Sunday, January 19, 2020

15 Jenis Jenis Majalah


Majalah Lampung – Topik mengenai jenis majalah atau mcam-macam majalah patut untuk dibahas meskipun keberadaan majalah saat ini sudah tidak eksis lagi.  Sebelum era digital mengusai pasar dunia baca, majalah sempat berbicara lantang. Majalah menjadi primadona para penghobi baca. Membaca majalah sambil ngopi atau minum teh sempat menjadi gaya hidup kala itu.

Namun kini majalah sudah cukup tersingkir dengan adanya media online, website dan blog. Beberapa majalah gulung tikar diantaranya Sinara Harapan, Majalah Jakarta Globe, Harian Bola, Majalah Trax, Jurnal Nasional, Majalah Slam Indonesia, Tabloid Soccer,  Rolling Stone Indonesia dan masih banyak lagi.



Majalah ditinggalkan banyak pembaca karena dianggap tidak praktis. Media online dan kolega jenisnya lebih praktis karena ada di dalam gadget yang bisa dibawa kemana-mana, bisa dibaca kapansaja dan hanya bermodalkan kuota saja. Sajaian kontennya pun cepat dan update, ini menjadi nilai plusnya.

Namun ada saja yang hingga kini tetap menjadi pembaca setia majalah cetak. Masih ada banyak majalah yang beredar. Sama seperti koran, majalah tetap ada. Hal tersebut karena adanya demand atau permintaan.

Terlepas dari itu semua, ada banyak jenis jenis majalah dan macam macam majalah yang ada di pasaran. Macam-macam majalah tersebut terbagi menjadi jenis majalah yang membedakan isi sajian konten yang ada di dalamnya.
Secara umum, M.O Palapah dan Atang Syamsuddin membagi jenis majalah menjadi tiga jenis, yaitu:

1. Mass magazine, adalah majalah umum yang ditujukan untuk semua golongan, jadi merupakan majalah umum.

2. Class magazine, adalah majalah yang ditujukan untuk golongan tertentu (high or middle class) isinya mengenai bidang-bidang tertentu.
3. Spesialized magazine, adalah majalah khusus dan ditujukan kepada para pembaca khusus.Kemudian dari ketiga garis besar jenis majalah yang disebutkan diatas, . Djafar Assegaff melebarkannya kedalam jenis jenis yang lebih spesifik lagi.

1. Majalah gambar: Sesuai dengan namanya, majalah ini menyajikan konten berupa gambar dari hasil reportasenya. Gambar tersebut merepresentasikan peristiwa atau kejadian yang terjadi.

2. Majalah anak-anak: Anak-anak perlu dibatasi untuk konten dewasa. Majalah jenis ini isinya khusus mengenai dunia anak-anak. Terdapat aturan khusus yang lebih spesifik untuk menjauhkan dari hal hal yang tidak wayahnya dilihat oleh anak-anak.

3. Majalah berita: Majalah ini terbit mingguan berkala yang menyajikan isi konten  berita-berita dengan suatu gaya tulisan yang khas dilengkapi dengan foto-foto dan gambar-gambar. Perlu diketahui bahwa isinya akan lebih mendalam ketimbang berita yang disajikan dimedia online. Ini adalah salah satu perbedaan majalah dengan media online. Namun perlu dicatat juga bahwa saat ini banyak media online yang juga menyajikan berita mendalam seperti tirto.

4. Majalah budaya: Biasanya diterbitkan mingguan atau bulanan dengan isi konten yang membahas kebudayaan.

5. Majalah Ilmu Pengetahuan: Berisi tentang konten yang isinya khusus pada suatu bidang misalnya teknik radio, elektronik, ekonomi, hokum, dan sebagainya.

6. Majalah hiburan / popular magazine: Merupakan majalah yang memuat karangan-karangan ringan, cerita pendek, cerita bergambar, dan sebagainya.
7. Majalah Agama: Bentuk majalah yang isinya khusus mengenai masalah-masalah agama. Di Indonesia banyak majalah islam yang beredar, hal ini karena mayoritas penduduknya islam.

8. Majalah Keluarga:  Majalah yang memuat karangan-karangan untuk seluruh keluarga, dari bacaan anak-anak sampai masalah rumah tangga (resep, mode, dan lain-lain).

9. Majalah khas / Majalah Spesialist: Majalah yang isinya khusus mengenai berbagai macam bidang profesi. Misal majalah profesi kedokteran, majalah abri dan lainnya.

10. Majalah mode (fashion magazine), majalah yang berisi mode dan dilampiri lembaran yang berisikan pola pakaian.

11. Majalah perusahaan:  Majalah yang diterbitkan secara teratur oleh perusahaan berisi berita-berita atau informasi mengenai kepegawaian, karyawan, kebijaksaan perusahaan dan produksi perusahaan.

12. Majalah remaja: Segmentasi majalah ini adalah para remaja. Konten atau isinya juga disesuaikan dengan hal-hal yang berkaitan dengan masa remaja.
13. Majalah sari tulisan: Isi majalah ini adalah ringkasan karangan dari berbagai penerbitan.

14. Majalah sastra: Bentuk majalah khas yang terbit dan isinya khusus membicarakan masalah kesusastraan dan resensi buku-buku (novel) kontemporer atau kegiatan dalam bidang seni sastra.

15. Majalah wanita: Khusus berisi seputar kebutuhan wanita seperti fashion wanita, resep masak dan beberapa tema lain menyangkut kaum hawa.

Itulah macam jenis majalah. Selain itu masih ada beberapa jenis lagi yang tidak kami sebutkan. Namun ke 15 macam macam majalah ini mewakili beberapa jenis majalah yang diterbitkan. Sumber: Kajian Pustaka Com, Wikipedia

No comments:
Write comments

Join Our Newsletter