Sunday, October 13, 2019

Jelaskan Kenapa Kita Harus Berbakti Kepada Orang Tua

Majalah Lampung - Coba Jelaskan kenapa kita harus berbakti kepada orang tua ? Banyak alasan mengapa seseorang kudu berbuat baik atau berbakti kepada orang tua. Alasan paling utama adalah karena allah memerintahkan kepada hambanya agar mau berbakti kepada orang tua. Islam memerintahkan terkait kewajiban berbakti kepada kedua orang tua yang termaktub dalam kitab suci Al Quran.

Ist

Mengenai wajibnya seorang anak berbakti kepada orang tua, Allah berfirman di dalam surat Al-Isra’ ayat 23-24. “Dan Rabb-mu telah memerintahkan kepada manusia janganlah ia beribadah melainkan hanya kepadaNya dan hendaklah berbuat baik kepada kedua orang tua dengan sebaik-baiknya. Dan jika salah satu dari keduanya atau kedua-duanya telah berusia lanjut disisimu maka janganlah katakan kepada keduanya ‘ah’ dan janganlah kamu membentak keduanya” [Al-Isra : 23]

Tidak perlu memikirkan dan menghitung bagaimana jasa orang tua kepada kita. Karena jika air laut dijadikan tinta dan daun dijadikan kertas untuk menulis jasanya, maka tidak akan pernah cukup.  Orang tua dengan kasih sayangnya dan segala pengorbanannya sudah memberikan yang terbaik untuk anak anaknya. Bahkan mereka mengorbankan hidupnya demi kebahagiaan anaknya.

Ada orangtua yang rela tidak makan agar anaknya makan. Ada orang tua yang menjadi kuli agar anaknya bisa pakai baju bagus saat lebaran. Bahkan pernah ada orang tua yang rela bertahun tahun hidup susah hanya demi sekolah anaknya.

Birrul walidain (berbakti kepada orang tua) merupakan amalan yang agung, hukumnya fardhu ain, dan amalan ini merupakan hak orang tua atas anak-anaknya.

Orang tua terutama yang  sudah sepuh merupakan gerbang surga, Rasulullah bersabda: ”Celaka seseorang itu (diulang tiga kali), sahabat bertanya: siapa yang celaka wahai Rasulullah? Beliau menjawab: orang yang mendapati salah satu orang tuanya atau dua-duanya dalam keadaan tua, kemudian (anak tersebut) tidak masuk surga”. (HR Muslim No: 2551) 

Imam Nawawi mengatakan: Hadits ini memotivasi seseorang untuk berbakti kepada orang tua. Ia juga  menjelaskan besarnya pahalanya, maksudnya: berbakti kepada orang tua ketika mereka sudah sepuh dan “ditelan usia” dengan melayani mereka atau memberikan nafkah dsb, merupakan penyebab masuknya seseorang ke dalam surga”.

Jadi ketika ada pertanyaan jelaskan kenapa kita harus berbakti kepada kedua orangtua ? Makan berdasarkan penjelasan diatas, berikut adalah point-pointnya.

1. Karena diperintahkan oleh Allah swt
Surat al-isra ayat 23-24 adalah bukti nyata bahwa kita harus berbuat bakti kepada kedua orang tua. Ketaatan kita kepada allah tentu dengan cara menjalankan perintahnya.

2. Sebagai nilai ibadah
Pahala dan ridho allah salah satunya datang dari arah orang tua yang kita urusi. Orangtua adalah gerbang menuju surga allah. Hadist riwayat muslim no 2551 menegaskan bahwa celaka bagi anak yang tidak mengurus orang tuanya.

3. Orang tua adalah bagian dari kita
Kedua orangtua kita adalah diri kita. Keluarga sedarah. Sepatutnya mereka adalah bagian dari diri ini.

4. Jasa mereka begitu besar bahkan tidak terhitung
Ibu mengandung dan melahirkan, bapak menafkahi. Kedua hal luar biasa tersebut adalah jasa yang takan pernah terbalas. Mulai dari mengurus saat bayi, saat sakit lalu membesarkan anak hingga ia dewasa adalah perjuangan seorang ayah dan ibu.

5. Kesempatan berbakti tidak akan datang dua kali
Setiap orang terbatas umur. Maksudnya, setiap orang akan meninggal. Pun dengan orangtua kita. Selama keduanya masih hidup, maka berbaktilah karena itu adalah kesempatan yang tidak boleh disia siakan. Jika terbentur kesulitan, maka sempatkanlah.

Mengejar dunia tidak akan pernah ada puasanya. Jangan sampai urusan dunia membuat kita lupa dengan orangtua kita. Jalan menuju surga itu dekat, maka raihlah dengan berbakti kepada orang tua kita.
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter