Sunday, October 27, 2019

Jelaskan Wujud Baktimu Kepada Kedua Orang Tua Saat Ini

MajalahLampung – Apa penjelasan anda ketika diberikan pertanyaan “ jelaskan wujud baktimu kepada kedua orang tua saat ini ?” Bisa jadi anda menjawab dengan cepat, bisa jadi pula anda bingung untuk menjawabnya. Berbakti kepada orangtua adalah sebuah prilaku baik kepada orang tua yang dianjurkn dalam islam.

Sebelumnya, pembahasan mengenai alasan kenapa kita harus berbakti kepada orang tua. Jika ditafsirkan dari Bahasa arab, istilahnya adalah Birrul Walidain. Birrul Walidain adalah bagian dalam etika Islam yang menunjukan kepada tindakan berbakti (berbuat baik) kepada kedua orang tua. Yang mana berbakti kepada orang tua ini hukumnya fardhu (wajib) ain bagi setiap Muslim, meskipun seandainya kedua orang tuanya adalah non muslim.

wujud baktimu kepada kedua orang tua
Ist

Adapaun beberapa contoh wujud baktimu kepada orang tua saat ini bisa dilakukan dalam keseharian saat berada dirumah. Kamu bisa berkomunikasi dengan orang tuamu secara baik, menggunakan tutur kata yang sopan dan membuatnya nyaman dengan komunikasimu.

Kamu juga bisa bergaul dengan mereka secara baik. Orangtua tetap harus dohormati. Kamu juga harus tawadhu atau rendah diri dihadapan orang tuamu. Jangan mentang-mentang kamu soerang anak yang milenias dan paham teknologi menjadikanmu sombong kepada mereka.

Memberikan infaq kepada orang tua. Yaitu memberikan infak (shadaqah) kepada kedua orang tua. Semua harta kita adalah milik orang tua. Firman Allah Subhanahu wa Ta’ala surat Al-Baqarah ayat 215. “Mereka bertanya kepadamu tentang apa yang mereka infakkan. Jawablah, “Harta yang kamu nafkahkan hendaklah diberikan kepada ibu bapakmu, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan. Dan apa saja kebajikan yang kamu perbuat sesungguhnya Allah mengetahuinya.

Jika kedua orang tua sudah meninggal, maka kita bisa berbakti dengan cara mendoakannya. Sedangkan menurut hadits-hadits yang shahih tentang amal-amal yang diperbuat untuk kedua orang tua yang sudah wafat, adalah :

1. Mendo’akannya
2. Menshalatkan ketika orang tua meninggal
3. Selalu memintakan ampun untuk keduanya.
4. Membayarkan hutang-hutangnya
5. Melaksanakan wasiat yang sesuai dengan syari’at.
6. Menyambung tali silaturrahmi kepada orang yang keduanya juga pernah menyambungnya. [Diringkas dari beberapa hadits yang shahih]

Nah, itulah penjelasan mengenai wujudbaktimu kepada kedua orang tua saat ini. Jika kamu sedang sekolah, maka sekolahlah dengan baik dan benar. Raihlah ilmu yang banyak. Tidak perlu beprestasi atau juara dikelas. Jika kamu sekolah dengan sungguh-sungguh dan mendapatkan ilmu, maka orangtuamu akan bangga terhadapmu.
3 comments:
Write comments
  1. Izin Menambahkan Min
    1. Belajar giat di sekolah agar mampu meraih cita-cita dan membanggakan kedua orang tua.
    2. Menjaga nama baik orang tua di lingkungan sosial dengan tidak terjerumus pergaulan bebas, berlaku sopan dan santun pada sesama terutama mereka yang tua.
    3. Patuh dan taat kepada perintah dan larangan kedua orang tua selama tidak bertentangan dengan syariat.
    4. Berlaku lemah lembut, tidak meninggikan suara di hadapan mereka.

    ReplyDelete
  2. Termikasih atas tambahannya. Teman-teman silahkan mencatat

    ReplyDelete
  3. Berbakti kepada orang tua itu wajib gan,

    ReplyDelete

Join Our Newsletter