sebulan lebih memang, tapi masih bisa lah untuk maaf maafan.

Sayangnya ada laka lantas saat itu. Macet parah, bising suara kendaraan mendambah derita rasa Lelah pagi itu. “Ah, kok bisa-bisanya sih ada kecelakaan. Bikin macet aja” Ucap kesal bos perempuan yang terlihat menekuk wajahnya.

Aku diam saja. Jujur perutku keroncongan. Semalam begadang Cuma minum kopi dan membakar jagung. Perutku kurang bersahabat jika tidak makan dengan nasi. Pagi ini pun aku belum menyempatkan untuk sarapan. Ocehan, keluhan dan juga macet itu menambah rasa kesal.

Hampir dua jam. Belum juga macet ini terurai. Bibirku mulai kering karena AC mobil yang sangat dingin. Tak terasa hingga pukul 8 pagi sudah. “Jam 8 ya, buset deh” teriak bosku yang melihat jam tangannya. “Jam 8 kan harusnya kita dah sampai Bogor ” Jawabnya sendiri. Aku pun menaggapi dengan senyum tipis.

Meski macet sudah terurai. Tapi jalanan ramai. Papan informasi digital di jalan tol pun menuliskan bahwa arah ke Bogor Ramai Lancar. Pedal gas ku injak dalam, aku menyelip. Menyalip zig zag. Bosku terlihat senang dengan gaya menyetirku itu.

Jam 10. Sampai juga. Suasana perusahaan yang sejuk, pegawai yang ramah menyambut kami. Di depan kantor ada bukit yang tinggi, kemudian ada sungai kecil yang melintas dipinggiran perusahaan. Kombinasi itu membuat mata lelahku sedikit terobati. Pak husni menyambutku. Pelukan hangat kuterima. Lebaran lalu aku bermaaf-maafan by phone, kini aku bertemu.

Seperti biasa ruangan 3 kali 3 di kantornya menjadi ruang tamu kami. Secangkir kopi hangat dan sepiring bala bala (bakwan) menemani perbincangan pagi menjelang siang itu. Dan seperti biasa, pak husni menceritakan perusahannya dengan berapi-api. Sampai tercetus ide.

“Saya punya ide, kita bertiga buat perusahaan” Saya dan bos kaget. Dia menjelaskan detail ide. Papan tulis di ruangganya penuh bagan dan konsep. Ia menceritakan bahwa dia punya titik strategis di berbagai wilayah. Wajah muramku berubah jadi sumringah, begitu juga bosku.  Tak lama, kami pulang. Menyisakan grup wa. Sebulan kemudian kami bertiga sepakat mendirikan perusahaan air mineral dengan konsep baru.


----------Selesai---------


Makna cerpen tersebut adalah bukti bahwa silaturahmi itu mendatangkan rezeki. Pertemuan Rifai, seorang asisten dengan markom perusahaan clent bosnya itu. Nah, itulah cerpen tentang silaturahmi beserta maknanya. Semoga bisa mengambil hikmah dari cerita khalayan ini.

Penulis: Fahliman 
2 comments:
Write comments

Join Our Newsletter