Sunday, October 13, 2019

12 Alasan Masuk Osis yang Tepat

Majalah Lampung – Ketika ditanya apakah alasan masuk osis ? Ada banyak jawaban yang tepat sehingga jawaban itu masuk akal dan bisa diterima. Organisasi adalah salah satu tempat mengembangkan potensi diri dan meningkatkan daya kerjasama. Osis adalah singkatan dari Organisasi Siswa Intra Sekolah merupakan  organisasi sekolah di SMP dan SMA. Anak Osis biasanya akan lebih menonjol ketika berada di sekolah. Populer dan keren. 

Alasan Masuk Osis
Alasan Masuk Osis (Gambar oleh Mojok Co)

Perlu diketahui bahwa di sekolah, siswa-siswi perlu mendapatkan ilmu lain selain materi yang disampaikan oleh guru. Apalagi kita semua paham bahwa kebanyakan yang disampaikan adalah teori. Tanpa adanya parktik, maka teori ibarat pisau yang tak terpakai. Artinya pisau itu tak akan berguna. 

Ada banyak cara untuk mengimplemantasikan ilmu. Di sekolah, ilmu sosial sangat mungkin untuk diterapkan Bersama teman disekitar. Osis adalah salah satunya. Melalui osis, siswa-siswi bisa belajar bekerjasama, komunikasi dan skil lain yang tidak dipraktikan. Kita paham bahwa di dunia nyata, teori bisa saja melenceng jauh. Oleh sebab itu skil dan cara kita menyikapi hidup adalah yang utama. Inilah yang membuat alasan masuk osis, melatih diri. Berikut ini adalah 15 alasan masuk osis.

1. Optimalisasi Diri
Ada potensi diri yang kadang tidak bisa muncul karena tidak ada media untuk menyalurkannya. Bakat bisa saja terpendam, tak terlihat dan nantinya tumpul. Melalui osis, siswa-siswi bisa mengoptimalkan kemampuan yang dimilikinya. Misal si Fulan mempunyai bakat berbicara, kemudian ia menjadi MC, pembawa acara dan lainnya saat acara osis. Ia bisa secara professional melatih diri di osis. “Saya akan full, mengerahkan apa yang saya bisa untuk osis. Itu akan berpengaruh kepada diri saya karena itu sama saja mengotimalkan diri saya”

2. Belajar Membagi Waktu
Sekolah adalah tempatnya belajar. Osis juga wadah untuk belajar membagi waktu. Perlu diketahui bahwa manajemen waktu itu sulit, maka perlu dibiasakan sejak remaja. Di dunia professional, waktu sangat berharga. Memalui osis, konsentrasi tidak hanya belajar pelajaran sekolah saja, namun ada keorganisasian yang kudu diikuti. “Saat ini saya fokus beajar pelajaran, tapi saya lupa bahwa belajar membagi waktu itu penting. Saya yakin osis akan meberikan pelajaran itu”

3. Menemukan Teman Baru
Di Osis akan banyak teman baru dari lintas kelas yang ikut. Itulah yang akan membuat warna pertemanan menjadi lebih indah. Teman adalah rezeki. Teman baru bisa mendatangkan peluang mendapatkan ilmu baru dan pengalaman baru. “Saya orang yang sangat suka menerima teman baru, dan bagi saya teman adalah harta yang sangat berharga”

Baca Juga: Alasanku Memilih Kata Tersebut Sebagai Kata Kunci Iklan Adalah

4. Melatih Menjadi Pemimpin
Keanggotaan osis meliputi anggota dan beberapa jajaran yang memungkinkan siswa-siwi menjadi seorang pemimpin. Memimpin itu berat, mejadi orang terdepan kudu bisa mengarahkan tim. Melalui osis, bakat kepemimpinan akan diasah dan diuji. Pemahaman jalur kordinasi, pembagian tugas dan pengetahun kondisi serta situasi adalah hal yang akan didapat saat menjadi pemimpin di osis. “saya akan menjadi pemimpin dimasa depan, melalui osis ini saya berlatih menjadi seorang leader”

5. Melatih Mental
Keberianian mengambil keputusan, penyelesaian tugas kerja dan mengadapi tekanan akan ada saat mengikuti osis. Latihan seperti itulah yang berguna untuk melatih mental dan keberanian siswa-siswi. “Saya ingin melatih mental saya, agar kelak saya bisa menjadi orang yang berani ketika berada di depan. Karena saya mencita-citakan dirisaya untuk menjadi orang besar”

6. Tampat Menuangakan Ide dan Gagasan
Ada banyak ide yang sebenarnya muncul. Namun seseorang terkendala untuk bisa menyampaikan ide tersebut. Osis membutuhkan ide baru agar program bisa berjalan. “Saya mempunyai ide ide kreatif yang bisa di terapkan ketika saya berada di osis. Contoh ide saya adalah membuat program pengajian dan dakwah antara guru serta murid”

7. Membentuk Pribadi yang Bertanggungjawab
Tanggungjawab terhadap tugas yang diemban di organisasi adalah keharusan anggota osis. Inilah yang kemudian bisa membentuk anggota osis untuk menyelesaikan tugas. “Saya adalah pribadi yang bisa menyelsaikan tanggung jawab. Saya fokus terhadap tugas saya. Ibarat singa yang berburu 9 kelinci, saya fokus menangkap 1 kelinci dulu, kemudian jika sudah, saya akan sergap yang lainnya”

8. Memanfaatkan Waktu Untuk Hal yang Positif
Ketimbang waktu habis hanya untuk main game dan luntang-lantung. Alangkah baiknya jika dihabiskan untuk yang bermanfaat seperi mengikuti kegiatan osis. “kegiatan osis baik dan positif, itu akan lebih bagus untuk masa diri saya”

9. Meningkatkan Nilai Diri
Saat masuk kampus atau melamar kerja, pengalaman akan ditanyakan. Pernah menjadi anggota osis tentu adalah nilai yang positif bagi seseorang. Nilai plus akan didapatkan. Istilahnya adalah jam terbang seseorang berpengaruh terhadap kinerjanya atau kemapuannya.

10. Belajar Politik
Sadar atau tidak, diakui atau tidak, di osis akan secara tersirat belajar politik. Ini adalah bekal yang bagus untuk masa depan setiap siswa. Bagaimana kita mempengaruhi seseorang dan menentukan sikap akan dipelajari di organisasi sekolah ini. 

11. Belajar Demokrasi
Demokrasi, sebuah bentuk kebebasan menyampaikan pendapat. Ini bentuk hak yang didapatkan ketika berada di organisasi. Osis akan memberikan pelajaran untuk hal ini. 

12. Sarana Menjemput Masa depan
Ke 11 alasan yang disebutkan tadi adalah ihktiar siswa-siswa dalam menjemput masa depan secara positif melalui osis. Dengan niat yang baik dan proses yang baik, mudah-mudahan mereka bisa mendapatkan ilmu dan pengalaman bermanfaat. Ada banyak alasan masuk osis lainnya yang bisa dijadikan sebagai langkah awal untuk masuk osis, wawancara masuk osis dan untuk disampaikan kepada orang tua. 12 alasan diatas adalah contoh alasan paling tepat. 
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter