Sunday, October 13, 2019

13 Tuliskan Contoh Menghargai Keragaman di Kelas Yang ada Disekolahmu

Majalah Lampung – Ada banyak jawaban dari pertanyaan tuliskan contoh menghargai keragaman di kelas sehari-hari yang ada disekolamu ? Sebagaimana yang kita ketahui bahwa Indonesia adalah negara yang memiliki banyak ragam suku agama dan kepercayaan. Oleh sebab itu sangat penting untuk bertolerasni. Toleransi sudah diajarkan sejak jaman nabi Muhammad saw, bagaimana beliu menghargai sesamanya tersirat dalam keseharian beliau.

Contoh Menghargai Keragaman di Kelas
Kebersamaan diantara keragaman (Foto Ist)

Keragaman bermacam-macam. Ada ragam suku, ragam agama, warna kulit dan ragam kebiasaan. Di sekolah juga kita akan bertemu dengan teman dari ragam wilayah. Oleh sebab itu menghargai keragaman di kelas sangatlah perlu dilakukan. Tidak baik membedakan orang lalu mengarahkan pada penghujatan. Perbedaan memang ada, tapi bukanlah untuk keburukan. Allah menciptakannya untuk menguji kita supaya tetap melakukan kebaikan. Berikut ini adalah contoh prilaku menghargai keragaman di sekolahmu:
  1. Tidak menyinggung agama teman yang lain baik itu ibadahanya, hari besarnya, tokoh agamanya dan juga orang tuanya serta simbol agamanya
  2. Tidak mengejek warna kulit dan keadaan fisik
  3. Memberikan kebebasan teman untuk melakukan ibadah dan syariat agama / kepercayaannya disekolah
  4. Tidak menggunjing darimana lokasi teman sekelas. Misal, Si A dari Kampung, maka biarkanlah dan hargailah teman yang dari kampung
  5. Jika teman tidak menyukai makanan tertentu, kita tidak perlu mempermasalahkannya. Makana pa yang kita makan dan biarkan teman makan apa yang ia inginkan
  6. Menjauhi guarauan kesukuan. Misal mengejek Bahasa atau kebiasaan suku tertentu
  7. Merangkul semua teman yang berbeda suku agama dan apapun
  8. Menerima jika kita satu kelompok dengan teman yang berbeda agama suku dan kebiasaan
  9. Menanamkan bahwa kita adalah saudara sebangsa setanah air
  10. Saling membantu walau berbeda agama suku serta kepercayaan
  11. Tidak pilih-pilih teman sekelas
  12. Saling menyapa, tegur sapa, senyum dan ramah tamah
  13. Bisa membuat poster dikelas dengan tulisan “Kita saudara”
Jadi, jika kamu diberikan soal Tuliskan Contoh Menghargai Keragaman di Kelas Yang ada disekolahmu ? maka pilihlah beberapa jawaban diatas. Selain jawaban diatas sebenarnya masih banyak lagi contoh menghargai keragaman.

Menghargai sesama teman walau berbeda latar belakang akan membuat kedamaian dan rasa saling menghormati. Sebaliknya, jika seorang tidak menghargai satu sama lain maka akan tercipta permusuhan. Hal tersebut tentu tidak baik. Sebagai temen satu kelas, anda adalah rekan seperjuangan untuk menuntut ilmu. Jadikan semua kawan mu itu seperti tim.

Perlu diketahui bahwa perpecahan dimulai dari hal sepele. Saling ejek dan tidak menghargai adalah pemicu sepele yang banyak terjadi di Indonesia. Padahal semua itu bisa diselesaikan dengan kepala dingin. Masalah perpecahan dari adanya keragaman bisa diatasi dengan memulai edukasi di kelas-kelas.

13 contoh Tuliskan Contoh Menghargai Keragaman di Kelas Yang ada disekolahmu yang ada diatas semoga bisa mendatangkan manfaat untuk persatuan Indonesia. Kita adalah saudara setanah air, sebangsa. Sudah sepatutnya kita rangkul semua saudara kita, hidup rukun damai dan tentram. Mengedepankan kebaikan adalah hal baik yang akan mendatangkan kebaikan untuk diri kita sendiri.
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter