Friday, October 11, 2019

7 Cara Mutusin Pacar Dengan Alasan Hijrah

Majalah Lampung - Bagaimana cara mutusin pacar dengan alasan hijrah ? Sebenarnya mudah, namun terkadang ada beberapa hal yang membuat berat. Takut menyakiti, takut menjadi musuh dan terciptanya perselisihan adalah beberapa hal yang bisa saja menjadi akibat dari putusnya hubungan pacaran seseorang. Tapi perlu diingat bahwa berdamai dengan keaadaan adalah solusi terbaik untuk hal tersebut. Mengingat pacarana adalah status yang tidak baik.



Berdamai yang dimaksud adalah merelakan dan mengihklaskan apapun yang terjadi. Misal, ketika kita mutusin pacar dan pacar menjadi marah kepada kita, maka kita terima dan sabar dengan keadaan itu. Percaya bahwa itu adalah jalan terbaik untuk allah kepada kita. Kita juga kudu menyampaikan kepada mantan kekasih bahwa itu jalan terbaik.

1. Memberi penjelasan kepada pasangan bahwa pacaran itu tidak baik dan cenderung kepada hal buruk

Sampaikan dengan pelan, jelas dan gamblang bahwa pacaran tidak dibenarkan dalam agama islam. Status pacaran menciptakan rasa memiliki yang mendorongnya kepada kebebasan untuk lebih dekat (dalam tanda kutip). Bisa pegangan tangan, chat yang tidak bagus bahkan berzina sangat mungkin dilakukan jika rasa memiliki itu ada.

Pacaran memang ada keutungannya, tapi mudorotnya juga akan lebih banyak. Bersentuhan tangan dengan yang bukan muhrim adalah larangan dalam islam. Dengan status pacaran, maka pegangan tangan dan sebagainya berpeluang untuk terjadi secara intens. 


2. Meyakinkan bahwa jodoh itu ditangan Allah. Sudah diatur sebelum kita lahir.

Ada yang pacran bertahun-tahun kemudian putus dan menikah dengan yang orang lain. Itu gambaran nyata bahwa pacarana tidak menjamin menjadi jodoh. Allah sudah menentukan jodoh kita. Tugas kita menjemputnya dan mempersiapkan diri dengan cara memperbaiki diri.

Sekuat apapun tangan kita menahan, sehebat apapun kita menjaga hubungan jika allah menentukan bahwa kita tidak berjodoh maka itulah yang terjadi. Sebaliknya, sejauh apapun jarak dan hubungan kita jika kita ditakdirkan berjodoh maka akan didekatkan dan tibalah saat ijab kabulnya.

Cara mutusin pacar dengan alasan hijrah melalui takdir jodoh bisa dibilang paling jitu. Hal ini karena takdir adalah ketetapan allah adalah yang terbaik. Mengimani bahwa kehendak Allah meliputi segala sesuatu, baik yang terjadi maupun yang tidak terjadi, baik perkara besar maupun kecil, baik yang tampak maupun yang tersembunyi, baik yang terjadi di langit maupun di bumi.

3. Menjelaskan niat dan keinginan untuk berhijrah

Berhijrah membutuhkan pengorbanan. Salah satunya adalah dengan menamatkan hubungan pacaran. Kita kudu menjelaskan secara detail alasan hijrah kita agar si pasangan benar-benar yakin dan menerima keputusan hijrah. Bersamaan dengan hal tersebut, kedewasaan kita dan pasangan sangat diuji. Oleh sebab itu kita harus menekankan terkait keputusan hijrah ini adalah dari keinginan diri sendiri.

4. Ingin lebih dekat dengan pencipta, dan ingin mengurangi hal-hal yang dilarangnya

Mendekatkan diri kepada allah adalah hal yang sangat nikmat. Namun jika proses itu sambil pacaran maka tidak akan baik hasilnya. Akan tergangu. Keputusan untuk berhenti pacaran karena ingin dekat dengan allah adalah sebuah hal positif. Kita berada pada jalan yang benar.

5. Singgung mengenai menjauhi ayat zina

Jika percaya kepada allah, mengimani allah sebagai tuhan dan pencipta maka seharusnya kita taat tunduk dan patuh kepadanya. Firman allah adalah perkaatan kepada manusia. Wa lā taqrabuz-zinā innahụ kāna fāisyah, wa sā`a sabīlā yang artinya janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk. (Surat Al-Isra Ayat 32). Ayat tersebut adalah larangan dari allah.

6. Ingatkan tentang kematian
Setiap yang bernyawa akan mati. Tapi setiap yang bernyawa belum tentu bisa mendapatkan kesempatan untuk hijrah. Jelaskan mengenai hal tersebut, bahwa ingin memanfaatkan waktu untuk berhijah, memperbaiki diri. Karena kesempatan itu tidak mudah dan belum tentu ada dimasa depan karena bisa saja kita menemui ajal.

7. Dosa Zina
Secara umum, zina bukan hanya di saat manusia telah melakukan hubungan seksual, tetapi segala aktivitas-aktivitas seksual yang dapat merusak kehormatan manusia termasuk dikategorikan zina. Pacaran mendekati zina. Dosa zina termasuk dosa besar. Apa mungkin seseorang yang berniat hijrah secara bersamaan juga melakukan zina ?

Ist

Tujuh cara mutusin pacar dengan alasan hijrah diatas bisa anda coba jika ingin memutuskan hubungan pacaran dengan kekasih. Anda yang paham dengan sifat pasangan dan juga cara memperlakukannya sehingga anda juga bisa improvisasi. Anda tidak perlu berkelahi atau berhenti secara tidak baik, usahakan agar komunikasi tetap baik. Namun jika tidak bisa dengan cara baik, maka pasrahlah karena niat anda untuk hijrah lebih baik daripada menjaga hubungan terlarang itu.
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter