Sunday, October 27, 2019

10 Cara Mendapatkan Sponsor Untuk Acara Sekolah

Majalah Lampung – Bagaimana cara mendapatkan sponsoruntuk acara sekolah ? Tentu mencari sponsor untuk sebuah event atau acara tidaklah mudah. Perlu kerja keras dan perencanaan matang serta strategi yang jitu untuk menarik sponsor. Relevenasi acara dengan target sponsor perlu diperhatikan. Misal, sekolah menggelar acar seminar Pendidikan, maka produk yang terkait dengan Pendidikan bisa dijadikan target sponsor.

Perlu diketahui bahwa sponsor memberikan pendanaan atau sponsorship berdasarkan dari banyak hal. Salah satu kriterianya adalah bentuk acara atau isi acaranya. Kemudian sponsor juga akan melihat juga relevansi antara acara dan produknya. Jumlah peserta dalam acara juga sangat menentukan pihak sponsor untuk mau mendanai atau mensponsori acara tersebut.

source Ist

Tak dapat dipungkiri, bisa mendapatkan dana segar merupakan satu hal yang sangat diharapkan oleh banyak penyelenggara acara. Termasuk sponsor acara sekolah.  Meski demikian, pada kenyataanya sering kali tidak semua sponsor bersedia menyediakan fresh money untuk membiayai acara. Mereka terkadang memerikan sponsorship berupa barang atau fasilitas kepada pembuat acara.
Untuk bisa mendapatkan sponsor yang sesuai harapan memang bukan perkara mudah. Perlu perencanaan matang dan strategi jitu untuk bisa mendapatkan sponsor yang sesuai dengan keinginan. Berikut ini kami sajikan langkah-langkah dalam mencari sponsor kegiatan sekolah.

Membuat Konsep Event Yang Menarik Dan Dibutuhkan
Sebelum jauh melangkah, pondasi tekuat adalah konsep acara sekolah yang menarik. Tak hanya menarik saja, buatlah acara itu dari kebutuhan sekolah. Karena, konsep yang menarik tak hanya akan membuat sponsor berdatangan namun juga membuat calon peserta acaramu berdatangan. Perlu teman-teman yang kreatif dan penuh dengan ide untuk merancang konsepnya. Kamu bisa CTM (contoh, tiru dan modifikasi) acar sekolah yang pernah diselenggarakan. JIka konsep sudah terbuat, jangan lupa matangkan dan catat peluang serta resikonya.

Tentukan Target Peserta Yang Ideal
Kamu bisa menentukan target peserta acara. Apakah hanya murid sekolahmu saja, apakah hanya kelas tertentu saja atau kamu akan mengundang murid sekolah lain. Jika sekolahmu memiliki murid yang antusias terhadap event maka andalkanlah. Tapi jika antusias mereka kurang, maka kamu bisa mengundang murid lainnya. Jumlah peserta kudu dihitung, ini berhubungan dengan kapasitas tempat dan juga pencatuman di proposal.

Penentuan Waktu Acara Yang Pas
Membuat acara disekolah tentu berhubugan dengan jam belajar siswa. Umumnya sekolah akan libur saat weekend. Jika kamu menggelar saat jam sekolah, bisa jadi akan mengangu jam belajar. Namun jika acaramu saat hari libur bisa jadi peserta akan urung datang. Akan lebih bagus jika dihari biasa namun setelah jam belajar selesai. Bisa juga memanfaatkan moment peringatan hari-hari tertentu. Misal, acara adalah seminar hari ibu, hari pahlawan atau hari Pancasila.

Pembuatan Proposal yang Kuat
Tidak semua orang suka ketika ditawari proposal. Bisa jadi ia hanya akan melihat cover atau point-pointnya saja. Oleh sebab itubuat proposal yang singkat padat dan jelas namun dengan latar belakang dan konsep yang kuat sehingga pembaca menggap itu penting dan menarik. Gunakan desain yang memancing utuk dibaca. JIka kamu lihai menggunakan photoshop atau corel maka akan lebih menguntunkan. Namun jika kamu tidak bisa, saat ini banyak alteratif aplikasi pembuatan proposal online yang bisa diakses secara gratis. Contohnya canva.

Menentukan Target Sponsor Potensial
Ya, list sponsor untuk acara sekolah sangat penting. Melalui list itu, tim marketing acara akan “bergerak”. Mencari sponsor sebenarnya sama halnya dengan mencari perusahaan-perusahaan yang memiliki kepentingan yang sama dengan acara yang akan diselenggarakan. Meski ada beberapa perusahaan yang terkadang memiliki kepentingan yang berbeda, namun akan selalu ada “benang merah” yang bisa diambil keuntungannya oleh kedua belah pihak dalam satu event yang diselenggarakan. Catat perusahaan disekitarmu (Boleh semua) kemudian tandai yang potensial dan dahulukan untuk dikejar.
Berikut ini Sponsor yang cocok untuk acara sekolah:
  • Tempat les atau bimbel offline
  • Aplikasi bimbem online
  • Aplikasi belajar online
  • Makanan / minuman / resto
  • Provider
  • Bank
  • Toko baju / merek baju / sablon kaos
  • Toko alat tulis
  • Percetakan
  • Merek hp / perusahaan gadget
  • Produk susu untuk anak sekolah
  • Produk vitamin
  • Apotik
  • Apotek
  • Dinas Pendidikan setempat / kabupaten / provinsi
  • Kementerian Pendidikan
  • Yayasan atau Lembaga swadaya masyarakat / NGO / Lembaga filantropi
Contoh acara sekolah di SMAN 3 Bandng yang memiliki banyak sponsor 

Buat Penawaran / Paket Sponsorship Yang Saling Menguntungkan
Jangan berorientasi hanya pada keberhasilan acara saja. Perhatikan juga apa saja yang bisa membuat sponsor menjadi senang. Paket sponsorship untuk sponsor juga perlu diperhatikan. Kadang, pembuat acara sekolah hanya berfikir tentang branding sponsor. Padahal ada target lain dari pihak sponsor yang inging dicapai ketika mensponsori sebuah acara. Buat paket yang sangat menarik. sama semua. Dan kalaupun dari mereka enggak ada yang mau dari paketnya, coba bilang ‘open for negotiation’. Kalian negosiasi sama mereka. Mereka maunya apa sih, mau lebih banyak eksposur atau yang lain?”

Berfikirlah Jika Kamu Adalah Sponsor
Ya. Sudut pandang ini akan memberikan pencerahan kepada kamu bagaimana jika kamu menjadi sponsor acara tersebut. Apakah menguntungkan atau biasa biasa saja atau justru malah merugikan.

Terus Cari, Cari Terus. Jangan Lupa Follow Up. Catat Progres
Jangan terlena dengan list sponsor yang ada. Kamu bisa googling, bertanya pada rekan dan pantau kondisi sekitarmu. Cari terus target sponsor sampai dapat. “Jangan kasih kendor”. Dan, untuk proposal yang sudah kamu kirim jangan ditinggal begitu saja. Follow up terus. Karena perusaaahn akan sibuk dengan aktivitasnya. Jadi kewajibanmu adalah memfolow up. Catat juga perkembangan atau progresnya. Laporkan kepada tim agar semua mengetahui kondisinya.

Manfaatkan Media Sosial
Eventmu sangat perlu diketahui banyak orang. Oleh sebab itu, gunakan ig, fb dan twittermu untuk menyebarkannya. Bisa juga tim membuat akun khusus untuk acar ini. Kedepannya akan lebih mudah dan membranding event sehingga memudahkan untuk penyelenggaraan berikutnya.

Rangkul Komunitas dan Media
Agar semakin wah. Ajak komunitas disekitar yang terkait atau juga sekolah lain untuk sekedar meramaiankan acara. Undang juga media untuk meliput acara disekolahmu.

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai Bagaimana cara mendapatkan sponsor untuk acara sekolah. Semangat tim dan tujuan baik dibalik acara akan memudahkan langkah dalam mencari sponsor. Ikhtiar, kerja keras dan doa adalah hal paling penting. Sukses untuk acaramu.
5 comments:
Write comments
  1. Saya lagi mencari sponsor buat blog saya nih :)
    Biar lebih semangat dan sewa domainnya terjaga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe. Adsanse ad now, Mg Id aja bang. Sisanya cari content placement .

      Delete
  2. Ternyata bisa juga dapat sponsor dengan sederhana. Yang penting usaha, kemauan dan tekad keras..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kerja keras bang. Biasanya ada aja yang nyantol

      Delete
  3. Wah, makasih banyak informasinya. Jadi ngerti harus nyari ke mana, jangan sampai salah nyari sponsor...hehe

    ReplyDelete

Join Our Newsletter